[Kiat Menulis] Bagaimana Cara Membuat Tulisan yang Bagus, Menarik dan Menggugah?

June 6, 2008
Filed under: Dunia Penulisan 

Dalam berbagai kegiatan pelatihan penulisan, atau obrolan pribadi, saya seringkali disambut oleh pertanyaan seperti ini. Tentu saja, susunan redaksionalnya berbeda-beda. Ada teman penulis yang bertanya, “Saya ingin membuat tulisan yang sangat luar biasa seperti novel Laskar Pelangi. Bagaimana caranya?”

Atau, “Bagaimana caranya agar saya bisa membuat tulisan yang benar-benar berkualitas tinggi, disukai oleh jutaan pembaca, menggugah, menimbulkan kesan yang mendalam, menyentuh perasaan, pokoknya yang benar-benar spesial dan luar biasa banget, deh.”

Baruan (sebelum tulisan ini dibuat), ada teman lain yang bertanya, “Kenapa sebuah karya bisa “abadi” di hati pembaca? Misalnya Ronggeng Dukuh Paruk-nya Pak Ahmad Tohari. Ada resep khusus untuk membuat karya seperti itu?”

Saya yakin, banyak di antara Anda yang memiliki pertanyaan yang sama. Anda pasti ingin tahu apa jawabannya, ya?

Oke, menurut pendapat saya begini:

Sebenarnya pertanyaan-pertanyaan seperti di atas tak perlu diajukan sama sekali. Anda bahkan tak perlu memikirkannya.

Yang harus Anda lakukan adalah:

  • Teruslah berlatih menulis. Jangan pernah berhenti menulis. Sebab menulis itu seperti menyetir mobil. Semakin tinggi jam terbang Anda, maka keahlian Anda pun insya Allah semakin baik.
  • Rajin-rajinlah membaca buku-buku yang berkualitas. Jika tubuh kita diibaratkan “pabrik penulis”, maka inputnya – antara lain adalah bacaan, dan outputnya (atau produk yang dihasilkan) adalah tulisan. Dengan demikian, kegiatan membaca bagi seorang penulis sangat penting. Tulisan kita akan banyak diwarnai oleh jenis bacaan yang kita lahap. Bila Anda rajin membaca teenlit, maka Anda akan menjadi seorang penulis teenlit. Bila Anda rajin membaca opini di surat kabar, maka Anda akan menjadi seorang penulis opini. Demikian seterusnya.

Jadi bila Anda ingin membuat novel sebagus “Ronggeng Dukuh Paruk” misalnya, maka rajin-rajinlah membaca novel yang kualitasnya seperti itu. Maka insya Allah, Anda akan ketularan :)

Kiat yang saya beberkan di atas mungkin terkesan sangat sederhana. Anda mungkin tidak percaya, bahwa untuk membuat tulisan yang sangat bagus, menarik, menggugah dan abadi di hati pembaca, kiatnya hanya sesederhana itu.

Tapi percayalah! Kiat di atas memang terkesan sangat sederhana. Tapi bila dipraktekkan secara sungguh-sungguh, insya Allah suatu saat nanti Anda akan menemukan sebuah – bahkan mungkin banyak – fakta yang mengejutkan :)

Yang jelas, seperti yang saya sebutkan di atas, Anda tak perlu repot-repot memikirkan “Bagaimana caranya agar saya bisa membuat tulisan yang sebagus novel karya Ahmad Tohari atau Andrea Hirata”. Praktekkan saja kedua kiat di atas. Saya doakan, suatu saat nanti Anda akan jauh lebih hebat dari Andrea Hirata bahkan Stephen King!

Amiin….

Cilangkap, 6 Juni 2008

Jonru

Baca Artikel Terkait:

Comments

236 Comments on [Kiat Menulis] Bagaimana Cara Membuat Tulisan yang Bagus, Menarik dan Menggugah?

  1. kania on Sat, 7th Jun 2008 2:20
  2. ok…
    menulis, menulis, dan menulis…
    membaca, membaca, dan membaca…
    aku akan usahakan menulis dan membaca setiao hari,
    terima kasih atas pencerahannya

  3. ovan on Sat, 7th Jun 2008 10:21
  4. Tipsnya oke nih, Bang!
    Menulis dan rajin membaca!
    Cuman dalam menulis juga harus tetap konsentrasi agar tidak terjadi kesalahan.
    Sedikit mengoreksi,seharusnya posting Bang Jonru ini tertanggal 6 Juni 2008, tapi kenapa jadi 6 Juli 2008?
    Ini kesalahan ketik yang sederhana tapi bisa menjadikan masalah dikemudian hari.

    Just kidding! :)

  5. Putri on Sun, 8th Jun 2008 21:34
  6. Keinginan saya menulis sudah ada sejak dulu ..
    Mudah-mudahan dengan setelah ikut SMO dan mengikuti tips yang diberikan Jonru .. saya dapat menulis dengan baik

  7. wahyu on Sun, 15th Jun 2008 6:19
  8. Kalau menurut om Jonru, ngeblog itu termasuk cara berlatih menulis yang efektif nggak?

    Ya betul
    Ngeblog adalah ajang latihan menulis yang efektif, murah, dan bebas.

    Jonru

  9. silvia anisa on Sun, 27th Jul 2008 19:07
  10. iya seh… itu betul…tapi bagaimana kalau jadwal kuliah kita padat…?

  11. jonru on Sun, 27th Jul 2008 21:31
  12. silvia: kesibukan sebenarnya bukan alasan, sebab setiap orang pasti sibuk. Orang sukses bukanlah orang yang punya banyak waktu luang. Orang sukses adalah orang yang pintar membagi waktu.

    Oke deh, salam sukses ya…
    Jonru

    [...] Sebagai referensi, coba Anda baca tulisan saya yang satu ini. [...]

  13. jajang on Wed, 30th Jul 2008 23:12
  14. Pak cerpen dan puisi saya udahlayak baca bLum??

    mohon perkenan mengomentari coretan di blog saya..

    Please…

    [...] menulis adalah praktek menulis dan banyak membaca. Info selengkapnya, coba baca artikel saya yang satu ini <<== silahkan [...]

  15. yendra on Sun, 3rd Aug 2008 16:31
  16. Tips yang ok bang.., saya sudah sejak kecil ingin bisa ‘menulis’. Namun anehnya selalu menunda buat praktek. Setelah kenal dunia internet saya mulai mau praktek di blog saya, kalau berkenan tolong tengok bang, tulisan sang pemula banget…

  17. Tinisyifa on Sun, 17th Aug 2008 14:11
  18. saya…
    sudah sangat lama menulis, dari SD malah :D
    saya mulai menyukai menulis cerpen sejak SMU kelas 2 kira2 6 tahun yang lalu ( semoga ga salah hitung :) )
    tapi kenapa yach bahasa tulisan saya masih begitu2 saja..

    sedih :(

    gimana dunk pak?

  19. mpus_mpa on Tue, 28th Oct 2008 8:46
  20. oooooooooooooooooowh……… gitu yach!
    ok dech akan saya coba. thanks yaw buat tips nya. :-D

    [...] Sebagai bahan referensi, coba baca tulisan yang satu ini. [...]

  21. agi on Sat, 1st Nov 2008 1:10
  22. saya ingin sekali menyelesaikan novel saya, namun saya mengalami kesulitan dalam mengeluarkan watak suatu tokoh. mungkin bapak bisa membantu saya
    Saya tunggu balasannya ya, Pak
    terima kasih

  23. ayunda clarasari on Sat, 27th Dec 2008 12:10
  24. Tapi…, misalkan lg nulis novel. ditengah jalan idenya hilang. Cara memunculkan idenya bagaimana?

    Cara menulis novel yg betul itu…pengenalan tokohnya sebelum cerita atau sewakktu cerita?

    Saya tunggu balasannya Pak.
    Terima kasih

  25. Abdul Rohim Qurtubi on Tue, 13th Jan 2009 18:34
  26. Syukron masukannya syekh,
    kalau buat pemula yg sama sekali belum pernah menulis bagaimana kiatnya…?

  27. fara on Sun, 25th Jan 2009 17:13
  28. pak jonru . . kok kadang – kadang kalo saya membuat cerita bahasanya terlalu bertele-telegitu ya . . emang bagus???

    kiat menumbuhkan ide gimana??

  29. aimyaya on Wed, 28th Jan 2009 21:22
  30. Sering – sering membaca…
    Sering – sering menulis…
    Sering – sering dapet duit…
    :)

  31. Handi Yan on Sat, 7th Feb 2009 0:14
  32. Saya Sangat suka menulis.Jadi apa yang ada di kepala langsung ditulis sebelum hilang. Jangan takut salah and pede ajah.

  33. tika on Thu, 2nd Apr 2009 17:37
  34. hai….admin slam kenal ya,ni pendatang baru.semangat para bloger dan maju terus.

  35. maria on Thu, 9th Apr 2009 21:38
  36. saya sedang menulis Novel…namun tidak pernah selesai2….
    Terkadang tiba-tiba ide nya berhenti
    bisakah anda Membantu saya bagaimana yang harus saya lakukan?

  37. Heriansyah on Mon, 20th Apr 2009 10:26
  38. Pernah dengar sepenggal kalimat dari Penulis Putu Wijaya. kalau tak salah…seperti ini:

    PERKOSALAH DIRI ANDA UNTUK MENULIS.

    Exotic sekaligus membangun.

    Tak ada alasan untuk kata TIDAK.
    Kuncinya adalah diri kita sendiri.

    Hanya Tuhan yang tidak pernah salah dalam penciptaanNya.

    Dan kita… adalah kesalahan itu sendiri… dari kesalahan itu sendiri tanpa sengaja tercipta sebuah keindahan karya. Bahkan lebih indah daripada kesengajaan itu sendiri.

    Hidup kita adalah indpirasi.
    Rasakan lalu tuliskan… kemudian biarkan mereka mencacinya, cacian itu penghargaan ternyata.

  39. ANDI REVO on Wed, 22nd Apr 2009 12:03
  40. HHHHHEEEEEEEEEEE,,,,,
    SENYUMAN AKU ADALAH ANUGERAH BUAT REKAN – REKAN,,,,,,,MARI MENULIS………………JANGAN MENONTON BERITA TERUS,,,,,,MARILAH KITA BUAT BERITA……..BARVO SEMUA,,,,,,,,,,,,,,,,

  41. devi e safira on Fri, 24th Apr 2009 8:30
  42. saya & menulis (blog) ibarat saudara kandung, inspirasi bisa datang tiap hari, alhamdulillah selalu berusaha saya tuangkan dalam bentuk tulisan walau sesepele apapun tema yang saya tuangkan.
    keep on writing, guys.. !!

  43. andi has on Fri, 24th Apr 2009 10:09
  44. numpang nulis bang….mencoba memberanikan diri tuk membuat sebuah blog dan memulai menulis…menulis adalah kata kerja so… mari bekerja dengan tulisan, hehehe

  45. siska susantrin on Fri, 24th Apr 2009 22:23
  46. Thanks ilmunya bang…menurut aku jangan lupa ajak hati nurani kita tuk ikut berperan dalam tulisan….intinya menulislah dengan hati.

  47. Kosmas on Sat, 25th Apr 2009 14:24
  48. Maaf saya pernah mengikuti latihan menulis 9 minggu namun belum berkesempatan mengikuti sekolah menulis lantaran tempat yang jauh di Ende-Flores-NTT serta belum memiliki biaya untuk itu. Saya sedang menabung sedikit demi sedikit untuk mengalami berkah belajar menulis bersama Mas Jonru … saya rasakan ada sentuhan berharga pada minat menulis yang kuidam-idamkan sejak kecil namun belum mencapai realisasinya sebagai penulis yang hadir di tengah pembaca … terima kasih mas untuk bantuan yang sudah kualami … semoga membangunkan saya dari lamuan tidur panjang yang hanya menghayal tanpa mau menulis … saya sepakat dengan mas kalau mau jadi penulis hanyalah pertama menulis kedua menulis dan ketiga menulis serta membaca membaca dan membaca seperti kata Kitab Injil … kita harus mengampuni orang tujuh puluh kali tujuh kali …… salam hangat dari Indonesia paling Timur … yang agak jauh dari sentuhan dinamika pembangunan Jakarta …

  49. Ade Setiawan on Tue, 28th Apr 2009 13:04
  50. Saya kepingin sekali buat novel, saya sudah buat kerangka ceritanya, tapi saya belum sempet baca-baca novel yang berkualitas, berarti benar saya harus baca dulu beberapa novel ya baru saya bisa buat novel sendiri

  51. hamidi on Tue, 28th Apr 2009 13:53
  52. mas jonru, baru hari ini saya membuka email saya, karena hari-hari yang cukup padat menyita saya untuk emncek kiriman email mas jonru, tentu terima kasih atas balasan mas jonru buat permintaan saya belajar menulis gratis, sungguh ini sebuah anugrah saya dapat belajar dan mendapat guru untuk memahami bagaimana dunia tulis menulis, saya amat merasakan betapa sulit untuk mebuat sebauah tulisan agar dapat mudah dipahami orang dan saya sendiri buka orang yang paham tentang apa itu alenia, paragraf ataupun dimana diantara paragraf tersebut sebagai sumber ide dan dimana pula diantara paragraf tersebut yang dapat merepresentasikan dari pusat ide sehingga terjadinya jalinan demi jalinan sebuah kisah atau cerita yang memiliki kekauatan magnit bagi pembacanya. memang ide sering bergulir begitu deras dan kakdang-kadang aku pengen mengambil pen dan buku tulis tapi begitu sampai sudah ditangan pen dan buku tulis, apa yang hendak aku tuangkan semua yang menjadi ide dan inspirasi tadi hilang, pupus seperti kering tidak ada yang perlu kutuliskan dan akhirnya tulisan ku yang berlembar tadi hanya masuk kerangjang sampah aja , nah aku sekarang menuliskannya harus dari mana memulainya,aku misalnya tertarik untuk memaparkan tentang bagaimana mengatasi kesulitan makan pada anak pada usia 6 bulan samapai dengan usia 5 tahun. tapi aku tidak tahu harus darimana, aku juga pakah harus meamparkan semua teori2 yang sudah disampaikan oleh penulis -penulis yang terbilang pakar dibidang gizi , nah jika kubayangkan lagi apa aku mampu nanti menjelaskan padahal aku, bukan pakar tentang masalah makan anak apakah piran seperti masih lazim yang membuat kita jadi tidak berani menulis apapun, mohon mas jonru beri aku saran memulai tugas menulis ini, tentu ucapan terima kasih atas pencerahan ini, tering salam dan doa mas jonru selalu sehat daan keberkakhan dari allah SWT. amin

  53. chE on Fri, 1st May 2009 10:18
  54. yahoooooooooooooo……….
    makacih y insaallah Q bza rajin coz mnulis tUch ngEb0zEnin sEch trUz 9mna cra nya bUt Q jdi rAjin gtU c0z a9x ssAh

  55. cheptie on Sat, 2nd May 2009 15:51
  56. @cHe Said

    MenurUt Aq, Jadi PenuLis Itu Gak Tergantung rajin atau malesnya, buddy..

    Tapi Dari Niat..

    pokoknya, KAlo Udah Niatnya Kuat Bgt, MEnulis Merupakan jadi kebutuhan !!

  57. tamtam on Mon, 11th May 2009 9:38
  58. kemarin Q liat Kucing mati di tengah Jalan…………….. Apa perlu ditulis juga? ,,,,,,,,,,,,

  59. arie marliah on Thu, 14th May 2009 16:50
  60. wah…se7 bgt tu pak…ala bisa karna biasa,he..he…
    smoga qt smua bisa jd penulis yang sukses, amin….ALLAHU AKBAR!!!!

  61. Viena NeLLa R on Sat, 23rd May 2009 17:14
  62. hemh. . giTu iiah . . ?? ea..Vie ucaPind Thanx atas saRan’y.. !!! ntaR Vie coBa Dexh.. !! Baca nZ nuLis !! a..ami..in.. iah Yepz sMu6a sUatu saad nanTi seTeLah saRan’y d’coba Vie bsa seheBat AnDRea hiRata bahKan Stephen King… !! hhe*

  63. rose on Mon, 8th Jun 2009 4:54
  64. aq pgen bgt bs buat suatu tulisan t2g suatu hal yg sedang lg mrak2x d britakan,,bukan pgen nulis buku cm pgen bgimna cra membuat suatua opini dgn suatu hal dgn yg lg mrak d bicarakan,,tlg ksi saran om

  65. Lily Sugiharti on Tue, 23rd Jun 2009 11:31
  66. Bua ..nyak terima kasih pak Jonru, ebook bapak sangat berarti buat saya, udah begitu gratis lagi. Terus terang saat ini yang gratis2 memang lagi jadi kesukaan saya. Tulisan-tulisan pak Jonru sangat inspiratif sehingga membuka wawasan bagi orang awam seperti saya. Semoga semua ini menjadi amal kebajikan bagi bapak. Amin ….

    [...] Untuk melatih diri membuat tulisan yang menarik dan berkesan, caranya adalah dengan banyak berlatih dan banyak membaca. Info selengkapnya dapat Mey baca di sini. [...]

  67. Lily Multatuliana on Thu, 9th Jul 2009 10:14
  68. tq Bang Jonru…
    saya melatih menulis dengan sering2 memberi komen di postingan teman2 yang saya baca sebagi input saya dan memposting kegiatan sehari hari di blog saya…
    sampai ada yang berkomentar komen saya seperti cerpen karena kepanjangan….
    mudah2an suatu saat saya bisa menulis dengan serius dan di sukai banyak orang….aminnn….

  69. nurhasan on Thu, 9th Jul 2009 15:40
  70. Kiat-kiat menulis yang telah mas Jonru jabarkan dalam artikel diatas sudah saya coba dengan menulis di blog saya. Kalau mas tak keberatan, sudikah untuk tengok apa yang telah saya tulis itu dan minta koreksi juga sarannya. Tapi gratis ya mas…:)

  71. novi on Sun, 12th Jul 2009 15:06
  72. dari dulu aku udah coba bikin novel tapi belum ada yang selesai. kata temen-temen c… bagus banget dan menyuruh saya tetap menulis tapi ragu…
    keahlian saya sudah tumpul nih

  73. cerpen pembangun jiwa on Tue, 14th Jul 2009 20:39
  74. Makasih atas info dan artikelnya,saya sangat terbantu sekali oh ya,saya punya sebuah cerpen yang saya postingkan di sini mohon saran dan komentarnya,trims

  75. Jago Dreaming on Wed, 15th Jul 2009 1:41
  76. Top markotop.. Bermanfaat!! Keep Posting Gan!

  77. jangdede on Sun, 26th Jul 2009 20:07
  78. kalo novel mengenai romantika dan logika gimana cara setting alurnya?

  79. zundi katulistiwa on Thu, 6th Aug 2009 16:14
  80. emh nasihat serupa pernah saya dapt juga dari sorang ahli HUKUM semasa sma, awalnya saya agk kurang yakin tapi ttp saya lakukan nsihatnya.. dan membuahkan hasil. permasalhannya, tulsan saya jadi sprti tidak punya arah atw segaa dibahs dengan berbagai gaya bercerita.. bapak bisa cek di tulisan2 saya di blog baik itu artikl kisah twsiah bahkan cepn da puisi (saya mohon di cek ya pak saya minta penilaiannya). lalu solusinya gmn pak ?

  81. demar on Fri, 7th Aug 2009 13:40
  82. Saya punya kisah yang sangat menarik dan bisa memotivasi kepada generasi muda yang akan datang, sangat bagus kalau dibuatkan novel. akan tetapi cara menulisnya agak susah , mohon bantuan cara menulis novel yang menarik di baca.
    Terima kasih atas bantuanya

  83. jangdede on Sun, 9th Aug 2009 17:48
  84. logika dan romantikanya gimana?
    butuh cepet nie…!

  85. mickey on Wed, 19th Aug 2009 9:48
  86. gimana ya ?
    aku bigung jika ku gubah jadi cerpen.
    tapi ide nya bagus and yahuuud.
    trimz

  87. Rozzie99 on Mon, 31st Aug 2009 21:38
  88. Wah tulisanku koQ ga’ bagus bagus ya>??? ^_^
    :) :)

    http://rozzie99.wordpress.com

  89. sofy on Wed, 9th Sep 2009 20:33
  90. Makasih YaW…..SoAlnYa DaRi Dluowwww DCba G MnrK ma CKli….ChaaaaaaaaYoooooowwwwwww teruz berjuang… ^_^ :D

  91. mae on Sat, 26th Sep 2009 14:39
  92. saya senang menulis, saya sudah pnya bayangan buat novel, tapi ide yang mncul cuma adanya pas bagian tengah dan akhir cerita, sy plg sulit mmbwt bagian awalnya, bgmn ya pa solusinya….

  93. pemudi on Mon, 28th Sep 2009 11:13
  94. Rasanya menulis sudah menjadi surga dunia buat saya. Ya, kadang kita menemukan hal baru di dunia kita sendiri, tapi dengan cepat kita akan menguasai segalanya dan bosan. Saat-saat seperti itulah keinginan menulis seperti meletus DUAR DUAR dari dalam diri, dan saya langsung ngacir ke meja ambil buku sama pensil atau pulpen dan… menulis!! Apapun yang saya tulis seolah-olah membuat dunia yang sya tempati ‘molor’… Rasanya dunia semakin melebar… ^^

  95. Si Matre on Fri, 9th Oct 2009 14:06
  96. $_$ bagaimana ya supaya karya tulis kita bisa menghasilkan uang?..pertama harus di publikasikan ke mana??

  97. ganesha on Mon, 12th Oct 2009 19:48
  98. makasih yaaa :)

  99. Harna on Mon, 9th Nov 2009 14:50
  100. Barang Siapa Menulis, Ia Membaca Dua Kali…

  101. m_kani on Thu, 12th Nov 2009 17:10
  102. OKE LAH HARI INI AQ AKAN NULIS AJA SOALNYA TULISAN ITU LAKU LHO,,,,!!!! COBA AJA DEH,,,!! KALAU TAK CAYA ,,,

  103. ledz on Sun, 22nd Nov 2009 23:37
  104. Bener banged…
    emang untuk bisa nulis, ya caranya nulis, trus nulis ma membaca adalah satu kesatuan yang gak bisa dipisahin.
    mo nanya…untuk menulis butuh fatner gak pak?

  105. Jonru on Mon, 23rd Nov 2009 8:07
  106. @Ledz: Ya tergantung apa yang ditulis. Tapi secara umum, tak perlulah :)
    Btw ini maksudnya partner buat nulis bareng kan? Bukan untuk pekerjaan lain?
    Kalau yang dimaksud adalah orang yang akan mengedit tulisan kita, ya itu tugas editor. Tak perlu berpartner.

  107. margared on Sun, 29th Nov 2009 0:56
  108. Dear Bang Jonru,

    Sebelumnya trims udah mau baca comment saya. Ide, alur, dan konsep cerita untuk membuat novel telah lama ada dalam benak saya. Tapi karena kesibukan lain, saya masih kurang banyak baca novel, sehingga masih belum pede untuk nulis sendiri. Di samping itu, saya justru banyak terinspirasi dari film, atau novel yang difilmkan. Nah, pertanyaan saya, bagaimana kiat2nya kalau seseorang, misalnya saya, lebih suka mencari inspirasi dari film?

    Trims sebelum dan sesudahnya yah mas.
    Sukses terus.

  109. Jonru on Sun, 29th Nov 2009 16:49
  110. @margared: Ide dari mana saja, tak masalah. Termasuk dari film. Cuma perlu kita sadari, film dan novel punya “dunia” yang berbeda. Karena itu, cara penggarapannya pun berbeda. Jadi walau Margared suka cari ide dari film, tetapi “model”-nya harus dari novel. Dengan kata lain, membaca novel itu sangat perlu. Kesibukan bukan alasan. Sebab bila Margared benar-benar serius ingin menjadi penulis novel yang sukses, seharusnya Margared juga benar-benar serius dalam menyediakan waktu khusus untuk membaca novel.
    Salam sukses ya :)

    [...] 3: Kualitas Tulisan Anda ingin membuat tulisan yang benar-benar bagus, menarik, dan menggugah perasaan para pembaca. Anda tidak ingin membuat tulisan yang standar bahkan jelek. Maka ketika menulis, Anda dihantui [...]

  111. pyan on Fri, 11th Dec 2009 21:12
  112. thanks ilmunya massss

  113. pirl on Thu, 31st Dec 2009 10:19
  114. bener!!!!!!!!
    membaca n menulis maka hasilnya adalah sukses.
    tetapi bagaimana cara mengatasi kalau pada saat kita sedang menulis kemudian timbul rasa MALAS????

  115. jonru on Thu, 31st Dec 2009 11:15
  116. @pirl: coba baca kiatnya di sini

  117. Pemburu Impian on Sun, 3rd Jan 2010 11:53
  118. Assalamualaikum & salam kenal dari saya,

    saya dapati blog ini sungguh sesuai dengan impian saya.

    InsyaAllah akan sering berkunjung ke mari

    salam ceria & inspirasi

    pray hard work smart

    assalamamualaikum

  119. emuld on Mon, 4th Jan 2010 16:19
  120. apakah dengan membaca kita pasti bisa?

  121. emuld on Mon, 4th Jan 2010 16:42
  122. saya tertarik dari sejarah khidupan saya,dan saya ingin menulis dan membuat novel namun saya harus memulainya dengan cara apa?
    bingung……
    namun inspirasi tetap berjalan,aku terkendala dengan tekhnik menulis…

  123. selvia ratnasari on Wed, 6th Jan 2010 10:55
  124. Thanks ya… bwat sarannya kak !Say memang baru pertama kali ini ingin mencoba membuat novel.Doain agar novel saya nanti bisa diterbitkan….

  125. selvia ratnasari on Wed, 6th Jan 2010 10:56
  126. Thanks ya… bwat sarannya kak !Saya memang baru pertama kali ini ingin mencoba membuat novel.Doain agar novel saya nanti bisa diterbitkan….

  127. Icha on Fri, 8th Jan 2010 19:40
  128. kak, saya butuh bantuan nih..lagi bikin novel tapi suka bingung kalau lagi nulis jalan ceritanya… suka pusing mikirin pembagian babnya… emang harus pake bab yah??

  129. jonru on Fri, 8th Jan 2010 20:47
  130. @Icha: Menulis – apalagi fiksi seperti novel – adalah masalah seni dan kreativitas. Tak ada aturan harus pakai bab dst. Selama ini banyak novel pakai bab, itu sekadar kecenderungan umum saja, dan lebih bersifat teknis. Maksudnya, agar lebih mudah dibaca, agar tersusun rapi dst.

    Karena itu, Icha tak perlu repot-repot mikirin bab. Tulis saja sesuai passion Icha. Pembagian babnya dibuat seperti apa, itu semua terserah Icha. Tak ada aturan apapun dalam hal ini. Yang penting Novel Icha tetap menarik, indah (karena novel adalah karya seni), dan mudah dipahami).

    Salam sukses ya!

  131. Icha on Sat, 9th Jan 2010 12:40
  132. ok deh kak..thanks yah atas bantuannya..
    doain novelnya jadi dan bisa di terbitkan..
    hhe :D

  133. linda Kusumadewi on Mon, 18th Jan 2010 13:04
  134. aq mau jp pengarang novel yg hebat

  135. Sukedone ferdinant on Sat, 23rd Jan 2010 16:29
  136. makasih atas tipsnya. skarang saya jadi punya semangat baru untuk berkreasi lagi setelah fakum, karena novel saya yang dulu terlalu biasa.
    ternyata inspirasi itu bisa datang dari mana saja ya, yang penting kita selalu optimis dan mau belajar bukan?

  137. Cah Shalihah on Mon, 25th Jan 2010 17:17
  138. Aku sedang belajar menlis…. rencana mau ku publsh menjadi sebuah buku…. semoga bisa buat jadi 1 buku…

  139. re-saintazkiya on Wed, 27th Jan 2010 16:00
  140. Setuju… Tapi aku pingin ada yang menulis tentang cara2 lain yang lebih spesifik nih

  141. febby frischa nanda on Tue, 16th Feb 2010 19:05
  142. sipzz..,saiia sudah lama menulis..,malah sudah 4 novel saiia selesaikan tapi saiia belum berani masarin nya coz masih banyak kekurangan nya..

  143. icon on Wed, 24th Feb 2010 10:19
  144. Ooo…
    Jadi kalo saya sukanya baca novel pembunuhan & psikopat, maka saya akan dapat membuat novel seperti itu???

  145. arifabdurrachman on Wed, 24th Feb 2010 17:21
  146. tolong kirimi kiat ini ke e mail saya dan kiat yang lain!!!!! please

  147. riz on Sat, 6th Mar 2010 1:32
  148. Akhir-akhir ini keinginanku untuk memulai dalam kegiatan menulis benar-benar mendominan dari pada yang lain, terutama ketika beberapa guru dan teman berkata lebih baik aku menjadi penulis, seperti novelis,dsb.

    Oh ya, akhir-akhir ini kan banyak sekali novel yang bertuliskan “real story” dan menyandang status best seller muncul kepermukaan. Jadi sy mau nanya, sebenarnya apa novel yang berdasarkan kisah nyata itu lebih “menarik” dari yang 100% fiksi? Lebih baik menulis yang kisah nyata atau yang 100%fiksi ya? terutama bagi para pemula?

    READ, WRITE AND IMAGINE !

  149. abitovik on Thu, 11th Mar 2010 12:57
  150. awalnya saya malu bila tulisan dan inspirasi serta luapan ide saya dibaca orang lain… terkadang kumpulan puisi begitu rapi sy sembunyikan…. lantas saya sadar bahwa sesungguhnya saya hanyalah penakut akan kritikan dan cacian dr orang lain.
    Saya Sadar Cacian itu tidak merugikan
    Saya Sadar Kritikan itu tak melukai badan
    Saya Sadar semakin banyak tanggapan semakin saya jadi pintar
    PINTAR UNTUK MENULIS dan besok Mei insya Allah terbitlah karya saya
    Novel Kisah nyata LAYANG-LAYANG KEMBALILAH PULANG yg akan diterbitkan Tiga Serangkai Solo

  151. Rianty on Thu, 11th Mar 2010 14:44
  152. hMmp….
    ny0ba ahhhh…….!!!
    sMangat-smangat….!!

  153. Prasetyo on Sat, 13th Mar 2010 16:08
  154. Thanks atas informasinya

  155. syika on Thu, 18th Mar 2010 12:24
  156. mga ja q bisa.

  157. iqbal rafsanjani on Mon, 22nd Mar 2010 9:01
  158. menurut saya masukan dari bapak sangat bagus
    saya akan mencoba nya malahan akan saya praktek kan
    tapi bagaimana cara agar mood kita slalu terjaga
    kadang kadang menulis juga bisa membuat membosan kan karena saya masih pemula

  159. Jonru on Mon, 22nd Mar 2010 10:07
  160. @Iqbal: mood memang harus dilawan, jangan dituruti. Coba baca artike yang ini: http://www.jonru.net/kiat-mengatasi-penyakit-malas-menulis

  161. mundo on Fri, 26th Mar 2010 15:08
  162. apakah menulis itu susunan kalimatnya /kata harus bisa ditranslate ke bhs lain dan sesuai ?

  163. ellyn on Thu, 1st Apr 2010 11:36
  164. betul bng yha…

  165. dytaa on Mon, 12th Apr 2010 23:03
  166. Pak Jonru,. aku msh puyenkk mslah kata2 yg baku ,n’ rumit dalam menulis cerpen. yaaa, contohnya ky ” guratan wajah, bersemayang dll”
    apa kata2 seperti itu hrus dlam pnulisan cerpen?
    kalo gak pake, apa pembaca akan tertarik?
    bagaimana blajar memakai dan mengerti bahasa sperti itu pak?

    - tolong dibalas yaa coment ku ini -
    (ak mohon)..

  167. dytaa on Mon, 12th Apr 2010 23:06
  168. Pak Jonru,. aku msh puyenkk mslah kata2 yg baku ,n’ rumit dalam menulis cerpen. yaaa, contohnya ky ” guratan wajah, bersemayang dll”
    apa kata2 seperti itu hrus dlam pnulisan cerpen?
    kalo gak pake, apa pembaca akan tertarik?
    bagaimana blajar memakai dan mengerti bahasa sperti itu pak?

    - tolong dibalas yaa coment ku ini -
    (ak mohon)..

  169. jonru on Tue, 13th Apr 2010 6:36
  170. @dytaa: Pertanyaan anda sudah saya jawab di http://www.facebook.com/jonru.page

  171. aisha on Tue, 13th Apr 2010 20:02
  172. saya ingin membuat novel,tpi masalahnya dimana saya harus post novel sya untuk dipelengkapkan lagi???

  173. Yasmin on Sun, 18th Apr 2010 20:28
  174. Mkasih ya!!
    Saya tidak akan berhenti untuk berlatih,,..
    menulis..
    menulis..
    menulis…
    :D

  175. ifdal on Sat, 24th Apr 2010 17:48
  176. smoga saya bisa jadi penulis :)
    nais inpo mas. tengkiw

  177. wong imutd on Wed, 28th Apr 2010 13:48
  178. oke jg thuh… :) ::B)

  179. aroelika on Fri, 30th Apr 2010 21:40
  180. apakah benar, membangkitkan alam dibawah sadar, bisa membuat kita menjadi seperti Patih Gadjah Mada ?

    [...] Jawabannya ada di sini. [...]

  181. susanto on Fri, 14th May 2010 0:33
  182. wah tips yang bagus tuh bang, buat newbe seperti saya, klu boleh saya mau tukeran link dong bang, supaya saya bisa banyak belajar lagi dari abang, saya tunggu ya… :)

  183. Elfin Hikmawan Mukti on Thu, 20th May 2010 8:39
  184. thank atas sarannya……! aku akan mencoba untuk membuatnya……!

  185. eyiezh on Fri, 21st May 2010 10:27
  186. huMMMmmm . .okkeh tuch!!
    berlatih dan terus berlatih . .
    kalo msh gagal cobba terush ,,
    cz org bijak bilang “KEGAGALAN ADALAH KEBERHASILAN YANG TERTUNDA”
    :)

  187. julian on Sun, 23rd May 2010 0:32
  188. aku ingin sekali mengabadikan kisah nyata kakeku. tapi aku tak bisa menumpahkan cerita itu kedalam tulisan, aku tak ingin kisah ini hanya berakhir di ingatanku. cerita ini warisan dari kakeku yang sangat berharga. kisah cinta selama hidupnya. aku beri judul CINTA DI AKHIR PENJAJAHAN. sempat aku coba buat tapi gak ada bagus2nya sama sekali. bisa kasih solusi gak pak…terima kasih.

  189. jonru on Sun, 23rd May 2010 8:52
  190. @Julian: Ya silahkan langsung ditulis saja
    Kiat menulisnya banyak terdapat di blog ini.

  191. riri on Sun, 30th May 2010 14:34
  192. aku udah beberapa kali coba nulis novel . kata ortu sih bagus . tp gak tau kenapa, aku sering ngerasa ada yang kurang . entah itu dari bahasa atau penokohan atau juga penempatan situasi . gimana cara ngatasinnya ya ???? .
    thx before ….

  193. jonru on Mon, 31st May 2010 10:08
  194. @Riri: Coba rajin membaca novel2 yang bagus, juga terus berlatih menulis. Bila memungkinkan, coba tanya pada teman yang lebih tahu, di mana letak kekurangan novel tsb dan bagaimana cara mengatasinya. Salam sukses ya!

  195. ardianto ape on Fri, 25th Jun 2010 9:12
  196. oke! thanks… saat ini sy lagi menggeluti dunia tulis-menulis. Yang penting, sukses nya sebagai penulis, itu tergantung kita sendiri. Yang istiqomah, itu lah yang akan berhasil. Doakan ya? moga novel ku cpet jadi

  197. Iwan on Mon, 28th Jun 2010 6:20
  198. Syukron masukannya ilmunya,
    kalau buat pemula yg sama sekali belum pernah menulis bagaimana kiatnya, butuh berapa lama menjadi seorang penulis yang proposional…?

  199. Ridwan | blog tips-pria on Mon, 28th Jun 2010 6:22
  200. ya tuch sama aq juga kalau buat pemula yg sama sekali belum pernah menulis bagaimana kiatnya…?

  201. klikwan on Mon, 28th Jun 2010 6:24
  202. Thank atas ilmunya akan saya coba praktekan,,sukses terus..salam kenal

  203. Ridwan | Panduan Cara Buat Ebook on Mon, 28th Jun 2010 6:27
  204. ” Ikatlah ilmu dengan menuliskannya ” begitulah pepatah mengatakan,,,jadi dengan terjun ke dunia tulis-menulis smoga kita bisa menuliskan ilmu yang kita dapatkan agar tidak lupa atau hilang….trimakasih atas infonya salam kenal…

  205. amintea on Wed, 30th Jun 2010 21:08
  206. Izin copy.. Untuk saya tampilkan di web saya ..
    Terima kasih ..

  207. Jonru on Thu, 1st Jul 2010 8:35
  208. @Amintea: Silahkan, tapi mohon sebutkan sumbernya ya :)

  209. chu on Thu, 8th Jul 2010 20:16
  210. siipp likee this makasih bang tips nya moga-moga bermanfaat bagi saya dan orang lain :))) amin… :))

  211. Tias on Sat, 10th Jul 2010 13:22
  212. Sejak SMP aku menulis, aku ingin menjadi penulis terkenal..tapi tulisanku selalu formal dan trelalu monoton, bnyak yang komentar butuh polesan lbih buat tulisanku… aku berusaha semaksimal mungkin… sudah ada perubahan tapi perubahan itu tak jauh dari awal…
    bagaimana ya biar aku bisa berkembang..
    makasih

  213. Jonru on Sun, 11th Jul 2010 7:27
  214. @Tias: “Bagaimana biar bisa berkembang?”
    Jawabannya ada pada tulisan di atas. Coba baca lagi dengan cermat ya :)

  215. al inay on Thu, 15th Jul 2010 15:01
  216. pak jonru, sebuah pencerahan bagi saya bisa menemukan page ini karena saya sedang mengalami buntu dalam menulis. rencananya saya ingin mengikuti sebuah kompetisi menulis novel. banyak sekali ide di dalam otak saya, namun mengapa jadi tidak indah ketika saya pindahkan ke dalam kata-kata? bahkan terkadang saya kehilangan kata untuk menyampaikannya.
    terus terang saja saya sering sekali manjuarai lomba menulis puisi, bahkan cerpen.
    tapi untuk membuat novel rasanya saya tak pernah berhasil. padahal saya seorang remaja yang suka sekali membaca buku jenis apapun.
    maka dari itu saya mohon saran dan tips bapak. jawaban bapak saya tunggu.
    mohon kiranya untuk membalas ke alamat email saya, terima kasih banyak.

  217. Jonru on Thu, 15th Jul 2010 17:22
  218. @al inay: Mungkin Anda memang cocoknya di penulisan cerpen dan puisi.
    Jadi coba fokus di sana ya :)

  219. rere on Fri, 23rd Jul 2010 11:22
  220. menulis tapi untuk menghasilkan tulisan yang bagus dan berkarakter itu bagaimana?

  221. hilman muhamad hidayat firdaus on Thu, 5th Aug 2010 21:04
  222. aku ingin nerbitkan karya saya giman cara nya dan harus kemana mngirim kan nya?????soga bisa di tanggapi………..

  223. hilman muhamad hidayat firdaus on Thu, 5th Aug 2010 21:09
  224. saya punya karangan novel haru kmana kirim nya bagai mana cara nya???

  225. Jonru on Fri, 6th Aug 2010 22:08
  226. Jonru on Fri, 6th Aug 2010 22:09
  227. gaiya on Thu, 12th Aug 2010 23:37
  228. buku adalah jendela dunia, penulis adalah tukang kayu, tanpa penulis jendela taakan terbuat. hidup penulissss…!!!!!

  229. juli. on Sat, 14th Aug 2010 19:36
  230. tak bisa membaca,berarti tak bisa menulis..
    itu satu quote yang slalu tergiang di sekitaran otak saya..
    punya makna yang dalam sekali..pastinya para penulis cukup paham bukan maksud rari quote itu :D

  231. wahyu nurudin on Wed, 18th Aug 2010 7:42
  232. jadi tinggal jam terbang ya?
    tapi gimana mengukur peningkatannya?

  233. Jonru on Wed, 18th Aug 2010 10:09
  234. @wahyu: Tak perlu diukur. Jalani saja apa adanya.

  235. Heidy on Wed, 18th Aug 2010 18:50
  236. Pak Jonru,,,
    saya sudah tulis beberapa karya tapi selalu saya buang klo tokoh atau ceritanya mirip-mirip film yang baru keluar,,,gak di terusin lagi. gmn menurut bapak klo smuanya ide saya didapat lewat mimpi, jadi saya mimpi ttg suatu cerita sampe endingnya,,kayak nonton film. Kesulitan saya gak tau membahasakannya…

  237. nita maediana on Mon, 23rd Aug 2010 20:41
  238. menulissssss ajaaa yg aqu perlukan dan membacaaa

  239. agus on Fri, 3rd Sep 2010 10:21
  240. saya sudah buat sebuah novel
    ceritanya tentang seorang cewek tomboy,gokil,tapi pemalas.suatu hari akan diadakan perlombaan musicaldi sekolahx tiba2 dia bertemu dengan seorang pria tampan,manispokokx cool deh, yang jg ikut dalam lomba tsb .tentux dirsa ertarik kepada pria ini.
    sampe2 dia berubah 100 persen dari sifatx tsb dan maumenuruti apa kata pria itu. shabatx yg bernama riodan ana pun menasehatix tetapi dia tidk mau mendengar malah dita lebih memilih ikut dengan pria tsb kejakarta dan meninggalkan sekolah,sahabat,bahkan ibux yg sakit-sakitan.
    setelah tinggal di jakarta selama 7bulan sahabatx kawatir dan pergi mencarinya kejakarta. walaupun mereka tidak tau tempatx setelah menemukan dita rio n ana mangajakx pulang ke kampung tetapi dia tidak mau.
    suatu hari dita diajak kesebuah penghinapa oleh pria itu, tetapi pria itu mamperkosa dita dan akhirx hamil setelah mendapat kabar dari sahabatx bahwa ibux maninggal diapun menyesali perbuatanx itu…………………………………………………………………………

  241. agus on Fri, 3rd Sep 2010 10:26
  242. nambahin lagi nih bagaimana cara kirim novel ke penerbit saya tidak tau karna baru kali ini saya tulis sebuah novel tolong bantu
    please law ada kirim ke email saya
    anakgokilxgp@yahoo.co.id

  243. debdebbby on Wed, 15th Sep 2010 18:54
  244. menurut anda penerbit apa yang bagus untuk dijadikan penerbit novel saya, dan juga apa sih persyaratan yang biasa diajukan oleh penerbit ? terima kasih…. :-)

  245. annisa on Tue, 21st Sep 2010 12:53
  246. sudah belajar buat bisa menulis tapi masih saja tulisan itu masih sangat sederhana….gmn ya caranya biar tulisan kita 2 penuh arti baik buat kita maupun untuk orang lain????

  247. Asih Suwarsy on Tue, 28th Sep 2010 18:47
  248. Mas, saya suka menulis cerita. Sudah banyak cerpen yang saya buat tapi belum ada yang saya kirim ke penerbit. Saya merasa tidak percaya diri dengan kualitas tulisan yang saya buat. Biasanya setelah karangan saya selesai saya membacanya berulang-ulang. Lama-lama saya merasa tulisan saya makin banyak kekurangannya. Akhirnya sampai sekarang tidak ada satupun hasil karya yang saya buat saya kirim ke penerbit. Mohon sarannya. Thanks.

  249. Rizky on Fri, 8th Oct 2010 8:55
  250. ass. pak
    saya mau tanya gimana caranya buat terbitin novel karya saya n gimana caranya buat tau apa novel saya udah layak terbit apa belum????
    makasih…….

  251. Rizky on Fri, 8th Oct 2010 9:11
  252. ass.pak
    saya mau tanya gimana caranya buat nerbitin novel karya saya n gimana caranya buat cari tau apa novel saya bgus n layak terbit apa gk???

    makasih

  253. noval on Sat, 9th Oct 2010 20:56
  254. ahaha bisa gk ™ ©

  255. kabutsore on Tue, 26th Oct 2010 14:03
  256. Terima kasih buat tips-nya, saya akan coba menerapkannya. Tapi, bagaimana caranya biar saya bisa memiliki kreativitas sendiri tanpa harus menjadi “plagiat” ?? karena kalo kita membaca terus menulis, saya takut yang saya tulis ya apa yg saya baca tanpa bisa menulis dengan bahasa saya sendiri. Tolong dikasih tips-nya juga ya pak?? Terima kasih.

  257. Jonru on Wed, 27th Oct 2010 7:04
  258. @Kabutsore: Kalau kita terpengaruh oleh tulisan orang lain, itu hal yang sangat biasa dan tak perlu dirisaukan. Dan itu namanya bukan plagiat. Plagiat adalah ketika kita mengakui karya orang lain sebagai karya kita sendiri. Salam sukses ya!

  259. Lukisan Minimalis on Mon, 29th Nov 2010 20:58
  260. bagi yg hobi ya mudah ya menulis itu,, tapi bg saya baru belajar2 buat menulis,, susah juga’ krn gak terbiasa menulis, padahal saya suka baca,,, salam Sukses dari dari penjual Lukisan Termurah :)

  261. Nawang on Fri, 10th Dec 2010 20:08
  262. Saya suka banget menulis novel pak. malah hampir tiap hari saya buat novel. karena itu adalah hoby saya dari kelas 6. Tapi sekarang saya agak malas buat novel. karena tetap saja novel saya sedikit banget orang yang baca.
    Apakah saya harus tetap menulis novel meskipun yang baca sedikit ataupun saya berhenti membuat novel ?

  263. Jonru on Fri, 10th Dec 2010 20:29
  264. @Nawang: Kalau sedikit yang baca novel anda, maka yang seharusnya dilakukan adalah berusaha gimana caranya agar makin banyak yang baca. Bisa dengan meningkatkan promosi, dst.

  265. ietha on Sun, 19th Dec 2010 9:16
  266. saya suka banget nulis novel tapi kenapa saya selalu bingung membuat awal cerita “a dan ending nya gimana ?

    tolong bantu saya pakkk

  267. Sayidina on Tue, 21st Dec 2010 9:34
  268. Bagus pak artikelnya.saya jadi mengerti.
    terimakasih ya pak ! : sayidina.

  269. revan on Wed, 22nd Dec 2010 20:16
  270. iya ne h ..lg pusing gimana caranya buat novel ..
    pengen yg bener” menyentuh ..tp takut jd kacau ,….
    ga percaya diri neh ..

  271. muhammad rinal astaghfirully on Sun, 9th Jan 2011 21:59
  272. saya selama kuliah tiap tahun menyelesaikan buku harian yang saya ,yang hampir tiap hari saya tulis , tulis baru berhenti setelah kuliah, karena banyaknya kesibukan, namun dari dulu saya ingin bercita-cita suatu hari ingin menerbitkan sebuah novel , tapi sampai hari ini saya masih belum bisa, kadang inspirasi dan kejenuhan sering hinggap, bagaimana menurut anda, agar saya bisa mewujudkan mimpi saya itu?

  273. Jonru on Mon, 10th Jan 2011 9:04
  274. @Rinal: Satu-satunya cara untuk meraih apapun keinginan kita adalah ACTION.
    Kalau Rinai tidak melakukan apapun, lantas kapan impian menjadi penulis sukses tersebut akan bisa tercapai?
    Karena itu, langsung saja menulis sejak sekarang, jangan tunggu apapun.

    Sebagai bahan referensi, coba baca dua artikel berikut:

    - Maaf Saya Sibuk, Tak Sempat Menulis

    - Kapan Saat yang Tepat untuk Mulai Menulis?

  275. yuli on Mon, 17th Jan 2011 16:58
  276. saya mau tanya gimana caranya mau menerbitkan sebuah novel sya udah nulis n selesai gmna cara nya

  277. ijan on Wed, 19th Jan 2011 20:44
  278. itu impian saya. dari dulu. sejak saya mulai bisa membaca. insya Allah aku akan terapkan tips di atas…makasih tipsnya.. :D

  279. fajar on Thu, 20th Jan 2011 13:44
  280. sungguh membuat motivasi diriku untuk membuat novel semakin membara

  281. namakunoe on Sat, 22nd Jan 2011 11:47
  282. selamat pagi mas.
    sekarang saya sedang berusaha menulis novel. tapi novel yang saya inginkan tuh bukan novel yang menganut kata “lw” atau “w”.
    yang saya bingung kenapa setiap saya menulis, pasti selslu bertele-tele.
    solusinnya gimana yan mas

  283. Jonru on Sat, 22nd Jan 2011 14:57
  284. @namakunoe: Kalau tulisan Anda bertele-tele, maka coba belajar tentang cara membuat tulisan yang efektif.

    Cara jitunya:
    Misalkan tulisan Anda 15 halaman, lalu coba PAKSAKAN DIRI agar menjadi 10 atau 8 halaman saja, tanpa mengubah esensi naskahnya. Dengan cara ini, Anda akan terpacu dan kreatif untuk menghilangkan bagian2 yang tak terlalu penting.

    Selamat mencoba ya :)

  285. Nj_orpin on Mon, 24th Jan 2011 11:52
  286. makasih…. buat infonya… tapi kadang walaupun udah sering baca novel bahkan baca buku-buku mengali bakat menulis ,,, suka sulit untuk menuang kan cerita yang ada di pikiran ke tulisan…..suka.. mikir dulu… gimana nulisnya?.. solusinya gimana ni bang?????

  287. Jonru on Mon, 24th Jan 2011 14:14
  288. @Nj_orpin: Solusinya adalah “kiat menulis bebas”
    Coba baca di http://www.jonru.net/kiat-menulis-bebas-kiat-paling-jitu-agar-kita-selalu-lancar-menulis

  289. niezh bawelz on Tue, 25th Jan 2011 13:21
  290. UmMMz bOLeh Juga NIe Di Coba Soal nya aku ingin banget tulisan ku bagus …

  291. Muha on Thu, 17th Feb 2011 16:32
  292. hm…… saya ska mnulis n sringkali banyak pmikiran2 yg ingin saya tuangkan melalui coretan2 tinta, tapi kendala saya, dan mungkin juga kendala yang lain(pemula), yaitu cara memilih dan memilah tulisan yang akan kita tuangkan.
    ex : Saya pnya ide2 tulisan yang bertema DUNIA, ktika saya muali menulis…..maka akan banyak sekali pmikiran2 lain yang bercampur dan akhirnya adalah hasil tulisan yang tak karuan yang mana tdk sesuai dengan tema yg pertama.
    Jadi disini, mungkin Bpk yang terhormat berkenan membantu kita2 (para yunior2 yang ingin seperti bapak) untuk memberitahu langkah2 pertama sebelum agar hasil tulisan kita terarah…n sblmx…thnks bgt atas tipsx…..

  293. dian alvaro on Fri, 25th Feb 2011 9:25
  294. Tulisan saya terkesan kaku, padahal saya ingin sekali menghasilkan karya tulis yang berkualitas… Mohon bimbingannya.

  295. fauziah ramadhani on Fri, 11th Mar 2011 19:08
  296. wah gimana ni caranya membangkitkan inspirasi kasi tau dong :) plisss :D plisss :’(

  297. fikol on Mon, 14th Mar 2011 17:46
  298. trimakasih atas petunjuknya……………..
    akan aku coba………………

  299. ida sulawati on Wed, 16th Mar 2011 16:06
  300. ada banyak ide dan bahan yang kadang telah tersusun dikepala., tetapi ketika akan memulai tuk menulis malah gak tau dari mana mengawalinya. Selama ini saya menuangkan sebagian apa yg saya rasa melalui catatan2 spt puisi.Alhamdulillah, smg Allah SWT memudahkan saya tuk memulai dari sini. Syukran sdh menginspirasi saya. Mohon bantuan dalam bentuk apapun, smg berkah dunia akhirat.

  301. Jonru on Wed, 16th Mar 2011 16:34
  302. @Ida: Amiin. Agar selalu lancar menulis, coba baca kiatnya di http://www.jonru.net/kiat-menulis-bebas-kiat-paling-jitu-agar-kita-selalu-lancar-menulis

  303. dinar on Tue, 29th Mar 2011 13:12
  304. tenks ya bang.
    walaupun tulisan saya memang agak sedikit gak karuan gitu tapi saya akan terrus barusaha untuk memperbaikinya sampai saya bisa mendapatkan tulisan yang menarik dan bisa di kagumi oleh banyak orang yang membacanya.

  305. akbar on Thu, 31st Mar 2011 16:58
  306. trima kasih aku akan menjadi penulis handal

  307. intan on Thu, 31st Mar 2011 19:43
  308. smga cpat bsa smuany ea, amiiin.

  309. intan on Thu, 31st Mar 2011 19:46
  310. smga ak bsa mnjdi pnulis trkenal

  311. salsa on Wed, 6th Apr 2011 18:54
  312. keren ya trik nya :)

  313. Eriansyah on Thu, 28th Apr 2011 12:00
  314. Menurut sy menulis itu gampang-gampang susah…
    padahal sy sering menulis puisi dan artikel

    tp untuk menulis sebuah novel kadang sy mengalami kesulitan menentukan arah tulisan sy layaknya novelis yg unggul mendesain kata-kata…apakah ini berkaitan dengan struktur kalimat yang memang sudah baku????sedangkan untuk sebuah puisi yg tdk terikat dg ketentuan ketentuan penulisan..

    tolong diberi arahan pak….

  315. lydia anggraini on Tue, 10th May 2011 17:37
  316. aku suka menulis berawal dari aku baca novel yang menyentuh di hati aku,..
    dari situ aku berkeinginana untuk menulis sebuah novel bagus, setidaknya bisa diterima di mata pembaca. amien

  317. kohar abdul on Fri, 13th May 2011 22:38
  318. Thx ia om….
    semangat…

  319. ardi santoso on Thu, 19th May 2011 18:39
  320. thanks

  321. ulfah on Mon, 30th May 2011 13:00
  322. Makasih banget tipsnya, aku pengen nyoba buat nulis. Dan aku juga pengen jadi penulis yang hebat. Aku bakal nyoba tips dari bapak. Sekali lagi makasih tips-tipsnya tentang cara menulis yang baik.^^

  323. syifa_y.saft on Wed, 8th Jun 2011 11:32
  324. bismillah, ikut nimbrung.ana ingin skali menulis krna bnyak ide yg trus mlambai” d otak ana..
    apkah bsa dbntu dgan solusi’a bgaimna rangkaian dan juga, untuk menyalurkan krya dri ana..
    Syukran, jazakillah .
    Afwan..

  325. Jonru on Wed, 8th Jun 2011 12:10
  326. @syifa_y.saft: Mulai menulis dan konsisten menulis, itu saja kok intinya :)

  327. fitrimahardika on Fri, 17th Jun 2011 23:18
  328. saaya ingin menjadi seorang penulis yang terkenal,tidak hanya di indonesia tapi juga di dunia.dan setelah menulis saya ingin berperan dalam tulisan saya yaitu menjadi seorang artis yang terkenal di dunia lewat karya sendiri,dan membawa nama indonesia.mungkin ini hanya mimpi tapi saya yakin bila ada kemauan pasti ada jalan.mudah-mudahan allah swt merestui keinginan saya.amin….

  329. Zein on Thu, 23rd Jun 2011 8:21
  330. salam bg,,,tulisan bertele-tele itu seperti apa?bukankah novel itu selalu bercerita lebih banyak?jadi semakin banyak yang kita ceritakan semakin bertele-tele kah?

  331. Jonru on Thu, 23rd Jun 2011 12:57
  332. @zein: bercerita banyak dan bertele2 adalah dua hal yang berbeda :)

  333. Faris Arifiansyah on Tue, 28th Jun 2011 20:14
  334. nice info… thx. :)

  335. restu on Fri, 8th Jul 2011 17:06
  336. Selamat Sore Mas Jonru, saya mau bertanya soal kursus menulis yang 9 minggu setelah saya daftar saya harus gimana> and
    Jujur sejak SMP saya sudah berminat tentang menulis.Tapi masalahnya saya selalu kehabisan kata kata di tengah jalan saat menulis.
    Intinya cerpen atau novel saya selalu gak pernah selesai, ceritanya selalu habis di tengah jalan.
    Gimana cara mengatasinya
    mohon infonya.
    terima kasih

  337. Jonru on Fri, 8th Jul 2011 17:16
  338. @restu: Thanks ya sudah bergabung. Newsletter “Pintar Menulis dalam 9 Minggu” adalah kiriman kiat2 menulis seminggu sekali selama 9 minggu. Karena itu, Anda cukup menunggu kiriman email tsb. Kalau ingin belajar menulis secara lebih mendalam agar segera menjadi penulis hebat, saran saya coba bergabung dengan Writers Academy. Info lengkap bisa dibaca di http://www.writersacademyindonesia.com.

    Salam sukses ya :)

  339. dirga on Thu, 14th Jul 2011 18:35
  340. bagai Mna Caranya Untuk Menarik Dan Luar Biasa …????

  341. guntur on Sun, 17th Jul 2011 11:41
  342. Salam kenal ya Mas Jon, semoga ini menjadi awal yang baik untuk sebuah episode pertemanan kita.
    Begini Mas Jon, sudah lama saya mencari-cari, kemana harus bertanya, mudah-mudahan saya yang kebetulan lewat disini bisa sekalian menemukan semua jawaban pertanyaan saya.
    Saya punya beberapa kisah, yang lebih banyak dari apa yang pernah saya alami, baik itu tentang cinta, petualangan, maupun keluarga dan ingin saya tuangkan dalam sebuah tulisan. Pertanyaannya :
    1. Kira-kira sebaiknya dalam bentuk tulisannya apa ya Mas, misalnya sebagai tokohnya adalah saya sendiri, bentuknya hanya seperti bercerita biasa atau dibuat sebagai orang lain (tokohnya).
    2. Misalnya alur ceritanya sudah jadi, katakanlah dari A – Z yang menceritakan mengenai seorang yang bernama Larasati, bagaimana cara membuat konflik konflik tambahan, atau mengurai ceritanya biar lebih menarik, dan lebih panjang. Karena pengennya sih kalau jam terbang saya baik di blog atau website sudah cukup, saya ingin naik tingkat ke penulisan buku, apalagi kalau ceritanya menarik. (hehehe mungkin gak ya…), karena nampaknya dengan berbaur dalam derap langkah yang ada di JONRU.NET, saya sudah mulai bisa melihat ada bias bias cahaya di ujung sana. Semoga saya bisa mendapat jawaban secepat dan segamblang mungkin.
    Sebelumnya terima kasih atas petunjuknya ya Mas Jon. (hehehe pertanyaannya kepanjangan)
    Viva buat jonru.net……

  343. celine on Fri, 22nd Jul 2011 14:41
  344. hmm..yuphzz

    aku baru latihan nulis nech..
    mohon pencerahannya dan visit my blog

    celinecerpenista.wordpress.com

    thank you….
    :)

    salam penulis…

  345. rajakhairul fadhli on Mon, 15th Aug 2011 20:29
  346. saya sering sekali membuat novel,cerpen dan sayang nya saya gak tau bagi mana cara memnerbitkannya hanya saja saya bisa membuat nya berupa buku yang di jilid sediri,,semuanya saya lakukan hanya unk mengingatkan kembali masa yang pernah saya lakukan,saya suka membuat novel semejak saya memebaca beberapa koleksi novel,yang menggugah hati sya,semenja smp saya sering mengalami hal2 yang aneh tapinyata,

  347. anggta priscillia on Tue, 16th Aug 2011 14:25
  348. trus klo udah jadi ,,kirimnya kemana???
    mksh

  349. sanz on Thu, 1st Sep 2011 22:14
  350. ass..pak Jonru selama ini pelatihannya di pulau Jawa terus. Kapan bisa ngadain pelatihan di Sumatera khususnya Bengkulu?
    trims

  351. Jonru on Sat, 3rd Sep 2011 5:40
  352. @sanz: Saya pernah mengisi pelatihan di Pekanbaru, Kendari, Pontianak dan Banjarmasin. Jadi tidak hanya di Jawa kan? Kalau Sanz punya teman EO yang siap bekerja sama atau mengundang saya, dipersilahkan :)

  353. mohd zamani on Wed, 14th Sep 2011 19:38
  354. Saya suka bercerita, setiap saat otak saya akan memikirkan jalan cerita, lagi2 setelah selesai melihat sebuah drama otak saya pantas memikirkan cerita yang lebih baik dari cerita saya lihat tadi.Satu kelemahan saya, saya tidak pandai memulakan sesebuah cerita dari penulisan, dan saya tidak pandai melukis apabila saya dapat idea untuk membuat satu cerita.Kadang-kdan cuba membuat jalan cerita untuk di beri kepada sesiapa, tetapi bila di fikir-fikirkan balik tiada mafaatnya memberi idea sendiri kepada orang lain.Sehingga sekarang saya menyimpan berpuluh jalan cerita dalam komputer saya untuk di jadikan sarang pada virus komputer ha.ha.ha. mungkin bukan rezeki untuk jadi penulis tapi harap-harap menjadi

  355. kamilin on Sun, 18th Sep 2011 6:08
  356. pak jonru sy ska saran anda tp gmn dong untuk jadi penulis yang baik? bagi y? soalnya sy ni sllu suli utk membuat tulisan mksi.

  357. Sheyla Rahma on Fri, 30th Sep 2011 17:01
  358. Pak, caranya agar ceita itu tidak monoton, penggunaan bahasa yang baik itu bagaimana??
    sudah mencoba menulis, tapi saya baca ceritanya itu kayak masih monoton gitu lho,, :)
    matus suwun pak,

  359. Jonru on Fri, 30th Sep 2011 17:10
  360. @Sheyla Rahma: Coba baca lagi artikel di atas ya. Di situ ada jawaban untuk pertanyaan Anda ini :)

  361. hadi on Wed, 5th Oct 2011 1:48
  362. apa semudah itu,oke akan saya terapkan tips dari anda.doakan ya !.
    Dan mohon kritik dan sarannya untuk mengembangkan blog saya http://penulis-indonesia.blogspot.com
    Terima kasih

  363. lyass on Thu, 6th Oct 2011 15:52
  364. i like it

  365. Heriani on Sat, 8th Oct 2011 9:59
  366. pak , apakah seorang mahasiswa kedokteran ataupun dokter bisa menjadi seorang penulis dengan kesibukannya yang begitu padat ?
    tolong sarannya / nasehatnya yah pak :)

  367. Jonru on Sat, 8th Oct 2011 11:18
  368. @Heriani: Bisa. Coba baca kiatnya di http://www.jonru.net/maaf-saya-sibuk-tak-sempat-menulis

  369. salsabil foxtrot on Sun, 9th Oct 2011 15:09
  370. pak, bisa nggak bantin aku bikin novel???????????
    soalnya aku mau coba-coba jadi novelis….

  371. Jonru on Mon, 10th Oct 2011 8:25
  372. @salsabil foxtrot: Coba bergabung di Writers Academy, agar belajarnya bisa lebih intensif ya :)

  373. opieajah on Tue, 1st Nov 2011 17:17
  374. thanks atas pncerahany”
    tapi saya belum yakin degan tulisan2 saya
    terutama puisi belum bisa menyentuh hati :(

  375. aeriska on Sun, 6th Nov 2011 21:54
  376. pak, saya mempunyai banyak ide cerita yang ingin saya tulis, tapi setiap kali saya mulai mencoba menuliskan nya, saya bingung sendiri memulai nya dari mana, menurut bapak bagaimana yang baik nya ?
    terima kasih atas jawaban nya

  377. Jonru on Mon, 7th Nov 2011 9:00
  378. @aeriska: Coba terapkan kiat menulis bebas. Baca penjelasan lengkapnya di http://www.jonru.net/kiat-menulis-bebas-kiat-paling-jitu-agar-kita-selalu-lancar-menulis

  379. bagus on Fri, 11th Nov 2011 15:59
  380. tq ya atas tips nya gw usahain , belajar dan membaca buku biar jadi seorang sastrawan …….

  381. nova_bumi on Sat, 17th Dec 2011 18:19
  382. siap……pokoknya menulis, menulis, dan menulis tak lupa juga membaca, membaca, dan membaca… . . . . . .thank’s untuk pengetahuannya.

  383. idha on Sat, 31st Dec 2011 23:34
  384. gimna tuh law kita sudah tulis novel tapi nggak tau dimana mau diterbitkan…tolong y d jawab

  385. Jonru on Sun, 1st Jan 2012 12:36
  386. serba serbi on Tue, 3rd Jan 2012 15:27
  387. makasih ya gan atas sharenya. sangat membantu, salam kenal

  388. jerawat on Sat, 14th Jan 2012 11:02
  389. maksih atas informasinya

  390. ma'rifach on Wed, 25th Jan 2012 18:26
  391. btul juga….aku coba deh tips2nya.terimakasih ya.

  392. Indri on Sat, 28th Jan 2012 18:23
  393. apakah anak kelas 7 SMP bisa mengikuti writers academy? Lalu bayarnya lewat apa?

  394. Jonru on Sat, 28th Jan 2012 19:58
  395. @Indri: Tentu bisa. Pembayaran bisa transfer lewat bank apa saja. Thanks ya :)

  396. fate on Mon, 30th Jan 2012 12:07
  397. haha, ya pasti tipsnya memang cuma dua itu saja :D

  398. gayuh gustia on Sun, 26th Feb 2012 23:13
  399. setuju banget sama tulisannya.
    Yg penting dari seorang penulis adalah menjadi pembaca.

  400. devi on Tue, 28th Feb 2012 11:53
  401. pak saya pengen jadi penulis tapi saya gag tau bagaimana caranya,,
    dan dimana tulisan saya harus dibenahi…
    terima kasih

  402. Jonru on Wed, 29th Feb 2012 5:41
  403. ine on Sat, 3rd Mar 2012 17:12
  404. menulis….menurut saya adalah isi hati yang ingin diungkapakan tapi tak terucap. lewat tulisan setidaknya mewakili apa yang ingin disampaikan. meski kadang “blank” tapi hati dan pikiran insyaallah tidak seperti itu, sekecil apapun ide yang terlintas biasanya akan membuka ide2 besar ….:)

  405. jhoey matta on Sat, 10th Mar 2012 11:19
  406. aku jg dah lama pengen jd penulis tapi terkendala,,, gk labtop tw komputer mw beli tp blm ada uang!!!!!!

  407. Jonru on Sat, 10th Mar 2012 15:18
  408. @Jhoey matta: Saya dulu ketika mulai menulis, komputer belum diciptakan. Saya tak punya mesin tik, menulis pakai tangan lalu dibawa ke rental pengetikan.
    Keterbatasan bukan halangan. Yang jadi halangan adalah kemalasan dan tak mau berusaha :)

  409. Annisa on Fri, 16th Mar 2012 16:39
  410. saya sudah mencoba untuk menulis novel tetapi saya sulit untuk mencari kata-kata yang bagus dan enak d baca dalam menulis novel ,,,

  411. Jonru on Fri, 16th Mar 2012 19:40
  412. @Annisa: Kualitas itu datangnya dari latihan dan kebiasaan :)

  413. nouvalitera on Sat, 17th Mar 2012 11:45
  414. pemeilihan katanya itu susah sekali pak, gmn tu pak ?

    salam kenal :)

  415. Jonru on Sat, 17th Mar 2012 12:06
  416. @nouvalitera: Banyakin membaca ya, agar kosa kata Anda bertambah :)

  417. putri on Sun, 18th Mar 2012 19:10
  418. makasih ya

  419. adit on Tue, 20th Mar 2012 16:50
  420. ada tips lain gak untuk menulis dengan baik soalnya saya sudah coba tips bapak tapi gak juga bagus tulisan saya mohon dengan tips lain dong…

  421. Jonru on Tue, 20th Mar 2012 19:50
  422. @Adit: Laksanakan tips di atas, dan sabar dengan prosesnya. Itu tips tambahannya :)

    [...] Bagaimana Cara Membuat Tulisan yang Bagus, Menarik dan Menggugah [...]

  423. ibnoe on Thu, 22nd Mar 2012 17:31
  424. wah mantap ne pak jonru…., ini yang saya cari2 selama ini……, nice share……

    [...] 3: Kualitas Tulisan Anda ingin membuat tulisan yang benar-benar bagus, menarik, dan menggugah perasaan para pembaca. Anda tidak ingin membuat tulisan yang standar bahkan jelek. Maka ketika menulis, Anda dihantui [...]

    [...] 3: Kualitas Tulisan Anda ingin membuat tulisan yang benar-benar bagus, menarik, dan menggugah perasaan para pembaca. Anda tidak ingin membuat tulisan yang standar bahkan jelek. Maka ketika menulis, Anda dihantui [...]

  425. Latifa on Thu, 19th Apr 2012 15:50
  426. Saya mau tanya. Saya udah beberapa kali mencoba menulis, menuangkan semua idenya. Tapi kenapa setiap saya mau menulis, ide sih banyak. Tapi susah untuk menuangkannya. Bagaimana caranya ya? Apa saya harus membuat beberapa kerangka tulisan?

  427. Jonru on Fri, 20th Apr 2012 9:03
  428. @Latifa: Coba terapkan “kiat menulis bebas” :)
    Ada artikel yang membahas itu di blog ini

  429. selpot on Fri, 18th May 2012 12:37
  430. Menulis adalah sebuah pilihan,Menulis adalah ketertarikan yang mengikat.ketika kau telah memilih menjadi penulis kau akan terikat erat dan tak akan pernah terlepas.

    makasih saran2 nya, Aku akan terus menulis sampai menghasilkan karya yang fantastis :)

  431. Jefry on Mon, 4th Jun 2012 5:37
  432. Setelah saya memutuskan untuk menginlinekan usaha saya diinternet, saya sadari banyak hal yang harus saya pelajari terutama cara menulis yang baik dna menarik bagi pembaca sebab tulisan adalah salah satu modal utama yang wajib dipenuhi
    Terima kasih atas penjelasannya Pak, dan sukses buat anda

  433. angga on Sun, 9th Sep 2012 22:15
  434. Saya suka sudah belajar buat cerpen tapi sering banget kehabisan ide di tengah jalan akhirnya cerpen saya gak ada tamatnya pak. :l

  435. wawansakau on Sun, 10th Mar 2013 9:16
  436. saya ingin sekali menjadi seorang penulis yg baik….. tapi mungkin karena materi lah…yg membuat impian saya terhambat…… pdahal sdah beribu atau berjuta tulisan dan puisi saya ciptakan……namun smua itu tdak membuat saya puas….
    namun saya tetap semangat…tetap yakin…bahwa suatu saat nanti tulisan saya akan dbaca semua orank….

  437. anna on Mon, 27th May 2013 16:02
  438. pak, sy merasa hasil dr tulisan2 sy byk yg bertele-tele, tp saat minta pendapat teman, mereka bilang tidak. apa itu hanya perasaan sy atau bagaimana?

  439. Jonru on Tue, 28th May 2013 15:04
  440. @anna: Ya berarti itu memang hanya perasaan kamu saja :-)

  441. sukron fudhali on Thu, 30th May 2013 23:52
  442. :: terimakasih gan atas prantara mu. allah bisa membagikan ilmu nya yang salah satu nya yang sudah agan share.
    :: sekali lagi teriakasih
    :: minta tolong yaa gan update kan yang baru ke wesite atau email saya.

  443. nana on Tue, 11th Jun 2013 11:49
  444. pak jonru,klu mengedit tulisan di dalam novel itu apa saja standarnya?mhn informasinya.

  445. Jonru on Tue, 11th Jun 2013 19:31
  446. @nana: Coba baca aja buku panduan editing yang banyak dijual di toko buku :-)

    […] 3: Kualitas Tulisan Anda ingin membuat tulisan yang benar-benar bagus, menarik, dan menggugah perasaan para pembaca. Anda tidak ingin membuat tulisan yang standar bahkan jelek. Maka ketika menulis, Anda dihantui […]

  447. Naya Corath on Wed, 28th May 2014 15:07
  448. Trims Pak! Pak jonru selalu berbgi tips2 yang bermanfaat di websitenya.. :D
    Yang paling saya ingat dari buku Pak Jonru (Cara Dashyat Menjadi Penulis Hebat) adalah Fakta bahwa Anda Itu Luar Biasa. Super! :D

    Yang pengin baca2 novel gratis, mampir ke sini yuk! ;)

    http://nayacorath.wordpress.com

Komentar Anda adalah kehormatan bagi saya. Silahkan isi formulirnya di bawah ini.
Kalau ingin menampilkan foto di samping komentar Anda, silahkan atur melalui Gravatar.

Untuk berkomunikasi secara lebih intens dengan saya, silahkan bergabung di:
- Jonru's Fan Page
- Twitter
- Belajar Menulis GRATIS di Facebook


WARNING: Komentar yang tujuannya hanya untuk mencari backlink akan dihapus. Kecuali jika isi komentar Anda memang bagus. Be friendly please :)