[Kiat Menulis] Bagaimana Cara Membuat Tulisan yang Bagus, Menarik dan Menggugah?

Dalam berbagai kegiatan pelatihan penulisan, atau obrolan pribadi, saya seringkali disambut oleh pertanyaan seperti ini. Tentu saja, susunan redaksionalnya berbeda-beda. Ada teman penulis yang bertanya, “Saya ingin membuat tulisan yang sangat luar biasa seperti novel Laskar Pelangi. Bagaimana caranya?”

Atau, “Bagaimana caranya agar saya bisa membuat tulisan yang benar-benar berkualitas tinggi, disukai oleh jutaan pembaca, menggugah, menimbulkan kesan yang mendalam, menyentuh perasaan, pokoknya yang benar-benar spesial dan luar biasa banget, deh.”

Baruan (sebelum tulisan ini dibuat), ada teman lain yang bertanya, “Kenapa sebuah karya bisa “abadi” di hati pembaca? Misalnya Ronggeng Dukuh Paruk-nya Pak Ahmad Tohari. Ada resep khusus untuk membuat karya seperti itu?”

Saya yakin, banyak di antara Anda yang memiliki pertanyaan yang sama. Anda pasti ingin tahu apa jawabannya, ya?

Oke, menurut pendapat saya begini:

Sebenarnya pertanyaan-pertanyaan seperti di atas tak perlu diajukan sama sekali. Anda bahkan tak perlu memikirkannya.

Yang harus Anda lakukan adalah:

  • Teruslah berlatih menulis. Jangan pernah berhenti menulis. Sebab menulis itu seperti menyetir mobil. Semakin tinggi jam terbang Anda, maka keahlian Anda pun insya Allah semakin baik.
  • Rajin-rajinlah membaca buku-buku yang berkualitas. Jika tubuh kita diibaratkan “pabrik penulis”, maka inputnya – antara lain adalah bacaan, dan outputnya (atau produk yang dihasilkan) adalah tulisan. Dengan demikian, kegiatan membaca bagi seorang penulis sangat penting. Tulisan kita akan banyak diwarnai oleh jenis bacaan yang kita lahap. Bila Anda rajin membaca teenlit, maka Anda akan menjadi seorang penulis teenlit. Bila Anda rajin membaca opini di surat kabar, maka Anda akan menjadi seorang penulis opini. Demikian seterusnya.

Jadi bila Anda ingin membuat novel sebagus “Ronggeng Dukuh Paruk” misalnya, maka rajin-rajinlah membaca novel yang kualitasnya seperti itu. Maka insya Allah, Anda akan ketularan :)

Kiat yang saya beberkan di atas mungkin terkesan sangat sederhana. Anda mungkin tidak percaya, bahwa untuk membuat tulisan yang sangat bagus, menarik, menggugah dan abadi di hati pembaca, kiatnya hanya sesederhana itu.

Tapi percayalah! Kiat di atas memang terkesan sangat sederhana. Tapi bila dipraktekkan secara sungguh-sungguh, insya Allah suatu saat nanti Anda akan menemukan sebuah – bahkan mungkin banyak – fakta yang mengejutkan :)

Yang jelas, seperti yang saya sebutkan di atas, Anda tak perlu repot-repot memikirkan “Bagaimana caranya agar saya bisa membuat tulisan yang sebagus novel karya Ahmad Tohari atau Andrea Hirata”. Praktekkan saja kedua kiat di atas. Saya doakan, suatu saat nanti Anda akan jauh lebih hebat dari Andrea Hirata bahkan Stephen King!

Amiin….

Cilangkap, 6 Juni 2008

Jonru

Baca Artikel Terkait:

236 thoughts on “[Kiat Menulis] Bagaimana Cara Membuat Tulisan yang Bagus, Menarik dan Menggugah?

  1. Menulis adalah sebuah pilihan,Menulis adalah ketertarikan yang mengikat.ketika kau telah memilih menjadi penulis kau akan terikat erat dan tak akan pernah terlepas.

    makasih saran2 nya, Aku akan terus menulis sampai menghasilkan karya yang fantastis :)

  2. Setelah saya memutuskan untuk menginlinekan usaha saya diinternet, saya sadari banyak hal yang harus saya pelajari terutama cara menulis yang baik dna menarik bagi pembaca sebab tulisan adalah salah satu modal utama yang wajib dipenuhi
    Terima kasih atas penjelasannya Pak, dan sukses buat anda

  3. Saya suka sudah belajar buat cerpen tapi sering banget kehabisan ide di tengah jalan akhirnya cerpen saya gak ada tamatnya pak. :l

  4. saya ingin sekali menjadi seorang penulis yg baik….. tapi mungkin karena materi lah…yg membuat impian saya terhambat…… pdahal sdah beribu atau berjuta tulisan dan puisi saya ciptakan……namun smua itu tdak membuat saya puas….
    namun saya tetap semangat…tetap yakin…bahwa suatu saat nanti tulisan saya akan dbaca semua orank….

  5. pak, sy merasa hasil dr tulisan2 sy byk yg bertele-tele, tp saat minta pendapat teman, mereka bilang tidak. apa itu hanya perasaan sy atau bagaimana?

  6. :: terimakasih gan atas prantara mu. allah bisa membagikan ilmu nya yang salah satu nya yang sudah agan share.
    :: sekali lagi teriakasih
    :: minta tolong yaa gan update kan yang baru ke wesite atau email saya.

  7. pak jonru,klu mengedit tulisan di dalam novel itu apa saja standarnya?mhn informasinya.

  8. Trims Pak! Pak jonru selalu berbgi tips2 yang bermanfaat di websitenya.. :D
    Yang paling saya ingat dari buku Pak Jonru (Cara Dashyat Menjadi Penulis Hebat) adalah Fakta bahwa Anda Itu Luar Biasa. Super! :D

    Yang pengin baca2 novel gratis, mampir ke sini yuk! ;)

    http://nayacorath.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>