Online di Handphone Pakai XL, agar Makin Terbiasa dengan Gaya Hidup Mobile

gaya hidup mobileSaya termasuk orang yang hampir selalu online sepanjang hari. Namun satu hal yang mungkin belum teman-teman ketahui; dalam hal tertentu mindset saya masih sangat jadul.

Contohnya begini:
Beberapa waktu lalu saya menghadiri seminar yang diselenggarakan oleh Google. Tempatnya di sebuah hotel mewah di Jakarta Pusat. Saya merasa beruntung karena di depan kursi ada meja. Maka saya manfaatkan untuk bermain laptop, tak ubahnya seperti sedang online di kantor.

Ketika online itulah ada email masuk, berisi pesan yang sangat penting untuk dijawab sesegera mungkin. Tapi anehnya, saya justru berkata di dalam hati, “Nanti saja di-reply, kalau saya sudah online dari kantor atau rumah.”

Hm, aneh banget, kan? Apa sih susahnya menjawab email tersebut saat itu juga? Anda pasti setuju bahwa ini merupakan hal yang sangat sepele dan sangat mudah dilakukan.

Tapi mindset jadul saya sepertinya membuat hal semudah ini menjadi ribet. Pola pikir saya berkata, menjawab email itu seharusnya di kantor atau rumah, bukan di tempat umum.

Kejadian serupa sering terjadi saat saya online dengan handphone. Rasanya kok aneh jika saya harus membalas email atau mengomentari sebuah update status Facebook lewat handphone. Lebih afdol rasanya jika lewat laptop.

Berita baiknya, saya menyadari bahwa pola pikir seperti ini bisa menghambat diri sendiri. Maka, sejak beberapa bulan lalu, saya mulai berlatih menghilangkan mindset jadul tersebut. Salah satu upaya yang saya lakukan adalah semakin sering online lewat handphone. Saya sampai saat ini masuk terus berusaha agar terbiasa dengan yang namanya gaya hidup mobile. Sebuah gaya hidup yang – terus terang – masih sangat asing bagi diri saya.

* * *

Alhamdulillah, upaya ini membuahkan hasil. Secara perlahan namun pasti, saya mulai terbiasa ngetwit lewat handphone. Bahkan me-reply email secara mobile pun sudah mulai “mahir” :-D

Dan yang mungkin membuat Anda tertawa ngakak: Saya merasa sangat bangga, bahagia dan takjub ketika sekitar empat bulan lalu berhasil untuk pertama kalinya mentransfer uang lewat layanan mobile banking. Hehehehe… Norak banget, kaaannnn????

* * *

Karena sedang rajin membiasakan diri online lewat handphone itulah, beberapa hari lalu saya coba pakai kartu XL. Terus terang, itulah untuk pertama kalinya handphone saya dimasuki oleh kartu XL. Kalau ponsel sebelumnya – yang sudah saya jual – sih sudah pernah pakai XL.

Biasanya, kalau simcard dari privoder lain, kita kan harus mengatur setting internet secara manual. Ada APN, proxy, dan sebagainya. Atau, ada juga provider yang mengirimi kita SMS yang berisi instruksi untuk mengatur setting internet. Ada pula yang mengharuskan kita mengirim SMS ke nomor tertentu, dengan kode tertentu pula.

Nah, kejadian unik saya alami ketika pertama kali pakai simcard XL. Setelah selesai registrasi, saya langsung online (kebetulan saat itu saya sedang mencoba bermain di KotaGames), dan browsing lewat Opera Mini.

Setelah browsing beberapa menit, saya terperangah! Bukan karena pulsa tersedot, tapi karena tiba-tiba ingat saya belum mengatur setting internet!

“Wah, jangan-jangan akses internetnya masih pakai provider sebelumnya, nih,” ujar saya di dalam hati.

Buru-buru saya mengecek menu Setting di Opera Mini. Dan terlihatlah pengaturan seperti gambar berikut.

setting internet otomatis XL

Coba lihat:
Di bagian Connection sudah tercantum “XL-GPRS”. Padahal saya belum pernah melakukan pengaturan apapun sebelumnya.

Ini tentu membuat saya takjub. “Hm, hebat juga ya, bisa otomatis seperti itu.” Padahal sebelumnya, saya khawatir jika setting koneksinya masih pakai layanan dari provider sebelumnya.

Belakangan saya ketahui dari sebuah info, bahwa saat ini XL memang sudah melengkapi setiap simcard mereka dengan setting internet otomatis. Jadi kita tak perlu repot-repot lagi mengatur settting APN, Proxy, dan sebagainya.

* * *

Cek Kuota dan Masa Berlaku Paket Internet

Hal mantap lainnya yang belakangan saya ketahui tentang XL adalah fitur untuk mengecek sisa kuota dan masa berlaku layanan internet. Ini tentu sangat bermanfaat, agar kita tidak sampai kebablasan: Keasyikan bermain internet, eh… tak tahunya masa berlaku atau kuota paket sudah habis. Dan kini harus berinternet dengan tarif normal yang tentu bisa menguras pulsa dalam waktu singkat.

Untuk mengecek kuota dan masa berlalu tersebut, caranya ada tiga:

1. Lewat SMS
Ketik KUOTA lalu kirim ke 868

setting internet otomatis xl

2. Lewat UMB
Ini bukan Universitas Mercu Buana, tapi singkatan dari Ussd Menu Browser, alias pakai shortcut tertentu, yakni:
tekan *123# di handset Anda, pilih pengaturan internet, kemudian pilih cek kuota.

setting internet otomatis xl

setting internet otomatis xl

3. Lewat web atau WAP
Silahkan masuk ke browser dan ketik alamat URL:
http://123.xl.co.id (tanpa login, bisa langsung mengecek kuota dan masa berlaku).

* * *

Nah, bila teman-teman termasuk orang yang ingin bergaya hidup mobile juga, seperti saya yang sedang berusaha ke arah itu (hehehe…), coba deh pakai simcard XL. Dijamin XLalu Gampang :)

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu!

Jonru
Follow me: @jonru

Sumber foto atas: www.minerets.com

 

Baca Artikel Terkait:

  • Tak ada artikel terkait

13 thoughts on “Online di Handphone Pakai XL, agar Makin Terbiasa dengan Gaya Hidup Mobile

  1. wah ta kira buat three, kalo buat bisa gratis ada gak tutorialnya gan?
    soalnya anak kost butuh yg murah meriah he..

  2. Bung Jonru atas infonya sangat menarik bagiku, tentang tulisan ini dan yang berhubungan dengan XL mobile, tetapi bagaiana cara penggunaan kartunya sedangkan yang telah ada aku telah menggunakan kart Hallo, biskah diaplikasikan secara bersamaan???? maksih banyak yaaa.

  3. Saya juga baru aja coba paket internet unlimited-nya XL, tapi bukan bukan buat HP. Saya pake buat modem. Sejauh ini lancar jaya. Mudah2an seterusnya begitu. :)

  4. Kalau saya masih belum pak, cus komputer selalu senantiasa menemani. Barangkali kedepannya, karena tuntutan hal semacam itu mesti dilakukan, terlebih kalau kita punya online bussines. Btw, terus menulis yang memberikan inspirasi!

  5. Untuk saat ini saya masih puas dengan menggunakan smartfren, setelah sebelumnya menggunakan indosat. Cepat dan lumayan murah. Saya belum tahu kualitas XL di daerah Karawang, dimana saya tinggal.

    Terima kasih atas infonya Pak Jonru.

  6. Saya nggak baca judulnya langsung artikelnya..eh akhir2 ko malah ngiklan XL gitu. ngakak deh jadinya. Tapi menurut saya tarif internet XL emang murah buat whtasaap dan langsung connect GPRSnya g butuh reg. cuma untuk FB atau lainnya butuh regristasi dl. wah ini yang saya g tw knp ky gitu…

    Nice info Pak Jonru :)

  7. Transfer uang lewat mobile banking…..? menurut saya itu hal yang modern banget…transfer lewat internet banking pake komputer aja gak pernah… apalagi pake HP. Btw gimana sih pak caranya menyadap gambar dari hp terus di simpan di computer ?

  8. yup ms jonru sudah punya jam terbang tinggi jadi harus menggunakan mobile sbg gaya hdp yg baru, jadi lebih mudah dan fleksibel.. ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>