[Stop Dreaming Start Action] Kapan Saat yang Tepat untuk MULAI Menulis?

June 20, 2009
Filed under: Dunia Penulisan, Kiat Sukses, Motivasi, Renungan 

Stop Dreaming Start ActionAlkisah, ada seorang sahabat bernama A yang berkata kepada seorang penulis terkenal bernama B, “Saya ingin sekali jadi penulis hebat seperti Anda. Karena itu, saya akan menulis. Saya akan membuat tulisan yang menggemparkan dunia penulisan di jagat raya ini. Saya akan menjadi penulis yang jauh lebih ngetop dibanding Anda!”

Sepuluh tahun kemudian, Si A dan si B bertemu lagi. Si B bertanya, “Halo A, apakah cita-cita kamu untuk menjadi penulis hebat sudah tercapai? Sudah berapa ratus tulisan yang kamu hasilkan?”

“Saya belum membuat satu tulisan pun. Tapi saya masih bercita-cita menjadi penulis hebat, lebih hebat dari Anda. Tunggu saja, ya!”

Dua puluh tahun kemudian, si A dan si B bertemu lagi. Si A masih menjadi “penulis wanna be” karena dia belum membuat satu tulisan pun!

* * *

Saya yakin, ada begitu banyak penulis seperti si A. Mereka hanya berhenti pada mimpi, tapi belum pernah berusaha untuk mewujudkannya. Dengan kata lain, mereka hanya Dreaming, selalu menunda-nunda untuk Action atau MULAI MENULIS.

Jika ditanya kenapa masih menunda, biasanya mereka akan memberikan jawaban-jawaban yang standar seperti berikut.

  1. Saya masih sangat sibuk. Aktivitas saya sangat banyak.
    .
  2. Nanti saja deh, setelah….
    .
  3. Ilmu saya masih sedikit. Nanti kalau sudah ahli, saya akan mulai menulis.
    .
  4. Saya tidak tahu bagaimana cara untuk mulai menulis.

Mereka merasa “berada di pihak yang benar” dengan alasan-alasan itu. Pertanyaannya, apakah mereka benar-benar berada dalam “kebenaran?” Apakah alasan-alasan mereka itu cukup kuat?

Yuk kita bahas satu-persatu.

1. Saya masih sangat sibuk. Aktivitas saya sangat banyak.

Bicara soal kesibukan, sebenarnya Anda tidak sendirian. Hampir semua orang pasti sibuk. Tantowi Yahya sangat sibuk. Agnes Monica juga sibuk. Stephen King sama saja. Bill Gates apalagi.

Tapi kenapa mereka bisa menjadi orang sukses? Kenapa mereka bisa menangani demikian banyak pekerjaan dan masalah? Padahal waktu yang tersedia untuk Bill Gates dan Anda sama-sama 24 jam sehari.

Kuncinya sebenarnya pada tiga hal berikut:

  1. Stop Dreaming Start Action. Ya, buat apa terlalu lama bermimpi? Sebab hanya action yang bisa mewujudkan mimpi Anda!
    .
  2. Manajemen Waktu. Mereka pintar mengelola waktu. Mereka selalu disiplin dalam segala hal.
    .
  3. Motivasi. Mereka punya tujuan yang jelas, lantas punya komitmen dan mau bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut.

Stop Dreaming Start ActionSalah satu rahasia orang sukses adalah kemampuan mereka dalam mengelola waktu. Bagaimana caranya agar dengan waktu yang tersedia, mereka bisa melaksanakan semua tugas secara efektif dan efisien.

Orang sukses bukanlah orang yang punya banyak waktu luang. Orang sukses adalah orang yang pintar dan disiplin dalam mengelola waktu.

Info selengkapnya, klik di sini.

2. Nanti saja deh, setelah….

Ketika kuliah, di saat baru merintis karir sebagai penulis, saya sempat berpikir bahwa kondisi saya belum ideal untuk menulis. Bayangkan saja! Saya saat itu masih menjadi anak kos. Sering pindah rumah. Bagaimana bila saya mengirim naskah ketika saya masih tinggal di Rumah A. Lalu ketika naskah itu dimuat, saya sudah pindah ke rumah D. Kiriman wesel untuk honor saya akan salah alamat. Satu eksemplar majalah yang dikirim sebagai bukti pemuatan naskah pun bernasib sama. Wah, tentu sangat merepotkan!

(Sekadar info, saat itu belum ada internet, dan saya belum mengenal komputer. Honor tulisan masih dikirim via wesel pos).

Dengan alasan seperti itu, saya sempat berpikir untuk tidak menulis dulu. Situasi saya belum ideal untuk menulis.

Alhamdulilah, saya berhasil menepis perasaan seperti itu. Saya tetap menulis, bagaimana pun kondisi yang saya hadapi!

Saya yakin, Anda pun mungkin sering punya pikiran seperti itu. Anda merasa bahwa kondisi Anda belum ideal. Misalnya seorang anak SMA akan beralasan, “Saya belum siap. Sekolah di SMA itu kan penuh dengan kesibukan. Mana ujian sudah dekat, banyak kegiatan ekskul, belum lagi les ini les itu. Tak ada waktu deh, buat menulis. Jadi tunggu aja setamat SMA nanti, ketika hidup saya jauh lebih stabil dibanding sekarang.”

“Nanti saja deh, setelah…” adalah alasan yang sering dilontarkan oleh orang-orang yang merasa bahwa kondisi mereka saat ini belum ideal untuk menulis. Padahal tahukah Anda, bahwa kita sebenarnya tak akan pernah menghadapi kondisi ideal pada hidup kita?

Katakanlah bagi Anda yang masih jomblo. Anda merasa kondisi belum ideal karena Anda masih kesepian, tak ada teman bila pergi pesta, tak ada teman curhat, tak ada tempat penyaluran hawa nafsu, dan seterusnya. Tapi setelah menikah, apakah masalah selesai? Tidak juga! Justru Anda akan menghadapi masalah-masalah baru. Anda harus beradaptasi dengan pasangan yang punya sikap, kebiasaan bahkan budaya yang benar-benar berbeda. Anda harus banyak bertoleransi. Anda mungkin harus mengorbankan kesenangan-kesenangan pribadi demi menghargai pasangan Anda. Bahkan ketika sudah punya anak, Anda harus repot lagi mengurus si kecil.

Sekali lagi, kita tak akan pernah menghadapi kondisi ideal seperti yang kita impikan, selama kita masih hidup di dunia ini. Karena itu, jangan tunggu kondisi ideal. Dia tak akan pernah tiba!

Stop Dreaming Start Action. Mulailah menulis saat ini juga, tidak peduli apapun dan bagaimanapun kondisi Anda!

Lagipula berdasarkan pengalaman, alasan nomor dua ini sebenarnya termasuk alasan yang “tak ada matinya”. Si pencetus alasan tetap akan mengeluarkan alasan-alasan baru, dan mengingkari alasan-alasan terdahulu.

Bila sudah tamat SMA, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau sudah lulus kuliah.”
Bila sudah lulus kuliah, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau sudah bekerja.”
Bila sudah bekerja, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau sudah menikah.”
Bila sudah menikah, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau sudah punya anak.”
Bila sudah punya anak, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau anak-anak saya sudah besar.”
Bila anak-anaknya sudah besar, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau semua anak saya sudah menikah.”
Bila semua anaknya sudah menikah, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau saya sudah punya cucu.”
Bila sudah punya cucu, dia akan berkata, “Nanti saja deh, di akhirat.”

3. Ilmu saya masih sedikit. Nanti kalau sudah ahli, saya akan mulai menulis.

Untuk alasan yang satu ini, saya merasa perlu mengutip slogan yang selalu didengung-dengungkan oleh rekan saya Eko June:

Anda Tidak Perlu Hebat Untuk Memulai, Tetapi Anda Harus Memulai Untuk Menjadi Hebat.

Berikut adalah kutipan lengkapnya.

Orang2 sukses dan hebat sekarang adalah orang2 yang memulai. Tanpa menunggu agak2 hebat, sedikit hebat, cenderung hebat atau nyerempet hebat :). Tanpa menunggu kondisi ideal digenggaman, baru action. No.

Kenapa saya bilang dalem artinya ?

Karena jika kita memahami dan agak diubah sedikit redaksinya maka akan sesuai dengan kondisi yang kita inginkan dan akan kita lakukan.

Anda Tidak Perlu Seberani Helmy Yahya Untuk Mulai Bicara, Tetapi Anda Harus Mulai Bicara Di Depan Umum Agar Bisa Seberani Helmy Yahya.

….

Anda Tidak Perlu Sepintar Helvy Tiana Rosa Untuk Mulai Menulis, Tetapi Anda Harus Mulai Menulis Agar Bisa Sepintar Helvy Tiana Rosa.

….

Dan masih banyak lagi.

Stop Dreaming Start ActionJustru, bila Anda menunggu hingga punya keahlian dan pengetahuan yang banyak untuk mulai menulis, Anda tak akan pernah menjadi ahli. Keahlian dan pengetahuan justru akan Anda dapatkan dari PRAKTEK MENULIS. Semakin sering menulis, maka keahlian dan pengetahuan Anda akan semakin baik.

Klik di sini untuk info selengkapnya :)

4. Saya tidak tahu bagaimana cara untuk mulai menulis

Ya, banyak sekali orang yang bertanya sambil kebingungan, “Saya ingin menjadi penulis hebat. Bagaimana cara memulainya?”

Sebenarnya, cara untuk mulai menulis sangat gampang: LANGSUNG SAJA MENULIS.

Penulis bukanlah seperti dokter yang harus kuliah selama bertahun-tahun dulu, mendapat surat izin praktek dari departemen kesehatan, dan seterusnya. Untuk menjadi penulis, Anda tak perlu kuliah dulu, tak perlu ujian dulu, tak perlu izin dari siapapun, tak perlu mengumpulkan modal apapun. Pokoknya tak ada yang Anda butuhkan selain nyawa yang belum dicabut.

Bahkan bila Anda tak punya tangan untuk mengetik, Anda bisa menyewa orang lain untuk menuliskan apa saja yang Anda ucapkan.

Bagaimana cara mulai menulis?

Ya langsung saja menulis! Penjelasan selengkapnya, klik di sini :)

* * *

Apa Beda Pemenang dengan Pecundang?

Stop Dreaming Start ActionJawabannya adalah Stop Dreaming Start Action, seperti yang pernah ditulis oleh Joko Susilo.

Anda tentu kenal para penulis seperti Helvy Tiana Rosa, Dewi Lestari, Andrea Hirata, dan sebagainya. Atau para blogger ternama seperti Priyadi, Enda Nasution, Ikhlasul Amal, Joko Susilo, Cosa Aranda, Welly Mulia, dan masih banyak lagi. Mereka ngetop karena tanpa ba bi bu mereka langsung ACTION, langsung praktek menulis.

Masyarakat kini menganggap mereka adalah orang hebat dan sukses, padahal mereka awalnya bukan siapa-siapa. Semua pencapaian dan kesuksesan yang mereka dapatkan sekarang berawal dari sesuatu yang bernama ACTION atau MULAI MENULIS.

Jadi bila saat ini Anda masih bermimpi menjadi penulis sukses tapi belum action juga, maka saran saya:

Stop Dreaming Start Action!

Dan bila Anda masih bertanya “Bagaimana cara mulai menulis?”, sebenarnya Anda sudah tahu jawabannya. Tak perlu bingung tak perlu heran.

TAK ADA ALASAN UNTUK MENUNDA! Mulailah Menulis SAAT INI JUGA!

Semoga terinspirasi, semoga bermanfaat.

Salam Sukses!

Jonru

NB: Jangan lupa membaca konsultasi penulisan “Ingin Tahu Tatacara Awal Penulisan” di BelajarMenulis.com.

Baca Artikel Terkait:

Comments

247 Comments on [Stop Dreaming Start Action] Kapan Saat yang Tepat untuk MULAI Menulis?

  1. Joko Susilo on Sun, 21st Jun 2009 7:34
  2. Tepat sekali Mas. Orang yang disebut petani karena dia bertani. Begitupun penulis disebut penulis karena dia menulis. Start ACTION menulis sekarang juga!

  3. Jonru on Sun, 21st Jun 2009 16:24
  4. Terima kasih Pak Joko, atas komentar dan kunjungannya :)

  5. Stop Dreaming Start Action on Sun, 21st Jun 2009 21:10
  6. hallo mas jonru,
    postingannya mantap,
    ayo kita ramaikan kontes SEO joko susilo,
    sukses selalu.

    terima kasih,
    salam ACTION.

  7. Stop Dreaming Start Action on Sun, 21st Jun 2009 21:36
  8. Stop dreaming start action harus diaplikasikan siapa saja yang ingin sukses dalam kehidupannya. Memang diawal akan terasa berat untuk menjalankannya, oleh karena itu harus dipaksa semaksimal mungkin agar terbiasa dan pada akhirnya menjadi bisa

  9. Angga on Mon, 22nd Jun 2009 14:27
  10. jadi kapan saat yang tepat? Sekarang dong.. he 3x
    Selamat beraksi untuk menggapai mimpi teman2!

  11. tri on Mon, 22nd Jun 2009 14:35
  12. aku butuh sesuatu yg dapat menyemangatkan aku dalam menulis………………………………aku masih minim dalam menulis…………….menyusun kata2, merangkai kata2, dan lainnya……………………adakah jalan untukku untuk bisa menjadi penulisssssssssssssssssssssssssss.

  13. Jonru on Mon, 22nd Jun 2009 14:37
  14. @Tri:
    Jawaban atas pertanyaan Anda sudah tersedia pada tulisan di atas :)

  15. Gomat on Mon, 22nd Jun 2009 14:44
  16. Iya, setuju dengan yang diucapkan. Namun tentunya dalam memulai ACTION kita harus mempersiapkan berbagai sesuatu, tapi bukan berarti menunda, lho. Contoh: sebelum menulis novel, biasanya novelis melakukan riset terlebih dahulu agar cerita yang nanti akan dibangunnya bisa terasa hidup. Okay, let’s action!

  17. ARISMAN on Mon, 22nd Jun 2009 14:51
  18. terima kasih bang, action now

  19. komar on Mon, 22nd Jun 2009 14:58
  20. kondisi yang paling ideal adalah di saat kita tidak merasa dalam kondisi yang tidak ideal…
    menulis itu mengawalinya sulit.tapi begitu kita sudah “larut” dalam kegiatan menulis, itu akan menjadi keasyikan tersendiri…bukan begitu pak?

  21. Heru on Mon, 22nd Jun 2009 15:14
  22. terima kasih atas sarannya pak.
    saya akan coba memulainya….

  23. key on Mon, 22nd Jun 2009 15:16
  24. “Stop dreaming start action”
    kalimat tersebut diatas tepat untuk memotivasi seseorang untuk mewujudkan impiannya tanpa diimbuhi kata-kata “tapi” yang mengakibatkan impiannya terhambat dan menjadi lama terwujud.

    Semangat, untuk wujudkan impian !!

  25. Wiwin on Mon, 22nd Jun 2009 15:35
  26. Bagus sekali mas Jonru, setelah baca artikel-artikel mas jonru terutama yang satu ini, jadi ada semacam sengatan untuk memulai menulis.
    Ditunggu artikel penyemangat lain khususnya untuk yang pemula seperti aku.
    thanks.

  27. Jonru on Mon, 22nd Jun 2009 15:36
  28. @Wiwin: Saya beri 1 juta artikel penyemangat pun tak ada gunanya kalau Anda belum action juga.
    Ayo dong, segera action, tanpa harus menunggu apapun!

  29. itapage on Mon, 22nd Jun 2009 15:56
  30. semangat2….tengkiyu ya

  31. dhenk on Mon, 22nd Jun 2009 15:57
  32. Betul banget Om,kalo ga mulai dari sekarang kapan lagi…??
    Dan alasan dengan kata “nanti” adalah alasan bagi orang malas…!!!
    Setiap yang kita kerjakan pasti mempunyai dampak dimasa depan. Yang baik berbuah manis, begitupun sebaliknya… Dan menulis adalah pekerjaan baik, jadi buat apa ditunda-tunda…

  33. Stop Dreaming Start Action on Mon, 22nd Jun 2009 16:30
  34. Stop Dreaming Start Action – Dukung Kontes SEO Joko Susilo, saling dukung yah…mudah2an anda atau saya pemenangnya

  35. Super action on Mon, 22nd Jun 2009 16:37
  36. action right now…
    ingin jadi penulis maka harus berani memulai membuat tulisan.

    ingin dapat uang di internet harus berani memulai bisnis.

    jangan hanya berteori, tapi action sekarang juga.

    mulai bisnis online anda di http://www.uangsuper.com

    modal kecil, hasilnya melimpah

  37. Elia on Mon, 22nd Jun 2009 17:06
  38. bener banget bang, dan saya adalah salah satunya. selalu saja ada alasan untuk menunda dan menundanya terus. Semoga saya segera bisa bertindak untukmewujudkannya, amin.

    Terima kasih bang sudah mengingatkan saya kembali.

  39. elya on Mon, 22nd Jun 2009 17:19
  40. Huwaaaa….. (nangis) semua yg dikatakan mas Jonru bener bgt…
    aku merasa spt ditampar dan terbangun dari mimpi yg selama ini buat aku sdh keasyikan dan terbuai …

    Oooh ! Andai orang spt aku blm juga mau ACTION dan lbh senang bermimpi … mending masuk aja lg dlm rahim ibu …

    Thanks a lot, Mas Jonru …

  41. janur pakpahan on Mon, 22nd Jun 2009 17:47
  42. ketika aq membaca tulisan abang aku merasa terpukul. karena aku salah satu orang yang sering menunda2 untuk menulis aku memang suka menulis tapi aku sering mengulur-ulur waktu.

    andaikan aku orang yang disiplin waktu aku akan bisa berhasil seperti abang.

    thanks ya bg.
    muda2han kedepan aku bisa mewujudkan keinginanku menjadi seorang penulis.

  43. lia on Mon, 22nd Jun 2009 18:06
  44. wah hebat bgt ya om,,, kpn nie q di bimbing buat jd penulis….?hebattttt bgt,, q kgum ma om

  45. yonsi on Mon, 22nd Jun 2009 18:09
  46. Air menguap karena panas, pikiran menguap karena tidak dituangkan dalam tulisan. Mungkin gitu ya mas,terima kasih atas email yang dikirimkan. Saya selalu merasa cemas (paranoid) dengan kehidupan saya yang saat ini. Belajar skill2 baru selalu saya lakoni, hanya satu menulis kok kaya orang bengong kesamber ayam teler. suka tidak hilang tidak berbekas. Tantangan untuk mewujudkan ini terus saya lakukan dan saya tidak pernah peduli apakah tulisan saya jelek yang penting menuangkannya walaupun tidak nyambung. Trima kasih mas jonru gagasan2 Anda membuat saya terus berusaha mendobrak belenggu yang membuat saya sampai saat ini belum bisa mewujudkan diri saya menjadi penulis. selebihnya saya tidak punya alasan lagi.

  47. Wasi Abd on Mon, 22nd Jun 2009 18:18
  48. Walaupun semua orang diberi waktu yang sama oleh Allah SWT, namun kesempatan seseorang untuk melakukan sesuatu tidak serta merta menjadi sama. Tiap orang mempunyai takaran sendiri dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhannya. Ini lah yang membuat kebutuhan hidup semua orang seisi dunia dapat saling melengkapi dan saling memenuhi.

    Demikian pula tentang kesempatan seseorang untuk menulis. Ada orang yang menulis untuk keperluan tertentu saja, ada yang menulis untuk bahan memori dikemudian hari, dan ada pula orang yang menulis untuk mendapatkan penghasilan tak layaknya orang bekerja keseharian. Dari kategori tersebut orang jagi mengukur skala prioritas dalam menulis dan tingkat urgensinya.

    Apapun alasan dan tingkat prioritas kebutuhan, sebagai manusia modern yang menjunjung tinggi pengetahuan, sudah selayaknya membiasakan menuliskan apa yang dirasakan, apa yang dimau, apa yang dilakukan. Apa yang berhasil apa yang gagal. Juga berusaha merekam alam sekitar kita supaya diketahui oleh anak cucu kita di kemudian hari.

    terima kasih Bung Jonru, yang selalu mengingatkan saya untuk menulis,Insya Allah saya akan terus dan mulai menulis.

  49. putri amalia siregar on Mon, 22nd Jun 2009 18:39
  50. siap menulis! :)

  51. JOHAN on Mon, 22nd Jun 2009 18:44
  52. BANYAK ILMU YANG SAYA TERIMA DARI BAPAK,TERIMAKASIH BANYAK PAK SUSILO.

  53. Jane Shofi on Mon, 22nd Jun 2009 18:48
  54. Yak….betul banget! Menunda adalah alasan untuk gagal, Tapi memulai adalah mencoba mencari jalan untu SUKSES. Makasih buanyak dah ngingetin untuk lebih keras lagi usahanya.

  55. achmads on Mon, 22nd Jun 2009 19:15
  56. Ayo menulis. Jangan ditunda lagi. Thanks for great posting!

  57. wisnu on Mon, 22nd Jun 2009 19:19
  58. pak, gimana cara / teknik menulis biografi (=feature ?) mengenai usaha yang sedang kita jalani ? Terima kasih

  59. ulfa on Mon, 22nd Jun 2009 19:58
  60. alhamdulillah……
    saya ucapkan “jazaakumullah khoiran katsiraa”, atas semua ilmu yang ditularkan kepada kami.
    saya sangat setuju dan tergugah to stop dreaming, sebab diantara orang yang merugi adalah yang menyia-nyiakan kesempatan. dan sejak saya mengikuti kuliah gratis dari bung jonru, saya sudah mulai menulis beberapa di blog, meski sebatas curhat dan satu artikel yang saya post kan di PSB(pusat sumber belajar). itu baru pertama kali saya pede mempostkan tulisan saya. dan itu berkat motivasi dari bung jonru.
    sudah lama sekali saya ingin menulis, sebab saya kurang bisa menyampaikan ide-ide melalui lisan.dan saya juga suka merenungkan kejadian-kejadian di sekitar. dan seandainya itu bisa saya tuangkan dalam senuah tulisan…..mungkinkah????
    skali lagi thanks for all…..

  61. erna_sasuke on Mon, 22nd Jun 2009 20:25
  62. Iya benar,,jika terus berangan-angan tanpa berusaha takkan pernah tercapai cita-cita yang kita impikan…

  63. Djohan Kohar on Mon, 22nd Jun 2009 20:29
  64. Terima kasih Bang Jonru atas “penguatan2″ yang telah diberikan agar kami (orang2 yang bercita-cita untuk jadi penulis hebat) segera “take action” dan “stop dreaming”… bahkan sebenarnya kami dapat memulai dengan “write that dreaming” kan? keinginan, kemauan sih kuat tapi seringkali seperti api lilin yang kalau tertiup angin lalu jadi padam…. Semoga penguatan demi penguatan dari Bang Jonru, akan membuat api semangat menulis itu tidak akan padam tertiup angin lalu….

  65. p3br1 on Mon, 22nd Jun 2009 20:56
  66. thanks…
    kapan2 kalo aku menulis mau kan jadi editornya…
    he..he..he…
    :-)

  67. Devi Eriana on Mon, 22nd Jun 2009 21:31
  68. Hmm, sebenarnya masalah keinginan menulis & keinginan menjadi penulis itu 2 hal yang berbeda walaupun tujuannya sama : ingin menghasilkan tulisan. Ada beberapa teman yang berkali-kali bilang, “gue pengen punya blog kaya elo”, “aku pengen nulis, cuman aku sibuk buanget”. Akhirnya ya kagak ada yang nulis-nulis, sampai sekarang, hehehe.. Saya bukan (baca : belum) jadi seorang yang seperti Bang Jonru & rekan penulis lainnya kok. Sama, saya juga masih belajar, penuh kekurangan, & masih pengen menemukan gaya penulisan yang pas buat saya itu kaya gimana sih. Masih terus belajar, belajar, dan belajar. Saya punya beberapa blog, cuman untuk yang sering saya update (yang aktif) ada di wordpress & facebook. Jadi intinya mungkin lebih ke niat. Segala sesuatu kalau diniati pasti ada hasilnya.. Insyaallah :-)

  69. diena-rifaah on Mon, 22nd Jun 2009 21:45
  70. Yup, betul sekali! Kalo kata Mbak Helvy, perenang gak mungkin bisa renang kalo cuma nengger di samping kolam, harus langsung nyebur, dan berenang. Nah, nulis juga gitu khan?

  71. CHE SUSANTO on Mon, 22nd Jun 2009 22:01
  72. yap betul sekali. Seperti pepatah China: jarak seribu mil, harus dimulai dengan langkah pertama. Tapi, gini Bung Jonru, biasanya orang malas memulai karena kawatir tulisannya nggak ada yang mau menerbitkan dan membacanya.

  73. aulia on Mon, 22nd Jun 2009 22:01
  74. Mas , Saya sudah baca yang ini, tapi kata guru harus remedial lagi ya diremedial saja. Ya,,memang semakin saya berusaha menulis,,,, banyak saja ujian yang datang, ya musibah keluarga, teman-teman di sekolah. Sampai semua menjadi serba salah. Kalau masalah Saya disamakan dengan orang sakit Saya sudah harus di infus , tapi selagi tangan masih bisa menekan keyboard, mata masih mampu menatap huruf-huruf hitam di keyboard , dan internetnya masih konek, saya tetap berusaha menulis, atau mempublikasikan tulisan Saya.
    Ingin setabah gerbera oranye ini mas
    (gerbera nama latinnya, Indonesianya hebras).

    Setangkai hebras oranye
    19 06 2009

    Kulihat setangkai hebras oranye di pinggir jalan terlepas dari rangkaiannya. Masih demikian segar dengan gulungan kawat mengelilingi tangkainya yang hijau.

    Setangkai hebras oranye tetap mekar indah walaupun terpaksa melesapkan hawa panas matahari terik jum’at ini.

    Setangkai hebras oranye kini telah kehilangan busa berair untuk menyegarkan dan menopangnya berdiri .
    Setangkai hebras oranye tak menyesali , tak pula menangisi nasibnya karena batal menghadiri pesta malam ini.

    Terus ada dua hal yang menyebabkan Saya berubah dari menulis seenaknya, yang pertama setelah mengunjungi blog orang lain, yang punya blognya minta pengunjungnya menuliskan komentar dengan Bahasa Indonesia yang baik, dan yang kedua materi yang terakhir kemarin.

    Terakhir Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan sumbangan pikirannya.

  75. zulfikar ali shabdi on Mon, 22nd Jun 2009 22:07
  76. Makasih mas, saya banyak belajar dari tulisan mas!

  77. zulfikar ali shabdi on Mon, 22nd Jun 2009 22:14
  78. Terima kasih mas, saya sudah membaca dan telah menulis setiap hari, meskipun hanya sebuah kalimat.

  79. wuri on Mon, 22nd Jun 2009 22:52
  80. sebenarnya ak ga berhenti nulis. soalnya kerjaanku menulis, cuma masih orderan. ak dah buat blog tapi masih gagap aplikasinya. yang aku impikan tuh nulis sesuai bidang dan imajinasiku,yang pasti bisa menumpahkan apa yang ada di tiap memori di otakku ini. dorongan dan suport dari suami juga 100%,tapi belum pede untuk unjuk gigi di media/ publishis sendiri. Kapan ke kota klaten ?

  81. santi on Tue, 23rd Jun 2009 0:47
  82. I keep on dreaming, still…

  83. affandi on Tue, 23rd Jun 2009 1:21
  84. Dimulai dari menulis saya bisa bekerja dan menafkahi keluarga. Bekerja bagi saya adalah belajar yang dibayar. Namun saya belum bisa jadi writerpreneur seperti Bung Jonru. Terima kasih atas kesediaan Bung Jonru yang selalu memberi motivasi dalam menulis.Usaha Anda tidak akan sia-sia. Dan terimakasih atas kiriman newsletternya.

  85. hery on Tue, 23rd Jun 2009 2:41
  86. Saya sudah membeli buku anda Mas Jonru….dan saya langsung praktekkan. walaupun belum ada kabar dari penerbit, saya masihn optimis. terima kasih banyak mas atas saran-saran anda.

  87. yulio on Tue, 23rd Jun 2009 4:28
  88. Makasih bang Jonru,saya sekarang masih asik dengan kiat menulis bebas dari anda. Yah…lumayan walaupun masih acak acakan alurnya tapi sudah agak lancar…he..he..
    Sukses selalu buat bang Jonru dan study menulis onlinenya

    [...] Anda lakukan setelah membeli peta itu adalah mempelajarinya. Setelah paham, silahkan dipraktekkan. Stop Dreaming Start Action. Langsung cari harta karunnya sesuai dengan petunjuk yang disebutkan di dalam peta [...]

  89. Stop Dreaming Start Action on Tue, 23rd Jun 2009 7:42
  90. Benar untuk berbuat memang harus dimulai dari sekarang. Jangan hanya bermimpi saja…

  91. Lilia on Tue, 23rd Jun 2009 7:46
  92. Salam Manis buat Mr. Jonru

    Saya setuju banget ‘STOP DREAMING STAR ACTION’ 4 kata itu Aku banget!!! dan rasanya pagi ini setelah membaca kata itu aku tertampar… untuk ‘COME ON LILIA STOP YOUR DREAMING AND STAR ACTION’ you great Mr. Jonru dengan 4 katamu!…{^_^} thanks a lot!!! Chayooo…

    Sukses selalu buat Mr. Jonru!!!

  93. Ummu Faari' on Tue, 23rd Jun 2009 7:56
  94. Yup!!!doakan bisa selalu berkarya dan berdakwah lewat tulisan, thanks banget motivasi2 dan bantuannya. tapi gimana nih tuk bisa tes layak ga nya tulisan ???

  95. sugiharto on Tue, 23rd Jun 2009 8:22
  96. suwun…njeh..lha misalkan ngadakan seminar tentang menulis buku bagaimana??syarat dan ketentuannya?heheh salam sukses…suwun pak jonru artikel2nya..

  97. Rani on Tue, 23rd Jun 2009 8:24
  98. Bener banget bang Jonru, kita selalu punya seribu alasan untuk nggak Start Action. Alhamdulillah, dulu saya juga gitu, alasannya nggak pede, tapi setelah start action alhamdulillah sudah beberapa judul buku anak ditulis, pastinya selalu ada kekurangan, namun semua itu melalui proses pembelajaran.Insya Allah, saya akan terus belajar dan mengevaluasi semua pencapaian yang sudah diraih dan terus mengembangkan diri. Terima kasih, motivasinya Bang Jonru. ^0^

  99. Dila on Tue, 23rd Jun 2009 8:40
  100. SEPAKAT! Dulu saya juga punya banyak alasan. Salah satunya, saya menunda karena belum punya lap top, dengan asumsi dengan lap top bisa menulis dimanapun dan kapanpun. Ternyata setelah punya pun, tanpa motivasi yang kuat, rasanya enggan untuk menyalakannya dan mulai menulis. Yaa, Anda benar. Do it now, that’s the key! ;) Thanks a lot Bang… (^-^)

  101. Agus Susanto on Tue, 23rd Jun 2009 8:42
  102. masih banyak orang yang takut akan memulai menulis. termasuk saya, namun dengan motivasi yang diberikan oleh bang Jonru akhirnya saya mencoba untuk memulai menulis dengan memberikan komentar pada artikel ini. dan memang saya mencoba untuk menulis komentar ini dengan apa yang ada dalam pikiran saya. semoga apa yanga diberikan oleh bang jonru dapat bermanfaat untu diri saya. karena selama ini saya susah atau kalau boleh dibilang malas untuk menulis. karena menurut saya menulis itu susah. tapi dengan adanya bimbingan yang diberikan oleh bang jonru saya terus berusa mencoba untu menulis.
    saya ucapkan terima kasih kepada beliau. dan mohon maaf bila komentar ini tidak karuan kalimatnya. karena maklum saya bener2 baru mulai belajar menulis.

  103. Ina on Tue, 23rd Jun 2009 8:55
  104. Iya banget, tuh…
    Saya sudah mulai menulis sejak SD, dan cukup bersyukur karena tulisan-tulisan saya bisa menghibur teman-teman di kelas, terutama teman sebangku…:)
    Keep fighting, More I Convince, More I Can Do
    Thanks Mr. Jonru for Supporting ME!!

  105. Saunt on Tue, 23rd Jun 2009 9:02
  106. Setuju Bung Jonru, Stop dreaming take action, namun tetap bolehkan bermimpi untuk menjadi penulis hebat tentu dibarengi dengan menulis.
    Ini mengingatkan saya kembali untuk menulis dan menulis. Terima kasih atas dorongannya.

  107. Yayan on Tue, 23rd Jun 2009 9:11
  108. Bang….sorry ya belum lulus nih sekolahnya…nulisnya kalo sempet doang…ah mimpiku…terima kasih supportnya ya. harus punya kemauan keras nih…

  109. isye on Tue, 23rd Jun 2009 9:21
  110. Wah bapa ini selalu saja tau apa yang menjadi kendala dalam tulis menulis

  111. inggar on Tue, 23rd Jun 2009 9:35
  112. asw
    masalah saya adalah saya seringkali gak bisa nulis selain essay , selalu gak dapat emdimh menarik kalo nulis di luar essay bisa bantu mas jonru?

  113. basbas on Tue, 23rd Jun 2009 9:47
  114. Mas boleh nggak tulisan mas saya donloud ke blog saya soalnya saya agak malas untuk ingisi blog boleh to mas?
    kalau boleh trims. sukses untuk mas jonru

  115. anie on Tue, 23rd Jun 2009 9:48
  116. Thanks Pak Jonru, untuk motivasinya. Setelah saya membaca artikel ” Stop Dreaming Start Action ” saya menjadi lebih pede dalam menulis walaupun hasilnya masih berantakan yang paling terpenting buat saya, saya menjadi lebih pede untuk mempresentasikan tugas2 kuliah yang saya tulis sendiri.

  117. Jonru on Tue, 23rd Jun 2009 10:39
  118. @basbas: Bukannya tidak boleh Bos
    Tapi anda baru saja membaca tulisan dengan topik “stop dreaming start action”. Kalau anda hanya copy paste, itu bukan start action namanya.

    Ayo semangat, buatlah tulisan sendiri
    Salam Sukses!

  119. suci on Tue, 23rd Jun 2009 10:42
  120. GreaT POsT….

    Thx Pak Jonru atas motivasinya, awalnya saya juga tak pernah tahu jika saya mulai senang menulis, tapi dengan memiliki blog saya bisa belajar menulis tentang apapun meskipun kadang hasilnya masih berantakan tapi yang pasti menulis sudah merupakan hobi saya dan saya ingin sekali menjadi penulis yang hebat ….

    terima kasih … :)

  121. zulmadi on Tue, 23rd Jun 2009 10:43
  122. Assalammualaikum WW !

    Terima kasih pak jhonru ! Semoga Allah SWT akan selalu memberi petunjuk-Nya pada Bapak, terutama petunjuk-petunjuk untuk memotivasi pembukaan fikiran untuk menuangkan ide dan da’wah melalui tulisan. memang tidak gampang untuk menulis, bila itu tak pernah kita kerjakan. Dan tidak akan selesai sesuatu itu, bila kita memang tidak pernah berbuat dan bertindak untuk mewujudkan sesuatu itu kata para pakar. Namun untuk mendapatkan dan berbuat untuk sesuatu itu, itu semua memang dari mimpi dulu, dan tidak akan terjadi sesuatu itu bila sesuatu itu tiddak pernah dimimpikan oleh orang yang akan membuat sesuatu itu. Tapi kita juga mesti yakin bahwa tidak akan terjadi pula mimpi itu bila kita tidak dekat yang memiliki mimpi itu. Artinya tercetusnya ide dan tulisan yang bernas itu, itulah tulisan yang bersumber dari-Nya dan oleh karena itu semakin dekat orang kepada yang memiliki apa-apa yang ada di bumi dan dilangit itu, maka semakin bernaslah tulisan-tulisan yang akan diterbit dan dilahirkannya. Sekali lagi terima kasih pak jhonru semoga petunjuk dan arahan kejalan yang penuh ridho dan keridhoannya akan selalu menyertai bapak.
    Wassalam

    Zulmadi

  123. zeeszehra on Tue, 23rd Jun 2009 11:24
  124. thanks jonru,,tulisan dsini memotivasi bget,berkat jonru aku jd g ragu lg u menulis,,kadang2 aq g PD dengan tulisanku sendiri.

  125. siti jumaroh on Tue, 23rd Jun 2009 11:56
  126. seneng banget di kasih banyak tips menulis, bermanfaat bgt bang jonru….thx

    pengen bgt ikut SMO, tapi blm punya dana bang, lg ngumpulin nih moga2 aja sesion selanjutnya aku udah bs ikut…

  127. suryo on Tue, 23rd Jun 2009 12:12
  128. terima kasih banyak pak…..
    melakukan penulisan pada awalnya memang gak gampang, tapi setelah tahu metodenya, ternyata sangat menyenangkan… saya memakai metode “mind map”…

  129. zakyzahra on Tue, 23rd Jun 2009 12:49
  130. makasih bang dengan suntikan motivasinya……
    penyegaran yang menyentil kegemaran “excusing”ku….. hehehehe

  131. tirmidzi on Tue, 23rd Jun 2009 13:01
  132. he he he…membaca motivasinya aku merasa jadi orang yang kecil mas…thanks bagus banget, biar ketahuan siapa yang males..

  133. saori on Tue, 23rd Jun 2009 13:29
  134. saya masih butuh lingkungan dan teman2 yang benar2 memotivasi untuk mewujudkan impian saya.
    jujur keluarga saya pingin saya jadi pegawai negri tapi dalam hati terus berontak kagak mau jadi PNS,
    makasih motivasinya,,,,,,
    saya tunggu yang lainnya,,,,,

  135. irma on Tue, 23rd Jun 2009 13:37
  136. He..he…Mas thanks udah mengingatkan saya…menulis harus jadi bagian dari hidup ya kan mas…i’ll try.

  137. rud on Tue, 23rd Jun 2009 14:56
  138. betul mas, saya pun sering beralasan seperti itu. kalau membaca artikel ini saya jadi semangat lagi ingin menulis tapi setelah menutup jendela ini….i don’t now!

  139. Qonita Aliyatunnuha on Tue, 23rd Jun 2009 15:22
  140. Wow, keren ….. hehehe, kisahnya agak mirip seperti saya, malas nulis tapi ingin menjadi penulis. Tapi saya telah berhasil menerbitkan satu buku lho .. judulnya Raksasa Kesepian …

  141. katatia on Tue, 23rd Jun 2009 16:08
  142. bagiku nulis itu moodku…

    bagiku nulis sebagai tempat sampah dan segala bentuk suka maupun dukaku

  143. Prasetya Utama on Tue, 23rd Jun 2009 16:41
  144. Saya kira, tulisan anda bagus. Memberikan motivasi pada para penulis untuk segera menulis. Problemnya, saya sudah menulis, cuma perlu editor sebelum diterbitkan. Seorang penulis, perlu editor dan teman diskusi, betul begitu bung?

  145. Riana on Tue, 23rd Jun 2009 17:33
  146. Baru membaca judulnya saja aku sudah merasa tersengat. “Stop Dreaming Start Action” betul banget tuh, Bang…!!
    Pas betul dengan masalahku. Aku sekarang jarang menulis (tidak seperti saat sekolah dulu,aku rajin membuat cerpen, puisi dsb.). Sekarang, aku lebih sering menghabiskan waktu untuk mengkhayalkan tulisan yang akan aku buat dan saat-saat ketika aku menjadi seorang penulis handal kelak. tapi ternyata justru itu yang membuatku kadang mandeg… hehehe…. Thanks a lot, Bang Jon…!!!

  147. nulani on Tue, 23rd Jun 2009 19:11
  148. Terima kasih informasinya. Kirim-kirim terus ya.. Jangan bosan, pasti dibaca.

  149. wulan on Tue, 23rd Jun 2009 19:29
  150. bener banget nih … tingkatkan ya ka .. jangan sampai punah …

  151. wahyu Alfarisi on Tue, 23rd Jun 2009 19:35
  152. Terimakasih atas suntikan2 artikelnya
    sudah lama saya ingin menulis
    setelah baca2 berulang2 artikel dari mas Jonru
    Saya coba beranikan buat artikel dan tulisan
    Kepada teman2; coba dan jangan pernah pedulikan apapun
    terus menulis.. menulis dan menulis
    sekali saja tertunda
    maka akan malas selanjutnya

    Wahyu (http://wahyufamily.com)

  153. Zainuddin Tolchah on Tue, 23rd Jun 2009 20:15
  154. Saya sangat setuju sekali 100%. Ya memang harus begitu adanya. Tidak boleh tidak. Kita harus mulai dan mulai, tidak boleh berhenti. Harus selalu ada action, bergerak, berbuat dan bergerak terus. Awal2nya memang agak susah. Tapi itu sebuah tantangan. Menarik sekali apabila sudah mulai, dan itu pada akhirnya akan berulang dan berulang terus sehingga menjadi kebiasaan. Saya juga demikian sebelumnya. Sejak SMP saya pegang majalah dinding, SMA majalah Sekolah. Kuliah penulis lepas di majalah Kampus. Pemred majalah khusus Pensiunan. Dan sekarang Wapemred majalah Krakatau Steel Group (KSG). Tetapi yang agak susah, untuk mulai menulis buku. Ini yang masih belum kesampaian. Waktunya memang terbatas, semoga saya dapat menulis buku. Ini sebuah tantangan ……………….

  155. marina on Tue, 23rd Jun 2009 20:23
  156. sebenarnya saya dari sejak SD udah suka nulis di buku harian. Berkat tulisan pak Jonru, skrg saya coba bikin blog sendiri. Mudah-mudahan ada yang mau baca dan ngasih komentar. Jadi saya tahu kekurangan saya dimana. Terima kasih pak Jonru.

  157. agus on Tue, 23rd Jun 2009 22:02
  158. trimakasih pak tas atas ispirasinya yang mencerahkan
    ,sukses buatbkitan smua..

  159. rahmad cakepz on Tue, 23rd Jun 2009 22:34
  160. keren banget…
    benar skali apa yang anda tulis. memang kebanyakan seperti itu.
    menunggu.. dan menunggu.. tpi gak mlai2 menulis.

  161. oza on Tue, 23rd Jun 2009 23:39
  162. Hi Bung Jondru, nama saya oza..
    Jujur saja, saat ini saya sedang sangat malas menulis saya sedang kepincuuuut membaca. Tetapi selama membaca artikel Anda saya merasa di intip /di pelototin oleh Anda dari web cam laptop didepan saya, namun disisi lain hati saya berkata kamu jangan merasa disindir.. kamu bukan pecundang..walau kamu belum jadi pemenang.
    Terima kasih telah diingatkan, articlenya yang luar biasa..

  163. Lex dePraxis on Tue, 23rd Jun 2009 23:39
  164. Mulai menulis, mulai bergerak… seringkali adalah sesuatu yang sulit sekali dilakukan bila kita tidak menciptakan SUASANA PAKSAAN untuk melakukannya.

  165. Kahar S. Cahyono on Wed, 24th Jun 2009 7:48
  166. Mas Jonru benar. Kita tidak menulis dalam angan-angan, tetapi dalam rangkian kata yang nyata. Kuncinya adalah, mulailah menulis. Ya, sekarang juga.

  167. Ayosini.com | Stop dreaming start action on Wed, 24th Jun 2009 7:55
  168. Artikenya panjang banget… gak habis-habis bacanya…

  169. Ceko on Wed, 24th Jun 2009 8:07
  170. Wah, kalo Mas Jonru udah ikutan lomba ini, rivalnya sangat berat dan 5 besar kayaknya udah di tangan!

  171. Shera on Wed, 24th Jun 2009 8:37
  172. Artikelnya keren habis, sangat menohok dan mengena. Jujur aja Pak, memulai langkah pertama itu sangat sangat berat, walopun setelah langkah pertama, langkah selanjutnya terasa ringan.

  173. meyria on Wed, 24th Jun 2009 9:26
  174. Tq. Saya akan mulai dari detik ini.
    Saya akan menjadi si A bertemu dengan si B tapi…endingnya akan saya ganti.

  175. Safira/martha on Wed, 24th Jun 2009 9:30
  176. aww.maturnuwun, pak…saya baru menulis di diary…mohon komentar (jika berkesempatan, pak)..di blog saya..terima kasih.

  177. gojeg on Wed, 24th Jun 2009 10:15
  178. Jadi semangat nulis nih..walau pendek2.. Terima kasih pak.. :D

  179. fatma on Wed, 24th Jun 2009 11:09
  180. Terima kasih atas postingannya. Memang benar kata Pak Jonru cita-cita itu tdk boleh hanya diimpikan tapi harus diwujudkan. Dulu malah saya tidak pernah bermimpi jadi penulis apalagi bercita-cita jadi penulis. Tapi tahun lalu saya baru sadar bahwa saya bisa menulis dan kata guru bahasa indonesia, cerpen saya itu bagus. Mulai saat itu saya belajar menulis sendiri di rumah.
    Buat teman-teman, selamat berimajinasi dengan tulisan Anda. Kita wujudkan cita-cita kita menjadi penulis hebat. Chayooo………

  181. juwariyah sukiyadi on Wed, 24th Jun 2009 11:27
  182. Tulisan Anda memang hebat diibaratkan seperti bahan bakar yang bisa membuat kendaraan dapat bergerak. Anda memang seorang motivator yang unggul setingkat dengan mario teguh, dengan membaca artikel tersebut rasanya ingin sekali memulai, tapi….tunggu bingung apa yang mau ditulis, dan menentukan temanya masih bingung takut tidak terarah dan amburadul. hank`s berat buat pak Jonru

  183. mastermisterndru on Wed, 24th Jun 2009 12:22
  184. moga menang ya juragan

  185. jerawat on Wed, 24th Jun 2009 13:45
  186. Wah ikutan kontes ya, artikelnya bagus juragan, keep it up !!!

  187. Rika Pb. on Wed, 24th Jun 2009 14:23
  188. Trimakasih, tulisannya sangat menginspirasi bang. sukses selalu.

  189. septian on Wed, 24th Jun 2009 15:51
  190. gimana ya bank caranya mengolah bahasa dan kata-kata..?

  191. mika kurnia dewi on Wed, 24th Jun 2009 16:50
  192. Bagus..!semoga saya bisa lebih termotivasi lagi dalam menulis. amin..!

  193. neni on Wed, 24th Jun 2009 18:34
  194. p.jonru, postingan-postingan dari anda benar-benar menginspirasi saya untuk terus menulis dan menulis meski saya tidak memiliki dasar pendidikan yang memadai untuk menjadi seorang penulis, bahkan saya semakin berani mengirim tulisan keberbagai milis.
    terimakasih banyak, semoga keberkahan melimpahi anda

  195. Ynozzz on Wed, 24th Jun 2009 19:48
  196. setujuuuuuuuuu banget…
    nyang namanya penulis ya harus nulis, mo ngapain lagi??

  197. Aw on Wed, 24th Jun 2009 22:22
  198. Ass…
    wah,benar juga tuh, tapi ada yang kurang nee, dan slama bertahun2 masih menjadi sesuatu yang slalu berputar2 dalam benak saya. Bagaimana jika ide yang datang slalu sepenggal demi sepenggal, saya slalu menulisnya dimana dan kapanpun, terlalu banyak penggalan ide cerita yang ingin sekali saya muntahkan, tapi semua itu hanya berbentuk ide saja, dan tidak membentuk suatu alurcerita yang dapat di nikmati banyak orang, waduh kayaknya salah forum nee saya nulisnya, tapi tak apalah daripada di pendam2. Untuk bahasan tulisan diatas sangat berpengaruh sebagai motifasi saya sebagai penulis pemula, Syukron Qobla w ba’da

  199. nakmengwi on Wed, 24th Jun 2009 22:45
  200. menurut saya, menulis adalah hal yang sangat bermanfaaat dimana dengan menulis secara langsung kita juga sekaligus bisa belajar
    Action yang sudah saya lakukan adalah vote untuk pulau komodo agar menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia di blog saya ya….biar kita ngga kehilangan Borobudur untuk kedua kalinya, saya tunggu action anda

    pondok-edan

  201. Taufik Al Mubarak on Thu, 25th Jun 2009 0:01
  202. Ditunggu mas action2 selanjutnya…wah, sepertinya mas sudah sangat dekat dengan tangga jawara…salut deh

  203. Risya on Thu, 25th Jun 2009 1:16
  204. bener banget…ayo menulis…

  205. Stop Dreaming Start Action on Thu, 25th Jun 2009 5:12
  206. terima kasih

  207. yus safrudin on Thu, 25th Jun 2009 5:42
  208. persis seperti bung Jonru tulis, kadang baru ancaer ancer buat judul, lalu menulis beberapa kalimat, lalu buntu lagi ditinggal lagi ketika akan melanjutkan ganti judul baru tulis lagi beberapa kalimat agak lebih banyak lalu buntu lagi …… hanya ada semangat di hati ini “ingin belajar menulis sesuatu” susah untukmengusir rasa malas, bosan … tapi suatu saat timbul lagi semangat untuk mencoba lagi …. wah gimana yah bung Jonru.

  209. sunarno on Thu, 25th Jun 2009 7:48
  210. ya kita mulai sekarang juga

  211. stop dreaming start action on Thu, 25th Jun 2009 7:49
  212. wah .. hebat .. masuk 20 besar …
    salut

  213. Kosmas Lawa Bagho on Thu, 25th Jun 2009 9:19
  214. Terima kasih mas Jonru telah banyak membantu saya dalam memotivasi untuk menulis secara gratis. Saya telah mengikuti kursus gratis selama 9 minggu dan kiriman berikutnya sampai hari ini. Hari ini juga saya lebih berbahagi lantaran saya mendapat alamat Bapak di Facebook.Mudah-mudahan kita bisa berdiskusi secara langsung. Mas Jonru setelah mengikuti kurusus 9 minggu, saya berusaha menulis sesuai panduan dan kemampuan saya. Kumpulan tulisan itu beberapa saya muat di blog: http://www.kosmaslawa.blogspot.com. Mas Jonru bisa lihat dan jika ada kesempatan bisa memberikan komentar … via email atau facebook. Tentang tulisan penghalang untuk menulis… secara pribadi sangat membantu dan mengguggah saya untuk mulai menulis tanpa harus tunggu sempurna … kata-kata,’ kita tidak harus memulai dengan ahli tapi kita mulai untuk menjadi ahli sungguh suatu resep tak akan kulupakan seumur hidup. Saya bahkan sudah bertekad untuk menulis apa saja saya lihat, saya rasakan dan saya nikmati setiap hari. Memang mimpi dan tekad bukanlah segalanya tapi tanpa tekad tidak ada segala-galanya (Andrie Wongso). Sekali lagi terima kasih nasehat-nasehat mas Jonru sangat bermanfaat tapi tergantung pada kami pribadi mau memulai atau tidak ….

  215. ufik saladin on Thu, 25th Jun 2009 9:46
  216. Mas Jonru The Best teacher of letter, trims atas segala masukan, semangat serta angin motivasi yang sangat kencang! Sebenarnya apa yang mas diskusikan di Bloog pribadi mas adalah segudang persoalan yang hampir mrip dengan apa yang saya alami, dan itupun jauh-jauh hari banyak saya renungkan pada materi ke 3 di kursus gratis menulis selama 9 minggu yang masih saya ikuti 5 minggu ini. Dan itu kini terjawab tuntas sudah,Motivasi pertama: Anda tidak perlu hebat untuk memulai, tapi anda harus mulai untuk jadi hebat.Motivasi kedua:Stop dreaming start action. So mas jonru, sekarang yang saya butuhkan adalah imajinasi, fantasi aplikasi dan implementasi? Kubur angan-angan kosong yang menjerumuskan!!!! Ayo semuanya kita mulai dengan bangkit.

  217. Stop Dreaming Start Action on Thu, 25th Jun 2009 12:03
  218. Stop Dreaming Start Action, Brhentilah Bermimpi dan Mulailah Berbuat.
    Action Action dan Action.

    salam ACTION.

  219. Azizah on Thu, 25th Jun 2009 12:10
  220. terimakasih mas Jonru, artikel anda memberikan semangat dan inspirasi untuk mulai menulis. saya jadi ingat semboyan yang pernah saya pakai dan sekarang hampir saya lupakan, mulailah dari membuat satu titik untuk menjadi sebentuk garis atau bidang datar.

  221. indri wiradiningsih on Thu, 25th Jun 2009 13:36
  222. Ass.wr.wb terima kasih bang atas penjelasan yang abang berikan membuat saya termotivasi dan ingin lebih kuat lagi untuk menulis, selama ini saya termasuk orang yang selalu menunggu atau menunda wktu wlupun saya sudah menyelesaikan 5 tulisan saya tp saya belum merasa menjadi seorang penulis dengan adanya belajar menulis abang ini saya sangat berterima kasih telah mendapatkan belajar gratis dari abang, semoga sukses buat abang dan selalu dilindungi oleh Allah, stop dreaming start action

  223. aries rakhmat hidayat on Thu, 25th Jun 2009 13:52
  224. Betuuuull! Menulis adalah mencoba, bukan sekedar mempelajari. Kayak orang berenang aja deh, sedikit tahu dan banyak mencoba. Congratz!

  225. ahmad fauzi on Thu, 25th Jun 2009 14:26
  226. mencoba dan terus mencoba dengan itu kita akan bisa

  227. siswanto on Thu, 25th Jun 2009 21:31
  228. salam,

    siapa pun tentunya bersyukur jika apa yang ia sampaikan bermangfaat, termasuk mas Johru. nah, e-book gratis ( kiat-kiat menulis ) dari mas Johru telah saya terapkan, saya stop dreaming and start action. untuk melihat hasilnya datang aja ke satriagemini.blogspot.com, tapi harap maklum karena blog gua masih sangat-sangat sederhana ( pemula gitu lho…)

    thanks,

  229. Stop Dreaming Start Action on Thu, 25th Jun 2009 21:46
  230. Kontes ini luar biasa ya. Pengaruhnya udah nyebar dimana-mana? Semoga bisnis online di indonesia makin maju. Sukses yah :)

  231. Murman on Fri, 26th Jun 2009 5:45
  232. Hebatnya bang Jonru. Selalu bisa memberi inspirasi dan motivasi. InsyaAllah nasehat yang berharga ini bisa saya laksanakan. Mohon bantuan dan dukungannya bang Jonru, ya

  233. budz on Fri, 26th Jun 2009 8:24
  234. Stop Dreaming Start Action on Fri, 26th Jun 2009 12:08
  235. selamat siang semuanya. wah mas jonru ikut kontes seo pak joko nie

  236. cara buat website on Fri, 26th Jun 2009 13:53
  237. Selamat berjuang dan bersaing di kontes SEO, ayo majukan bisnis online di indonesia =P

  238. suta on Fri, 26th Jun 2009 13:58
  239. Mas Jon dkk.
    Makasih banget. Tulisan kalian adalah semangatku. Ibarat hp, kalian adalah cargerku. Ibarat baterai, kalian adalah stomku. Aku bisa menghidupkan imajinasi dan menggerakkan tanganku mengikuti pikiranku.

  240. Aday on Sat, 27th Jun 2009 4:27
  241. aku sangat setuju dengan hal tersebut. stop dreaming and start action adalah sebuah kata yang betul-betul sangat membangkitkan gairah bertindak. setiaknya kita dapat flashback ke belakang dan melihat hasil yang kita raih. kalo memang belum ada hasil, berarti selama ini cuma dreaming doang. thanks buat tipsx. go action rightNow and i do it rightnow. thanks.

  242. misbahudin on Sat, 27th Jun 2009 23:29
  243. setelah saya baca tulisan melalui ” menulis onlane ” saya bagaikan orang yang terbangun dari tidur panjang ,saya mendapat semangat baru dan berharap bisa jadi penulis seperti para penulis lain walau selama ini bukan sebagai seorang penulis

  244. misbahudin on Sat, 27th Jun 2009 23:32
  245. setelah saya baca tulisan melalui ” menulis online ” saya bagaikan orang yang terbangun dari tidur panjang ,saya mendapat semangat baru dan berharap bisa jadi penulis seperti para penulis lain walau selama ini hanya dalam mimpi.

  246. syukur on Sun, 28th Jun 2009 12:40
  247. thank u. aku jadi semangt untuk kembali memulai.

  248. ninin on Mon, 29th Jun 2009 13:55
  249. memang kecenderungan penggunaan otk kiri membuat mimpi berjalan stagnan…

    tinggal lagi ninin akan segera menulis ..tapi perlu ada yang koreksi trus…

  250. Alya on Mon, 29th Jun 2009 17:00
  251. bener banget mas jonru, saya tuh suka sibuk mikirin kapan mulai nulis yang tepat, ngejar deadkine dan sebagainya tapi tulisan saya jadinya pada ga selesai, MULAI HARI INI!
    MULAI SAAT INI!
    MULAI JAM INI!
    thanks a lot for SEMANGATnya dari tulisan ini!
    wah harus cepet-cepet pulang nih, lanjutin novelnya ah…………..^_^

  252. Alya on Mon, 29th Jun 2009 17:02
  253. boleh ga saya kirim tulisan-tulisan saya untuk diedit sama penulis lain yang ada di SMO?
    gimana caranya mengirim naskah ke penulislepas?
    jazakallah….^___________^

  254. Abd. Basid on Wed, 1st Jul 2009 6:53
  255. manteb sekali mas….
    setidaknya kita harus menulis dari sekarang. jangan ditunda-tunda. karena pekerjaan yang ditunda-tunda akan basi…

  256. Ita on Thu, 2nd Jul 2009 8:38
  257. Yup!, betul sekali Bang Jonru…
    Justru ketika kita sudah mulai menulis lah kita akan tahu bahwa ternyata kita bisa melakukannya…
    Tetapi motivasi memang perlu selalu dipompa terus dan membaca tulisan-tulisan Bang Jonru adalah salah satu caranya…;)

    Terima kasih Bang Jonru…

  258. Stop Dreaming Start Action on Thu, 2nd Jul 2009 11:28
  259. Numpang lewat dan tegur sapa. Sesama peserta harus saling menyemangatai yah. Maju terus…!

  260. Amie Primarni on Thu, 2nd Jul 2009 17:20
  261. Saat saya memulai untuk menulis di blog saya sendiri rasanya lega sekali apa yang saya cita-citakan terwujud. tetapi saya tahu, kritik atau feedback adalah cara terbaik untuk belajar. Ketika saya menemukan web mas Jonru, saya bergabung secara gratis. Saya ingin mendapat kritik dan feedback ( karena saya berniat menulis dan menerbitkan buku) kemana saya harus menghubungi ? Jika ingin diperkirakan apakah saya layak untuk mendapat kritikan mohon melihat http://amie.aksespraktis.net. terima kasih dan saya nantikan kabar selanjutnya.

  262. Stop dreaming start action on Thu, 2nd Jul 2009 18:03
  263. Betul Bang Jonru …. energy untuk memulai memang lebih besar dari pada kalau sudah menggelinding. Kalau sdh menggelinding rasanya sih ringan-ringan saja .. bahkan kadang susah untuk dihentikan :-)

    aka

    Eddybiz

  264. Yenie Sutopo on Thu, 2nd Jul 2009 22:12
  265. Bang Jonru…. Jadi malu nih! Yg ditulis abang emang yang kita jadikan alasan untuk menunda menulis. Padahal kalo kita udah di depan komputer mah, ide mengalir begitu saja. Do’ain kita2 nih bisa segera ACTION !

  266. Iftikar on Fri, 3rd Jul 2009 9:32
  267. he eh…bener…jadi malu nih…

    [...] 1. Detik.com 2. Okezone.com 3. Facebook.com 4. Friendster.com 5. Google.com 6. Bisnis Online 7. Panduan belajar WordPress 8. Softare Asli 9. Lirik Music Indo 10. Lirik Music Luar 11. Free Template 12. Jogja-Blogger 13. Tutorial Blogging | Internet Bisnis Online 14. pVidia Blog 15. Stop Dreaming Start Action (Jonru) [...]

  268. cahaya on Fri, 3rd Jul 2009 17:25
  269. oke deh pak bos……
    tulisan pak jonru subhanallah…..
    sebenarnya itu yang saya alami dulu dan sekarang saya rasakan,
    sudah hampir 4 tahun gabung di dunia kepenulisan, tapi tidak pernah menulis, hanya berkutat pada organisasi dan kepengurusannya saja.
    dan dengungan “saya akan jadi penulis hebat” emang sering kali saya ucapkan, dan akhirnya saya down karena tidak pernah tercapai.
    tapi itu tetap saya lakukan dan saya dengungkan hingga akhirnya saya gabung menjadi relawan di media zakat, dan itu mau tidak mau harus membuat tulisan.
    mungkin karena niat awal ingin membantu dan kita juga terlibat dalam suatu instansi, mau tidak mau kita harus tanggung jawab dengan amanah kita. jadi baru sebulan ini sya menulis. itu pun baru 4 tulisan dan tulisan itu bukan cerpen, puisi atau apapun. tapi lebih ke laporan hasil wawancara dengan masyarakat kemudian diubah dalam bentuk tulisan. yang tujuannya tulisan itu bisa menginspirasi orang lain.
    mungkin untuk teman2 yang ingin menulis,
    saran saya harus di mulai dari hati yang ikhlas dan ada kita harus merasa punya beban maksudnya adalah tanggung jawab kita akan tulisan yang kita berikan.

  270. stop dreaming start action on Fri, 3rd Jul 2009 22:31
  271. kontes ini semakin seru dan menarik..terus semangat dan berjuang di kontes

  272. Blog Struktur Rumah|Internet Marketing on Sat, 4th Jul 2009 2:22
  273. Terkadang memang untuk memulai atau mengikuti sesuatu apapun itu, kita sering beralasan Saya masih sangat sibuk. Aktivitas saya sangat banyak.
    Nanti saja deh, atau saya masih pemula.
    akhir-akhirnya tidak melakukan tindakan

  274. Henri Lois on Mon, 6th Jul 2009 19:05
  275. Setuju seratus %, mas Jonru.. menulis sangat menyenangkan
    membuat kita awet muda
    dan bahagia

    Salam super

    Louis
    Jakarta

  276. Stop Dreaming on Tue, 7th Jul 2009 18:03
  277. Stop Dreaming Start Action, merupakan hal dasar untuk meraih kesuksesan..gw setuju dgn ini…

  278. Stop Dreaming Start Action on Tue, 7th Jul 2009 23:39
  279. Lets Stop Dreaming Start Action !!!!

  280. Kheng Sun on Thu, 9th Jul 2009 20:13
  281. Halo Pak Jonru, sejujurnya saya tidak tahu bagaimana memberi komentar. Begini, apa yang Anda tulis memberikan motivasi yang besar kepada setiap orang untuk mulai menulis, menulis, dan menulis. Akan tetapi sampai saat ini saya benar-banar belum tahu seberapa besar pengaruh motivasi terhadap keberhasilan seseorang. Artinya jika semua orang melakukan anjuran Pak Jonru, apakah mereka semua akan berhasil? Lepas dari semua itu, apa yang Anda tulis adalah hal yang baik. Terima kasih.

  282. Download Mp3 on Fri, 10th Jul 2009 18:35
  283. Marilah kita budayakan Action daripada Dreaming, supaya apa yang kita cita-citakan bisa tercapai.

    Sukses n goodluck y prenz….

    [...] Free Template 11. Jogja-Blogger 12. Tutorial Blogging | Internet Bisnis Online 13.pVidia Blog 14. Stop Dreaming Start Action (Jonru) 15. it’s me [...]

  284. stop dreaming start action on Mon, 13th Jul 2009 12:49
  285. memang bener cara utk menulis adalah langsung menulis saja, dulu sempat baca tulisan mbak afifah afra amatullah bahwa rahasia menulis itu adalah 1. menulis, 2. menulis dan 3. menulis

  286. naspon riadek on Tue, 14th Jul 2009 16:36
  287. lg BW, baca2 postingan mas jadi nambah semangat lagi. saya akan segera actoin huheuehue… ditunggu kunjungan balsannya… salam kenal mas.

  288. Maju Indonesia on Sat, 18th Jul 2009 20:50
  289. Galakan Gerakan Stop Dreaming Start Action ! Dan yang pasti kita harus saling belajar satu dan lainnya.

  290. wahidhasan on Sun, 19th Jul 2009 6:29
  291. Wah mantap pak, jadi terinspirasi… Sukses selalu..

  292. Cara Baru Mencari Backlinks « a-cup-of-light on Mon, 20th Jul 2009 18:30
  293. [...] Free Template 11. Jogja-Blogger 12. Tutorial Blogging | Internet Bisnis Online 13. pVidia Blog 14. Stop Dreaming Start Action (Jonru) 15. A Cup of [...]

  294. Free Music on Tue, 21st Jul 2009 4:27
  295. aku dukung nich…
    keren lahh…
    semoga menjadi pemenagnya
    jangan lupa bagi-bagi hadiahnya hihihi…
    hidup STOP DREAMING START ACTION

    [...] 1. Okezone.com 2. Facebook.com 3. Friendster.com 4. Google.com 5. Bisnis Online 6. Panduan belajar WordPress 7. Softare Asli 8. Lirik Music Indo 9. Lirik Music Luar 10. Free Template 11. Jogja-Blogger 12. Tutorial Blogging | Internet Bisnis Online 13. pVidia Blog 14. Stop Dreaming Start Action (Jonru) [...]

  296. Stop Dreaming Start Action on Fri, 24th Jul 2009 17:28
  297. Menerapkan slogan Stop Dreaming Start Action adalah sesuatu yang tidak sulit untuk kita kejakan apabila ada sedikit kemauan untuk mewujudkannya, tentu bisa membuat sesuatu yang lebih baik, memberikan sesuatu yang positif yang berguna bagi seluruh bangsa dan negara indonesia khususnya bagi kita sendiri. Hidup Stop Dreaming Start Action

  298. iza on Fri, 24th Jul 2009 20:02
  299. terimakasih untuk semua infonya, mas.. jujur sekarang rasa khawatir dan ketakutan saya untuk menulis hilang! dari dulu mnemang suka mencicil tulisan c.. tp masih suka rada kagok untuk memulai.. beberapa bulan ini ketika saya sering baca tulisan di blog ini alhamdulilah setiap apapun yang terindra bz menjadi inspirasi saya untuk menulis.. dan benar sekali, mas.. ternyata menulis itu gampang, tinggal memulai.. dan.. tulis apapun yg ada difikiran kita.. apapun! tp kualitas tulisannya tentunya orang lain punya penilaian masing2. tp saya selalu berfikir menulis saja dulu, belajar saja dulu.. hasilnya wawlohualam…

  300. Kombes.Com Bookmarking on Sat, 25th Jul 2009 0:16
  301. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger meberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

  302. zoe23 on Sun, 26th Jul 2009 12:26
  303. sukses sllu buat Seo nya boss…. ^_________^

  304. stop dreaming start action on Wed, 29th Jul 2009 13:53
  305. terimakasih, bagus banget artikelnya

  306. Blogger Borneo on Fri, 7th Aug 2009 8:48
  307. Met pagi mas, lam kenal sebelumnya dari Blogger Borneo. Kemarin sempat bikin workshop di Pontianak yach? Aduh, sebenarnya kemarin pengen banget ikut tapi krn kesibukan pekerjaan jadi ngga sempat deh. Saya mau belajar menulis dari Mas Jonru karena saya suka menulis, masih pemula sih. Hehehe….. Oh iya mas, link blog mas udah saya pasang di blog saya yach. Sekiranya berkenan utk tukaran link, saya ucapkan banyak2 terima kasih.

  308. andi on Sun, 9th Aug 2009 20:52
  309. Salam kenal sob. Mari jalin silaturahmi dengan saling mengunjungi. Ditunggu kunjungannya sob.

  310. asep on Tue, 11th Aug 2009 19:28
  311. Tak dukung dan tak gendong wis hehehe, TAk tambahi keywordnya STOP DREAMING START ACTION. mampir ke blogku mas…..
    translate
    Belajar ngeblog

    [...] 14. Stop Dreaming Start Action (Jonru) [...]

    [...] 14. Stop Dreaming Start Action (Jonru) [...]

  312. atrianil on Mon, 17th Aug 2009 9:19
  313. Maaf mas,,,..aku udah punya tulisan tapi setiap mau diusahakan ke penerbit selalu gagal…, tulisanku sudah terdiri dari 7 cerpen…3 novel… dan 150 puisi,…karena selalu mengalami kegagalan sekarang aku jadi tidak bersemangat nulis lagi…kasih saya solusi donk biar tulisan saya bisa sampai ke pembaca..karena saya seorang guru cerita saya berkisar tentang cerita disekolah..tema ceritanya tentang siswa dan guru.. terimakasih

  314. Stop Dreaming Start Action on Mon, 17th Aug 2009 10:09
  315. Selamat berjuang teman, dengan semangat Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus marilah kita berkompetisi secara sehat. Artikel Anda sangat Bagus, semoga Anda menang !

  316. mbak maya on Fri, 21st Aug 2009 0:20
  317. Wow. Posting yang sangat menarik, Goodluck dan Salam kenal ya mas.

  318. ken on Mon, 24th Aug 2009 22:42
  319. salam kenal..moga sukses pak..

  320. shanty on Tue, 25th Aug 2009 18:42
  321. hmmm… itu betul sekali. Selama masih malas atau banyak alasan, nggak bakalan itu tulisan jadi. Makanya, selagi ada ide, walaupun merasa lagi malas, tetap saja menulis. Nanti, ketika dibaca lagi lalu di edit lagi, dibaca lagi, di edit lagi, akhirnya jadi bagus deh..

    [...] Anda lakukan setelah membeli peta itu adalah mempelajarinya. Setelah paham, silahkan dipraktekkan. Stop Dreaming Start Action. Langsung cari harta karunnya sesuai dengan petunjuk yang disebutkan di dalam peta [...]

  322. albudijaya - Stop Dreaming Start Action on Sat, 12th Sep 2009 22:55
  323. tetap semangat action mas Jonru :)

  324. iren on Sun, 11th Oct 2009 19:08
  325. bener banget………… sekarang yang ada di otak saya ingin menulis tapi gak kesampaiaaaan terus, karena banyak hal yang harus dikerjakan sehingga meyita waktu energi dan tenaga dan hasilnya gak bisa menuis sampai sekarang.
    tapi saya akan bangkit dari kejatuhan saya sendiri
    dan saya harus semangat untuk menulis
    hidup……

  326. Anaa on Mon, 16th Nov 2009 18:20
  327. terimakasih tuk segala ilmu dan motifasinya!

    [...] penulis, tapi tak terwujud juga. Bukan karena mereka gagal. Bagaimana mungkin dibilang gagal, jika mencoba saja belum pernah. Mereka mengaku terlalu sibuk, banyak kendala, belum tahu caranya, MERASA MINDER, dan sebagainya [...]

  328. Wanda Tips on Wed, 25th Nov 2009 21:04
  329. saat ini pengetahuan bukan lagi modal yang utama tapi modal utama adalah START ACTION sekarang juga…..

  330. isyana agustina siregar on Tue, 1st Dec 2009 8:23
  331. dear jonru..

    pas banget niy..pas lagi down dan mau nyerah soal cita-cita jadi penulis..pas dapet suntikan motivasi dari jonru..

    beneran loh, sampe kemaren, bener2 udah mau nyerah aja, abis empat tulisan saya ditolak dengan sadis sama yang berwenang..saya jadi lupa indahnya menulis dengan bebas…thanks alot…

    da mulai semangat lagi niy…^^

  332. Amir on Sat, 5th Dec 2009 18:47
  333. Itulah perlunya belajar dan selalu mencoba dalam hal praktek.
    Thanks yah

  334. Bur on Sat, 5th Dec 2009 18:51
  335. Terima kasih dengan informasi yang menarik ini, satu hal lagi yg saya dapatkan.

    Bur

  336. astaga.com lifestyle on the net on Tue, 15th Dec 2009 20:26
  337. Iqbal on Wed, 6th Jan 2010 5:00
  338. Thanks sharing-nya pak
    belajar dan peraktek
    memang harus dilaksanakan…

  339. Geena34FN on Mon, 1st Feb 2010 9:11
  340. We have at present good Internet resources to purchase the thesis sample and just hot enough release close to this topic from the professional dissertation service.

  341. Daya on Tue, 2nd Feb 2010 16:18
  342. Your article interesting and good, thank you.
    Will we always visit this place.

  343. Esa on Thu, 4th Feb 2010 16:35
  344. Anda patut diberikan award Pak, selalu akan saya mengunjungi situs anda yang berharga ini, terima kasih yah…

  345. Joantg28 on Wed, 10th Feb 2010 23:43
  346. Thanks a lot that you made the imazing idea associated with this post. Though, to choose the distinguished custom essay service, students suppose have knowledge about writing service.

  347. Free Essays on Wed, 17th Feb 2010 13:03
  348. I know that we have
    to know about this good topic and custom term papers.
    At the paper writing services it’s easy to
    order pre-finished essay or custom writing about this good topic.

  349. spring wallpaper on Wed, 31st Mar 2010 14:20
  350. sangat memotivasi bagi saya yang merasa selalu menunda apa yang bisa dikerjakan sekarang…Semangatttttt!!!

  351. Easily Search for Backlink | boiminc.info on Sun, 9th May 2010 11:35
  352. [...] Template 9.  Jogja-Blogger 10. Tutorial Blogging | Internet Bisnis Online 11. PVidia Blog 12. Stop Dreaming Start Action (Jonru) 13. A Cup of Light 14. Tips & Trik Linux 15. Boiminc’s [...]

  353. feekyu on Thu, 13th May 2010 11:54
  354. kalo mikirin uang terus malah ngk bisa jalan nulisnya mas, jadi harus cari cara buat bikin mood nulis terus

  355. Aşk Büyüsü on Wed, 9th Jun 2010 18:51
  356. kalo mikirin uang terus malah ngk bisa jalan nulisnya mas, jadi harus cari cara buat bikin mood nulis terus

  357. Jerseys on Fri, 23rd Jul 2010 9:56
  358. sangat memotivasi bagi saya yang merasa selalu menunda apa yang bisa dikerjakan sekarang…Semangatttttt!!!

  359. jamie on Fri, 23rd Jul 2010 14:22
  360. ini nih..
    1. Saya masih sangat sibuk. Aktivitas saya sangat banyak.
    .
    2. Nanti saja deh, setelah….
    .
    3. Ilmu saya masih sedikit. Nanti kalau sudah ahli, saya akan mulai menulis.
    .
    4. Saya tidak tahu bagaimana cara untuk mulai menulis.

    itu yang nomer 2.. GUE banget… wkwkwk…
    terima kasih solusinya… :)

  361. Canada flower shops on Fri, 23rd Jul 2010 18:52
  362. I really liked your article. Keep up the good work.

  363. Faizal | Akselera on Sun, 22nd Aug 2010 10:31
  364. harus cari cara buat bikin mood nulis terus

  365. taufiq on Sun, 5th Sep 2010 12:47
  366. saya sebenarnya masih kuliah. saya masih banyak belum mengeerti penulisan pak. nanti bisa kapan kapan post mengenai penulisan yang bagus saepertu tata caranya

  367. Health on Sun, 5th Sep 2010 23:28
  368. artikelnya panjang dan bermamfaat
    terkadang menulis artikel susah banget kadang juga mudah sekali

  369. belajar ilmu komputer on Sun, 12th Sep 2010 0:04
  370. salam kenal mas..maaf telat dalam mendukung heeh..tapi keren banget blognya mas…

  371. Nanta on Sun, 3rd Oct 2010 8:04
  372. wah…. bagus-bagus nih artikelnya…. boleh kan kalau kapan-kapan saya jadikan inspirasi?
    :)
    oh, ya, tadi saya ngambil gambarnya.. makasih ya….
    juga.. :p , ini kalau mau ngunjungin blog saya http://mind-scratch.blogspot.com/ dikasih komentar ya….

    makasih, dan salam kenal…. :D

  373. wholesale NFL jerseys on Tue, 12th Oct 2010 21:35
  374. I like the journalism relevancy of your site and it will a nice-looking decent job of presenting the info.

    [...] Banyak pula penulis pemula yang hanya sibuk mengoleksi teori. Mereka membaca banyak buku kiat dan teori penulisan. Mereka banyak mengikuti pelatihan penulisan. Tapi setelah itu, mereka justru tidak pernah MULAI MENULIS. [...]

  375. Day Trading on Wed, 20th Oct 2010 7:43
  376. suatu kesulitan yang terbesar yaitu memulai sesuatu yang baru

  377. peluang bisnis internet on Thu, 21st Oct 2010 17:23
  378. Menang kontes nya gan?

  379. Jonru on Fri, 22nd Oct 2010 7:54
  380. @Peluang bisnis internet: Tidak Gan. Saya masih perlu belajar banyak soal SEO nih :)

  381. Hosting Murah on Sun, 31st Oct 2010 21:11
  382. Pak ada kontes baru lagi lumayan lho hadianya, tapi persyaratannya lumayan berat
    dibanding kontes2 sebelumnya.

  383. Foredi on Sun, 31st Oct 2010 21:12
  384. Menang kalah tetap sportif dan kita jaga kontes SEO Indonesia dengan
    hal-hal yang bersih. Bukan begitu pak Jonru ?

  385. dc shoes hats on Fri, 5th Nov 2010 17:59
  386. Hi guys!! This is my first website by my self, and i confused that is it good or not made by wordpress or Joomla, i want to choose one 4 me,and give me some advice.Thank you!

  387. moncler down jackets on Fri, 5th Nov 2010 18:00
  388. I hope this allowed, I have never used this website before so I wasn’t really sure what this was going to do. So this is just a test post. I really like this forum, it has some excellent discussions that take place

  389. foredi gel on Sun, 28th Nov 2010 21:55
  390. Menulis itu memang kegiatan yang menarik sekali, dan harus benar2 take action sampai mengajukannya ke penerbit.

  391. Foredi on Sun, 12th Dec 2010 1:31
  392. Pekerjaan menulis membutuhkan seni yang tinggi dan membutuhkan kebiasaan

  393. Hosting Murah on Sun, 12th Dec 2010 1:33
  394. Yes, apapun bidang bisnisnya, maka jangan lupakan kalimat stop dreaming start action

  395. Obat Kuat on Sun, 12th Dec 2010 11:04
  396. Saya kira kontes SDSA ini adalah kontes terbesar dari yang pernah ada di Indonesia selain pesain yg banyak jg karena yg mengadakan

  397. bvgrsd on Sun, 12th Dec 2010 15:24
  398. I am content to uncover this short article very beneficial for me, since it consists of whole large amounsdt of information.

  399. peluang bisnis on Tue, 21st Dec 2010 15:19
  400. wah mantab banget ini artikel nya!

  401. toko online on Wed, 19th Jan 2011 9:16
  402. Salam kenal pak jonru :)

  403. ijan on Wed, 19th Jan 2011 21:16
  404. jadi malu baca artikel nih… oke deh. mulai action nya.. :D

  405. foredi gel on Mon, 7th Feb 2011 8:46
  406. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

  407. bisnis internet on Thu, 24th Feb 2011 16:32
  408. Niche topik.. saya termotivasi pak :)

  409. For him capsule on Tue, 1st Mar 2011 16:25
  410. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    [...] Bila Nayla juga merasa berat untuk mulai menulis, coba baca kiatnya di sini. [...]

    [...] Bila Nayla juga merasa berat untuk mulai menulis, coba baca kiatnya di sini. [...]

  411. budoushi on Sat, 5th Mar 2011 15:05
  412. kalimat tersebut diatas tepat untuk memotivasi seseorang untuk mewujudkan impiannya tanpa diimbuhi kata-kata “tapi” yang mengakibatkan impiannya terhambat dan menjadi lama terwujud.

  413. prima setia on Tue, 15th Mar 2011 16:44
  414. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    [...] menuangkan dari apa yang saya baca disini , intinya bahwa hambatan-hambatan yang dialami seseorang dalam memulai sesuatu itu banyak sekali [...]

  415. foredi gel kupang on Wed, 27th Apr 2011 10:57
  416. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

  417. bisnis online on Thu, 28th Apr 2011 8:42
  418. Wahh.. Makasih Info nya kk ^_^

  419. Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia on Tue, 17th May 2011 1:08
  420. Trims Pak Jonru atas motivasinya, sangat menarik dan memberi inspirasi buat saya

  421. restoran seafood on Wed, 1st Jun 2011 9:43
  422. jadi makin tambah termotivasi setelah baca artikel’a

    [...] 1. Detik.com 2. Okezone.com 3. Facebook.com 4. Friendster.com 5. Google.com 6. Bisnis Online 7. Panduan belajar WordPress 8. Softare Asli 9. Lirik Music Indo 10. Lirik Music Luar 11. Free Template 12. Jogja-Blogger 13. Tutorial Blogging | Internet Bisnis Online 14. pVidia Blog 15. Stop Dreaming Start Action (Jonru) [...]

  423. ricano11 on Fri, 8th Jul 2011 14:18
  424. mantap…
    satu lagi ya “talk less do more”
    wkwkwkw

  425. foredi on Tue, 12th Jul 2011 11:53
  426. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

  427. foredi lampung on Fri, 15th Jul 2011 11:06
  428. Setelah membaca Info dan Artikel yang sangat bermanfaat ilmu saya jadi semakin bertambah.salam sukses

  429. cheat point blank on Sun, 17th Jul 2011 12:33
  430. sangat menginspirasi saya sbg seorang blogger…
    jgn cuma mimpi tapi ayo kita lakukan dan niati ^^

  431. yoedha on Wed, 20th Jul 2011 22:25
  432. waahhhh mantab bro..
    happy blogging

  433. ferragamo sale on Fri, 5th Aug 2011 16:25
  434. Niche topik.. saya termotivasi pak

  435. Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah on Fri, 19th Aug 2011 22:39
  436. Trimakasih banyak bank… banyak sekali Ilmu yg saya dapat di Blognya..terutama cara menulis yg baik

  437. Top Penis Enlargement Devices on Thu, 8th Sep 2011 21:33
  438. waahhhh mantab bro..
    happy blogging

  439. Top Penis Enlargement Exercises on Thu, 8th Sep 2011 21:38
  440. waahhhh mantab bro..
    happy blogging

    [...] tidak banyak orang yang tergerak untuk SEGERA action. Mereka masih suka menunda-nunda.  Apakah Anda juga seperti [...]

  441. Bejubel Market Place Terbaik Indonesia on Tue, 1st Nov 2011 1:50
  442. keren nih… salam kenal mas bro :)

  443. Bejubel Market Place Terbaik Indonesia on Tue, 1st Nov 2011 1:59
  444. sangat bermanfaat ilmu saya jadi semakin bertambah.salam sukses

  445. Zodiak Hari Ini on Tue, 1st Nov 2011 2:00
  446. Makasih infonya. smoga sukses

  447. Ita on Mon, 9th Apr 2012 15:32
  448. Salam kenal Pak Jonru. Tulisan Anda sangat inspiratif.

  449. Jonru on Mon, 9th Apr 2012 16:14
  450. @Ita: Salam kenal juga :)

    [...] 1. Detik.com 2. Okezone.com 3. Facebook.com 4. Friendster.com 5. Google.com 6. Bisnis Online 7. Panduan belajar WordPress 8. Softare Asli 9. Lirik Music Indo 10. Lirik Music Luar 11. Free Template 12. Jogja-Blogger 13. Tutorial Blogging | Internet Bisnis Online 14. pVidia Blog 15. Stop Dreaming Start Action (Jonru) [...]

  451. Jual Jaket Kulit on Wed, 13th Jun 2012 18:31
  452. Yak….betul banget! Menunda adalah alasan untuk gagal, Tapi memulai adalah mencoba mencari jalan untu SUKSES. Makasih buanyak dah ngingetin untuk lebih keras lagi usahanya.

    [...] Stop Dreaming Start Action (Jonru) [...]

  453. jilbab cantik murah terkini on Sat, 25th Aug 2012 11:25
  454. kebetulan sekali pak,saya baru aja belajar menulis,dengan membaca postingannya malah menjadi motivasi saya.Pak,saya mau tanya ,supaya tulisan kita dapat mengalir dan mudah mendapatkan IDE?

  455. Agus Eswe on Sat, 24th Nov 2012 9:48
  456. Membaca artikel anda, membuat saya mengintropeksi diri sendiri. “Betapa banyak hal yang saya tunda untuk mengerjakannya selama ini”, itulah kenapa saya tidak mendapatkan apa2.

    Terima kasih banyak sudah memberikan inspirasi, salam ACTION!

Komentar Anda adalah kehormatan bagi saya. Silahkan isi formulirnya di bawah ini.
Kalau ingin menampilkan foto di samping komentar Anda, silahkan atur melalui Gravatar.

Untuk berkomunikasi secara lebih intens dengan saya, silahkan bergabung di:
- Jonru's Fan Page
- Twitter
- Belajar Menulis GRATIS di Facebook


WARNING: Komentar yang tujuannya hanya untuk mencari backlink akan dihapus. Kecuali jika isi komentar Anda memang bagus. Be friendly please :)