Mengelola website/blog: from hobby to making money

May 4, 2007
Filed under: Bisnis, Blog Mania, Internet 

NgeblogSalah satu cita-cita saya sejak kuliah – khususnya setelah aktif di pers mahasiswa – adalah ingin mendirikan penerbitan sendiri. Saya bermimpi punya majalah seperti Tempo atau Gatra , dan saya menjadi pemimpin redaksinya.

Ternyata, mewujudkan impian ini sangat gampang, seandainya saya seorang milyuner! Tapi nyatanya? Hm… tak perlu saya jelaskan lebih detil, kan?

Intinya, saya harus mengubur mimpi tersebut dalam-dalam. Tak ada gunanya dipelihara.

Setelah mengenal internet, saya bersorak kegirangan ketika mengetahui bahwa siapa saja bisa menjadi raja di dunia maya. Untuk mendirikan sebuah penerbitan di dunia offline, prosesnya cukup ribet, termasuk proses pengumpulan dana, mengurus badan usaha, dan segala tetek-bengeknya. Untuk menjadi seorang “super star” di dunia nyata, kamu harus melewati serangkaian “seleksi alam”, perjuangan keras, persaingan yang sangat ketat, sikut sana sikut sini, bahkan mungkin harus ikut kontes Indonesian Idol.

Namun untuk mendirikan media online, kamu hanya butuh waktu sekitar lima menit. Sangat mudah dan gampang. Semuanya serba bebas, dapat dilakukan hanya dengan duduk di depan komputer.

Oh, betapa indahnya! Kondisi ini menyebabkan saya dengan mudahnya mendirikan situs Ajangkita.com dan PenulisLepas.com . Saya merasa bahwa mimpi saya untuk punya penerbitan sendiri, kini bisa diwujudkan lewat dunia maya.

Ajangkita.com awalnya saya buat dengan HTML biasa. Proses update dilakukan secara manual. Hm.. sangat repot. Capye deh pokoknya. Situs ini bertema “internet untuk pemula”, berisi sejumlah artikel, tips, tutorial, dan sebagainya, bagi para newbie. Dikelola bersama my cyberfriendRini , situs ini bisa bertahan sekitar satu tahun. Setelah itu, saya menyerah! Selain karena tak ada lagi waktu, jenis situsnya yang statis dan sangat manual dalam proses update, membuat saya sangat kerepotan.

Ajangkita.com zaman dahulu
Klik gambar di atas untuk melihat tampilan Ajangkita.com zaman dahulu

Tahun 2003, berawal dari matinya situs Ekilat.com – tempat saya bermain-main, saya pun membangkitkan lagi situs Ajangkita.com , mengubahnya menjadi forum diskusi. Harapan saya, semoga situs ini bisa menggantikan Ekilat.com yang sudah tewas.

Perjalanan waktu membuat saya mengenal Content Management System (CMS) , program pembangun web yang canggih. Saya tak perlu lagi melakukan updating content secara manual. Semua bisa dilakukan dengan cara yang sangat nyaman, gampang, dan praktis.

Maka, saya pun membangun situs PenulisLepas.com dengan salah satu CMS yang saya sukai ketika itu, yakni pMachine. Belakangan, CMS-nya ini diubah menjadi WordPress karena jauh lebih canggih.

Perjalanan waktu pula membuktikan bahwa baik situs Ajangkita.com maupun PenulisLepas.com sukses menjadi dua situs komunitas yang besar, anggotanya sangat banyak. Saya bahagia! Walau tidak berhasil memiliki media cetak, saya berhasil mendirikan dan mengelola dua media online yang sukses. Saya merasa bahwa mimpi saya telah terwujud dalam bentuk lain.

(Belakangan, saya dipercaya menjadi pemimpin redaksi Optimis, sebuah free magazine milik seorang teman. Walau masih berskala kecil, ternyata keterlibatan saya di Optimis merupakan salah satu perwujudan dari mimpi masa lalu tersebut. Oh.. tentu saya harus bersyukur!).

* * *

Dalam mengelola Ajangkita.com dan PenulisLepas.com, motivasi saya hanyalah hobi. Memang ada niat bisnisnya. Tapi saya sadar bahwa perjalanan menuju ke sana masih sangat jauh. Saya memang memasang Google Adsense (GA) di kedua situs ini sejak sekitar dua tahun lalu. Tapi hasilnya tidak seberapa. Jumlah dolar yang berhasil saya kumpulkan baru sekitar $62. Hm… minim sekali, bukan?

Beberapa minggu sebelum resign dari CBN, saya bertemu mas Harry Sufehmi yang mengajak saya mengelola sejumlah blog miliknya. Dia berani menggaji saya dengan jumlah yang lumayan besar. Ternyata, blog-blog buatan dia bisa menghasilkan banyak uang dari GA. Dia juga menceritakan kisah sukses sejumlah situs yang berhasil meraup ratusan dolar perbulan dari GA .

Mas Harry juga smepat mengecek page rank situs PenulisLepas.com dan Ajangkita.com . Ternyata keduanya telah mencapai angka 4. “Ini lumayan banget,” ujarnya. “Ini adalah portofolio Mas Jonru yang bisa dibanggakan.”

Page Rank

Saya seketika tersentak! Saya baru sadar bahwa saya punya media yang sangat berpotensi untuk menghasilkan uang. Page rank adalah semacam tolak ukur untuk menilai seberapa populer sebuah situs di mesin pencari Google.com . Semakin tinggi angkanya, berarti semakin baik.

Sekadar gambaran:
Situs berita terpopuler di Indonesia, Detik.com, punya pagerank 6. Sementara Priyadi.net – salah satu blog terpopuler di Indonesia – punya pagerank 5. Hm… angka 4 yang saya miliki tentu tidak jauh dari 5 dan 6. Berarti Ajangkita.com dan PenulisLepas.com memang punya potensi luar biasa untuk menghasilkan dolar dari GA .

Masalahnya, sampai saat ini kedua situs tersebut belum berhasil meraup banyak uang dari GA. Dalam waktu dua tahun lebih, yang terkumpul baru 62 dolar. Hiks… tragis banget, kan?

Karena itulah, saat ini saya sedang belajar banyak tentang SEO, dan cara efektif untuk berhasil menjadikan situs/blog yang saya kelola sebagai “gudang uang”. Jalan ke arah sana mungkin masih panjang, tapi insya Allah saya akan terus mencoba. Salah satu ikhtiar saya, bergabung dengan situs Adsense Indonesia .

Saya kira, bisnis yang dijalankan atas dasar hobi merupakan sebuah formula yang sangat bagus. Karena itulah, saya merasa nyaman berada di “kawasan” ini.

Maka, kini saya sedang asyik mempelajari seluk-beluk Google Adsense. Saya bahkan sudah membangun sebuah situs khusus, yang rencananya akan diisi dengan berbagai macam artikel, tips, tutorial seputar internet untuk pemula. Ya, tak jauh beda dengan Ajangkita.com zaman dahulu.

Situs ini akan berbahasa Inggris, karena “mesin uang” GA lebih efektif pada situs-situs berbahasa Inggris. Tapi demi rasa cinta pada Tanah Air (cieee…), saya juga berencana mencantumkan “edisi bahasa Indonesia” pada setiap artikel yang dimuat.

Saya berdoa pada Allah, semoga upaya dan rencana saya ini berhasil. Jika sukses, insya Allah saya akan dengan senang hati menularkan ilmu yang saya dapatkan kepada teman-teman sekalian.

Tentu asyik kan, bisa ngeblog ria sambil menghasilkan uang yang banyak? (*)

Cilangkap, 3 Mei 2007
Jonru

Keterangan:
Banyak orang yang membangun blog hanya demi motivasi mendapat banyak uang dari GA. Ini biasanya menimbulkan banyak “situs sampah”, yang isinya hanya kumpulan link atau copy paste artikel dari situs lain. Jika kamu serius berbisnis lewat GA, hindarilah cara yang buruk ini. Bangunlah situs dengan content yang baik, bermanfaat bagi pembaca, dan sering di-update. Insya Allah, kamu tidak hanya akan mendapatkan banyak uang, tapi juga pahala karena isi situs kamu bermanfaat bagi banyak orang. Dan lewat GA, jangan bermimpi bisa kaya secara mendadak. Semuanya tentu butuh proses. Coba klik di sini untuk membaca sebuah artikel tentang dasar-dasar Google Adsense.

Baca Artikel Terkait:

  • Tak ada artikel terkait

Comments

27 Comments on Mengelola website/blog: from hobby to making money

  1. mina on Tue, 8th May 2007 16:10
  2. looo, dirimu to pendiri AK? hebat!

  3. jonru on Thu, 10th May 2007 21:48
  4. wah.. biasa aja kok :)

  5. kaze on Mon, 14th May 2007 12:54
  6. oya mas namanya penulislepas.com ya. aku dulu member loh :)

  7. jonru on Mon, 14th May 2007 20:36
  8. sekarang juga masih kan? ayo dong, diramaikan :)

  9. tommy on Tue, 15th May 2007 22:43
  10. wah mas…ada beberapa kesamaan.bedanya, diriku belom menembus dimensi “webmaster” mu yg oke itu. paling-paling, kesamaan itu terpaku pada “FE Akuntansi” yang pernah kau lalui dan “hasrat” untuk berproses di dunia jurnalistik. Tapi mas, aku salut dengan sepak terjangmu. Lebih oke begini daripada bergabung dibawah payung suatu media, seperti nasibku dulu, wartawan perkasa di luar kantor…tapi merana di dalam kantor.heheheh…sukses mas

  11. jonru on Wed, 16th May 2007 19:54
  12. halo mas tommy…
    semoga sukse juga ya, buat anda :)

    [...] Ingin berbagi ilmu seputar dasar-dasar internet buat para pemula. Hal seperti ini pernah saya lakukan di Ajangkita.com, tapi kini tidak lagi. [...]

    [...] 4 Mei 2007 lalu, saya menulis artikel “Mengelola website/blog: from hobby to making money”. Di luar dugaan, seorang teman menyapa saya setelah membacanya. Dia berterus terang bahwa dia [...]

  13. Surya on Wed, 14th Nov 2007 11:51
  14. Wah asik tuh klo blog iseng2x ternyata menghasilkan duit. Ibarat bersenang-senang dapet bonus. Tapi klo nurut saya, jangan terlalu fokus di iklan. Ntar fun factor dari blogging itu sendiri ilang.

  15. mikjege on Mon, 3rd Dec 2007 10:19
  16. hai…nyeeenyeetttt…how are youu….?

    piye kabare toh….muas???

    kix kix kix….

  17. himawan on Tue, 11th Dec 2007 7:57
  18. hehueue pengen sharing ttg duit niii & bagi pengalaman .. ttg free seo + free advertising yg bikin blog or website cepet terindex di google…
    http://e-businesscenter.info

  19. YF on Tue, 4th Mar 2008 20:04
  20. bagus bgt bos.. artikel anda bener2 membuka pikiran saya dan memberikan masukan yg bermanfaat.. thanks..

  21. saifuddin on Sun, 27th Apr 2008 19:18
  22. Bagaimana caranya menghapus alamat internet yang telah terdaftar ?

  23. saifuddin on Sun, 27th Apr 2008 19:19
  24. bagaimana cara menghahapus alamat web yang telah terdaftar

  25. ncomputing penganti-pc on Thu, 22nd May 2008 13:16
  26. sukses saja buat semuanya….:) :)

  27. agamz on Mon, 26th May 2008 10:05
  28. Ass wr wb..
    salam kenal mas Jonru.
    Wah blog Anda saya nilai memberikan manfaat bagi orang banyak.
    Salut untuk Anda yang mempunyai niat mulia untuk saling memajukan sesama. karena itulah misi kita sebagai khalifah di muka bumi ini.

    Nice post n present. :)
    Wassalam.

    Pak Agam, salam kenal juga
    thanks ya atas komentarnya…

    Jonru

  29. OHA on Fri, 11th Jul 2008 0:55
  30. wahh jadi tertarik… ini konsep internet gratis yaa
    dapat duit u/ akses internet biar gak ndobos… tp ndobost tu apa ya
    wahh “ndobos” itu artinya apa ya? kok seperti ngobrol tanpa henti
    entah itu shariing yang menciptakan peluang / kesepatan jadi makin terbuka dalam ber online ria.
    ndobos sak karebe dewe asal gak porno seperti…
    terimakasih ilmu2 ndobosnya ya

  31. orang aneh on Sat, 15th Nov 2008 3:34
  32. hehe .. CMS-nya pake joomla ia?

    btw, emang joomla-nya kuereeen wuy.
    i’m joomlaholic.

  33. dhablue on Mon, 1st Jun 2009 10:42
  34. Mau….donk ikutan!

  35. franky on Tue, 23rd Jun 2009 10:46
  36. Salam sebelum jumpa.

    ajarin donk bikin website, website saya dah tp sy ga bs masukin postingan biasalah orang awam

    makaci banyak

  37. heni prasetyorini on Wed, 1st Jul 2009 20:57
  38. INSPIRING BANGET. sebagai ibu rumah tangga yg gemar internet dan nulis, ini cucok banget kayaknya. ngeblog sambil dapat tambahan uang belanja, heheh…..

  39. bayu on Sun, 25th Jul 2010 22:17
  40. salam mas jonru….
    Saya ingin sekali belajar membuat web site sendiri,
    sampe-sampe sy sering tertipu iklan murahan diinternet,…. yg menawarkan jasa pembuatan web sites, pembelian Domain dan serrver hosting.
    saya transfer sejumlah uang kerekening pengelolanya setelah beberapa hari kemudian saya tunggu konfirmasi lanjutan dari program tersebut nggak ada, bahkan sampai saat ini sy nggak tau Dananya nongol kemana.
    Mas Jonru ….!
    Saya mohon saran dan petunjuk mas, untuk pemula yang masih awam tentang internet Langkah apa yang sy harus tempuh.
    salam sukses buat mas jonru …..

    [...] Mengelola website/blog: from hobby to making money [...]

  41. toepay79 on Mon, 8th Nov 2010 15:38
  42. Wah mantabs ni Mas Jonru….bisa belajar dari anda nih…..keep posting how to make money with blog…..thanks…

    [...] NB: Silahkan baca artikel terkait: – ┬áMengelola website/blog: from hobby to making money [...]

  43. Suang on Tue, 22nd Feb 2011 1:58
  44. Mantap mas, keren… semakin memacu saya..

  45. david on Wed, 20th Apr 2011 13:17
  46. wah pengen nieh gabung…..

Komentar Anda adalah kehormatan bagi saya. Silahkan isi formulirnya di bawah ini.
Kalau ingin menampilkan foto di samping komentar Anda, silahkan atur melalui Gravatar.

Untuk berkomunikasi secara lebih intens dengan saya, silahkan bergabung di:
- Jonru's Fan Page
- Twitter
- Belajar Menulis GRATIS di Facebook


WARNING: Komentar yang tujuannya hanya untuk mencari backlink akan dihapus. Kecuali jika isi komentar Anda memang bagus. Be friendly please :)