Kiat Mengatasi Penyakit “Malas Menulis”

June 6, 2009
Filed under: Dunia Penulisan, Kiat Sukses 

malas menulisBanyak orang yang suka menulis, tapi mereka dihinggapi penyakit MALAS. Pada waktu tertentu, mereka sangat bersemangat dan menggebu-gebu (terlebih ketika mengikuti pelatihan penulisan). Tapi setelah itu, kembali loyo :(

Maka salah satu pertanyaan yang paling sering saya terima dari teman-teman penulis adalah, “Bagaimana cara menghilangkan penyakit malas menulis tersebut?”

Terima kasih kepada Pak Ikhwan Sopa, karena dari beliaulah untuk pertama kalinya saya mendapat KIAT JITU dalam mengatasi penyakit yang satu ini.

Berikut kiatnya:
Dalam melakukan apapun, Anda pasti pujuan tujuan, bukan? Termasuk dalam menulis, Anda pasti punya tujuan terrtentu. Apa yang membuat Anda ingin menjadi penulis? Jawaban atas pertanyaan ini adalah tujuan Anda.

Sayangnya (bahkan anehnya), banyak teman penulis yang justru bingung ketika ditanyai seperti ini. Mereka menjawab dengan ragu-ragu plus malu plus bingung, “Hm… apa ya? Apa tujuan saya?”

Hehehehe… lucu sekali, bukan?

Jawaban seperti ini sama seperti situasi ketika seseorang mencegat taksi di tepi jalan. Lalu ketika si supir taksi bertanya “Mau ke mana?”, dia menjawab, “Hm.. ke mana ya?”

* * *

Bila Anda bingung soal tujuan, maka SANGAT TIDAK ANEH ketika Anda malas-malasan dalam menulis. Sebab Anda tidak punya SESUATU untuk memompa semangat Anda.

Coba lihat perilaku seorang karyawan yang disuruh mengerjakan tugas tertentu oleh bosnya, sedangkan si karyawan ini tidak mengerti apa tujuan dari tugas tersebut. Dapat dipastikan, si karyawan akan ogah-ogahan atau merasa terpaksa ketika mengerjakan tugas tersebut. Dia bekerja hanya untuk melunasi kewajibannya. Itu saja. Titik.

Berbeda halnya bila sebelum memberikan tugas, si bos menjelaskan dengan detil apa maksud dari tugas tersebut, apa tujuannya, dan hasil seperti apa yang diharapkan. Si karyawan pasti lebih bersemangat. Apalagi bila di dalam tujuan tersebut sudah tercakup hal-hal yang menyangkut kepentingan si karyawan, seperti, “Bila sukses mengerjakan tugas ini, itu akan berdampak besar terhadap peningkatan karir kamu.”

* * *

Maka, bila Anda ingin menghalau penyakit MALAS MENULIS dari dalam diri Anda, HAL PERTAMA yang harus Anda lakukan adalah mendefinisikan dan mempertegas tujuan utama Anda dalam menulis.

tujuan menulisSaya tentu tidak mendikte Anda dalam hal ini, sebab setiap orang tentu punya tujuan yang berbeda-beda dalam hidupnya. Walau kita sama-sama suka menulis, saya yakin bahwa tujuan kita tidak mungkin sama seratus persen.

Namun karena banyak orang yang masih bingung soal tujuan ini, saya akan membantu memperjelasnya di bawah ini.

Ada beberapa CONTOH tujuan yang dapat Anda jadikan inspirasi (saya tidak menggunakan istilah “yang dapat Anda pilih”, sebab ini bukan multiple choises).

  1. Untuk berbagi ilmu/wawasan/pengetahuan dengan orang lain.
    .
  2. Untuk berdakwah dan beribadah lewat tulisan;
    .
  3. Untuk menghibur diri sendiri (sebab menulis ternyata bisa juga digunakan untuk self therapy seperti mengatasi stress dan sebagainya).
    .
  4. Untuk aktualisasi diri.

Tujuan manakah yang sesuai dengan hati nurani Anda?

Anda bisa memilih satu di antara empat poin di atas, atau Anda bisa menentukan berdasarkan kemauan Anda. Semua terserah Anda :)

Perlu diingat:

  1. Yang tertulis di atas hanya contoh sebagai BAHAN INSPIRASI belaka, BUKAN BAHAN UNTUK DIPILIH. Kalau tidak ada di antara ke-4 poin di atas yang sesuai dengan tujuan Anda, silahkan tentukan sendiri.
    .
  2. Seiring perjalanan hidup, tujuan seseorang bisa berubah-ubah. Karena itu, tentukan saja pilihan yang sesuai dengan hati nurani Anda SAAT INI. Bila misalnya dua tahun lagi tujuan Anda ternyata berubah, it’s okay. No problem.

* * *

Setelah menetapkan tujuan yang jelas, saatnya Anda memegangnya dengan sungguh-sungguh, menjadikannya panduan dalam langkah-langkah Anda selanjutnya.

Katakanlah Anda memilih nomor 4, yakni aktualisasi diri. Maka bila suatu saat nanti Anda malas-malasan dalam menulis, cobalah ingat lagi tujuan ini. Pikirkan hal-hal buruk yang dapat menimpa Anda bila tidak menulis:

  1. Saya tak bisa mengaktualisasikan diri.
    .
  2. Orang-orang tidak akan mengetahui potensi diri saya, karena saya belum juga menulis untuk mengaktualisasikan diri saya.
    .
  3. Saya masih bernasib seperti ini, masih diejek orang, masih diremehkan, masih tidak dianggap.

Ketika memikirkan hal-hal buruk seperti itu, yakin deh bahwa ada sesuatu yang “panas” di dalam hati Anda (percaya atau tidak, hati saya juga ikut panas ketika menulis ketiga poin di atas). Dan rasa panas seperti itulah yang nantinya bisa kembali membangkitkan motivasi Anda. Rasa malas Anda pun sirna seketika, berubah menjadi semangat yang menggebu-gebu!

* * *

Selain kiat di atas, ada beberapa KIAT TAMBAHAN yang dapat Anda terapkan:

  1. Rajin-rajinlah bertandang ke toko buku atau pameran buku. Perhatikan buku-buku yang dipajang di rak yang berjejer. Katakan pada diri sendiri, “Seharusnya buku saya yang dipajang di sini. Kenapa belum dipajang juga?”
    .
  2. Bergabunglah dengan komunitas penulis. Ada Forum Lingkar Pena (FLP), atau milis-milis penulisan yang banyak tersedia di internet. Di komunitas seperti ini, Anda akan bergaul dengan para penulis lain. Pergaulan inilah yang bisa membantu Anda untuk terus termotivasi.
    .
  3. Hadirilah acara launching buku, bedah buku, atau pelatihan penulisan Acara-acara seperti ini pun bisa menjadi kompor tersendiri bagi motivasi Anda.

* * *

Masukan Penting:

penulis suksesAda orang yang berkata bahwa tujuan dia menulis adalah uang, popularitas, atau hal-hal yang sejenis seperti “Agar mendapat penghargaan” dan seterusnya.

Oke, ini tidak salah-salah amat. Tapi tahukah Anda, bahwa itu semua adalah tujuan yang menyesatkan? Sebab bila tujuan seperti itu tidak tercapai, Anda bisa jadi kehilangan semangat, kecewa, bahkan frustasi dan stress.

Padahal sebenarnya, hal-hal seperti uang, polularitas, mendapat penghargaan dan seterusnya, merupakan EFEK SAMPING belaka (Demikian menurut Helvy Tiana Rosa).

Bila Anda tekun menulis, bekerja keras, tak pernah menyerah, dan selalu meningkatkan kualitas diri, maka hal-hal seperti uang, popularitas, penghargaan dan sebagainya akan datang dengan sendirinya tanpa perlu Anda minta atau cari. Sebab semua itu memang HANYA efek samping belaka.

Untuk apa kita mati-matian bekerja hanya untuk sebuah efek samping? Tanpa dikejar pun, bukankah efek samping akan datang sendiri menghampiri kita?

Saran saya, lebih baik ubah tujuan kita ke arah hal-hal yang lebih mulia, seperti:

  • Ingin berbagi dengan sesama.
  • Ingin berdakwah lewat tulisan.
  • Dan seterusnya.

Atau tetapkan tujuan yang lebih kepada pengembangan diri sendiri, seperti:

  • Ingin menambah teman dan pergaulan.
  • Ingin melakukan self therapy lewat tulisan.
  • Dan seterusnya.

Insya Allah, tujuan-tujuan seperti ini akan lebih abadi.

Semoga bermanfaat, semoga terinspirasi

Jonru

Founder & Mentor Sekolah-Menulis Online
Cara Modern Menjadi Penulis Hebat
http://www.SekolahMenulisOnline.com

Penulis Buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang!”
Panduan Langkah-langkah Penulisan & Penerbitan Buku untuk Pemula
Silahkan pesan di http://www.MenerbitkanBukuItuGampang.com

Baca Artikel Terkait:

Comments

114 Comments on Kiat Mengatasi Penyakit “Malas Menulis”

  1. muji on Sat, 6th Jun 2009 10:28
  2. terimakasih, pak. atas tipsnya. sangat membantu saya.

  3. Fitri Ushinawareta on Sat, 6th Jun 2009 10:36
  4. Owh… Thanks Banget Bang Jonru!

    gw banget! emang lagi butuh asupan semangat, setelah kelas di SMO Fiksi 5. hiks……

    Jazakallah..

    ^_^

  5. cahaya dammam on Sat, 6th Jun 2009 14:03
  6. Kutanamkan keyakinan mulai dari sekarang kalau tulisan kita bagus, menginspirasi orang untuk berbuat baik maka pahalanya akan terus mengalir.

  7. fauzan on Sat, 6th Jun 2009 21:54
  8. thanks bang…
    manfaat yang saya dapat dari tulisan bang jonru ini tak terkira banyaknya.

  9. fakhrul on Sun, 7th Jun 2009 2:47
  10. ..ok, trimaksih pak ats jwbanan, mmang bner jga bhwa tjuan awl itwlah yng akn trus memompa smangat penulis untk sllu berkrya.. sya brhrap smoga da link2 yng lain yng dpat membntw dlam brkarya..

  11. Alfisyahrin on Sun, 7th Jun 2009 14:40
  12. Thanks, Bang Jonru…
    Pas banget sama keadaan yang sekarang sedang saya alami.

  13. Wahyu Awaludin on Tue, 9th Jun 2009 15:15
  14. terlalu panjang, mas…lelah bacanya..

    :)

  15. RajaKerupuk on Tue, 9th Jun 2009 15:24
  16. Terima kasih Tips & Trik nya Pak. semoga tidak malas lgi :) http://bengkeldata.com

  17. marina on Tue, 9th Jun 2009 21:02
  18. mudah2an motivasi sy slm ini ga salah. slalu panas seeh, tp slalu bralasan ada yg lbh prioritas. knp ya pak jonru?

  19. Fadly Muin on Tue, 9th Jun 2009 21:29
  20. wah, ternyata mengikis rasa malas menulis adalah mengenali tujuan kenapa kita menulis. simple, luar biasa Mas Jonru. Thanks untuk tipsnya

  21. Jonru on Wed, 10th Jun 2009 6:55
  22. @Marina:
    Saya kira ini masalah PILIHAN HIDUP Mbak
    Kalau Mbak Marina menganggap hal lain itu lebih penting dari menulis, ya silahkan. Itu pilihan hidup Anda :)
    Yang “aneh” adalah ketika kita berkata menulis itu sangat penting, tapi kita tidak mau memprioritaskannya.
    Thanks dan salam sukses!

  23. rozy on Wed, 10th Jun 2009 7:14
  24. terima kasih tips nya bang
    soalnya aku sering kena penyakin malas nulis
    oh ya biar nggak mati ide gimana tips nya nih

  25. Jonru on Wed, 10th Jun 2009 7:45
  26. @Rozy: coba klik di sini :)

  27. Onik on Wed, 10th Jun 2009 8:14
  28. Wah, terimakasih mas Jonru, semangat saya jadi kembali nih buat menulis hehehe

  29. aridha on Wed, 10th Jun 2009 17:47
  30. terima kasih, bak dicambuk cemeti rasanya terima email dari bang Jonru…iya deh…segera saya kirim draft (1)saya…habis saya amat-amati kok too many mistakes…,
    salam hebat !

  31. Mimi on Thu, 11th Jun 2009 9:45
  32. Thanks ya pak,,,cukup membuat saya semangat lagi tuk nerusin tulisan jurnal yang tertunda-tunda,,,

  33. Djohan Kohar on Thu, 11th Jun 2009 9:50
  34. Kompor saya bertambah satu… terima kasih Bang Jonru, salam fuuntastic suksesmulia.

  35. juwariyah sukiyadi on Thu, 11th Jun 2009 9:54
  36. Terima ksaih banyak tips menghilangkan rasa malas, dan saya tunggu pelatihan menulis di Bogor, tanggal 28 Juni 2009, dan saya sudah mendaftarkan diri ikut dalam pelatihan tersebut, semoga dapat membantu tujuan yang ingin saya capai.wass

  37. Onik on Thu, 11th Jun 2009 9:58
  38. iya saya sudah baca mas, thx atas info yang sangat berguna buat aku :)

  39. Fakhruddin Halim on Thu, 11th Jun 2009 10:05
  40. Terima kasih motivasinya….
    Tak bisa dipungkiri terkadang menulis bisa jadi hal yang menakutkan….
    Dan motivasi ini sangat penting untuk terus dipompa…

    Sekali lagi Jazakallah…..

  41. winwin on Thu, 11th Jun 2009 10:15
  42. makasih kak jonru.aku akhir2 ini emang lg kena virus males nih..semoga aku nggak males lagi..
    tetep semangat!!!
    oya, bentar lagi pengumuman, doakan aku lulus ya..
    makasih..

  43. Sardono Syarief on Thu, 11th Jun 2009 10:38
  44. Trim banget atas motivasinya tentang menulis, Bang Jonru. Setelah banyak membaca tulisan Bang Jonru, saya makin penasaran untuk terus berlatih menulis hingga bisa menghasilkan tulisan sebagaimana yang Bang Jonru sarankan. Doakan dan saya tunggu motivasi Bang Jonru yang lain.Sekali lagi Trims…

  45. yuliana on Thu, 11th Jun 2009 10:39
  46. dear mrs jonru..
    sebenarnya bukan malas2 amat sh, cuma krn tidak diasah2 jd nya keinginan untuk menulis jd tumpul…lalu terkubur.. hehehe

  47. ega on Thu, 11th Jun 2009 10:45
  48. terimakasih bang Jonru buat motivasinya…

  49. yenny hardiyanti on Thu, 11th Jun 2009 10:56
  50. hem..memang sering kali rasa malas terus membayangi setiap langkah saya. Dan ternyata bukan hanya rasa malas saja, tetapi, ketiadaan fokus dan tujuan saya menulis, juga kerap setia berada di samping saya.
    Lumayan berat untuk menapikkan itu semua. Tapi saya akan berusaha untuk benar-benar menjadi seorang penulis.
    Saya pernah berkata, saya ingin menjadi penulis, dan ternyata Yang Kuasa telah memberikan saya “ladang” untuk saya garap.
    Thanx for your advise!! Ini benar-benar menyadarkan saya tentang tujuan hidup yang harus saya perjuangkan!

  51. Proud Forester on Thu, 11th Jun 2009 11:18
  52. Yang penting nulis kan bang.
    Ga’ penting apakah itu fiksi atw ilmiah.
    Cz, q senangnya nulis yang beraroma ilmiah gtu. ;-p
    Salam Pena.

  53. Afrianti Tkaful on Thu, 11th Jun 2009 11:28
  54. Wah.. aku buat tulisan.. yach karenaq sesuai dengan pekerjaanku sebagai agen Asuransi.. memberikan informasi seputar asuransi. Kalau tulisanku yang di http://afrianti.blogspot.com baru sekedar untuk uneg2 aku aja.. aku menulis di blog ku

  55. offy on Thu, 11th Jun 2009 12:06
  56. waduh, saya harus sering2 membaca tips2 yang serupa tulisan Bang Jonru niiy, untuk menjaga konsistensi menulis sekaligus sebagai “pecut” :-)

    saya sangat senang dan berterima kasih sekali jika dikabarkan adanya training/pelatihan penulisan, terutama di kota saya, Jakarta. Makasiiy banyak Bang Jonru :-)

    Salam,
    -offy-

  57. Gustri Yeni on Thu, 11th Jun 2009 12:06
  58. Ternyata selain mengejar uang dan popularitas, ternyata target yang paling penting adalah berbagi ilmu sekaligus sebagai sarana dakwah.

    Makasih atas ilmunya

  59. Deni on Thu, 11th Jun 2009 12:35
  60. Luar biasa bang. Makasih ya banyak.

  61. andri on Thu, 11th Jun 2009 12:41
  62. menulis memang begitu. Jonru, apakah saya termasuk org seperti itu?? soalnya saya menulis tergantung pada susasana hati saja,, dan bila menulis takut ga enak di baca. ujung2nya low terpaksa nulis,, besok2nya nyesel nulis gituan. Tanks jonru…
    salam hangat

  63. Rajab on Thu, 11th Jun 2009 12:53
  64. Ok….

    Maksih obatnya….hem.

  65. edwin on Thu, 11th Jun 2009 13:19
  66. Nice tips bang. Terutama untuk poin bahwa menulis juga adalah sarana berdakwah.

  67. tony on Thu, 11th Jun 2009 13:34
  68. aq dari en nol banget nich Bang Jon….
    Yg jelas pasti kyk org nye top taksi deh
    Jalanin dulu aza lah….
    Namanya juga belajuarrrr….
    Kan “Hidup ini adalah Proses Belajar” he….3X

  69. Yayan on Thu, 11th Jun 2009 14:08
  70. Memulai nulisnya sih semangat…tapi ditengah jalan blank..ganti topik …blank lagi,,ihik..ihik…ngga ada yg selesai…apakah itu juga masuk kategori males/

  71. anya on Thu, 11th Jun 2009 15:37
  72. wah…kalau saya malah nulisnya yang rajin tapi nggak pede dgn tulisan sendiri.

  73. inuel on Thu, 11th Jun 2009 15:44
  74. tulisan ini amat sangat bermanfaat buat saya yang masih awam dan masih membutuhkan banyak “suntikan” ilmu,heheheh

  75. Safira/martha on Thu, 11th Jun 2009 15:58
  76. bener banget, pak….saya dari belajar nulis (SMP) sudah punya niat baik sich…tapi baru terasa “Benar” setelah bersyahadat dan kenal Islam. Tapi buat nulis masih suka nunda-nunda gitu….:( semoga setelah ini tidak lagi. soalnya target belum terpenuhi….

    Mohon doanya, semoga karya saya bisa menginspirasi banyak orang nantinya…Jadi pingin di filmkan seperti buku-buku kang Abik.amiin

    Sukses buat para penulis. Maturnuwun, pak …:)

  77. putik mp on Thu, 11th Jun 2009 16:04
  78. yea…
    jadi semangat…
    Trim’s

  79. joko triyono on Thu, 11th Jun 2009 16:20
  80. matur tengkyu bin matur nuwun pak….ternyata sangat sederhana ya….sy ter “elus” pada kata “tujuan abadi”.
    luar biasa,…seolah dari kata itu sama dengan ” manusia diciptakan untuk rahmatanlilalamin” ,nah,jalan menuju ke sana kan banyak,..sangat banyak.Tapi,untuk kita yang mungkin sudah memberikan harga mati dengan menulis untuk rahmatanlilalamin.Untuk semuanya….semoga kita tetap di JALAN ALLAH SWT AMIN.luar biasa…semangat !

  81. Ali on Thu, 11th Jun 2009 16:31
  82. Opening yg sangat attraktif dan memotivasi orang utk maju menulis

  83. Agus M on Thu, 11th Jun 2009 16:58
  84. Terimakasih Bang….. ! tulisan yang sangat menggugah buat saya sehingga saya terpacu untuk terus belajar di bidang penulisan ini.

    Salam’
    Agus M

  85. Lilia on Thu, 11th Jun 2009 17:56
  86. thanks Mr. Jonru
    Wow…
    saya sangat terinspirasi dengan tulisan2 dari buah tangan Mr. Jonru. saya ini tukang khayal… tapi kenapa sulit.. di luangkan dalam tulisan.. kadang terhambat karena berat di kata… dan masih merem melek buat nulis
    tapi semangat hayal untungnya tetap berkobar… selain dari baca2 hayalanku ikut andil besar dalam mencari inspirasi

    and thanks a lot for Mr. Jonru
    karena bacaan anda semangatku makin membara…
    Cayo…..

  87. sari on Thu, 11th Jun 2009 18:42
  88. waah..bener2 tips diatas sangat memotivasi saya yang masih mlompong soal tulis menulis.betul juga kadang2 kita dibingungkan pertanyaan”mau nulis apa ya?”bila ngga ketemu jawabannya jadinya batal untuk nulis.
    Allah ya’tikal afiyah…..

  89. mukidi on Thu, 11th Jun 2009 18:57
  90. itulah tujuan mulia dalam hal apapun, nanti efek samping itu akan datang sendiri. benar sekali itu kata Bang Jonru

  91. septian on Thu, 11th Jun 2009 19:49
  92. tadinya saya pikir menuils itu hanya sekedar hobi atau bakat..
    ternyata ada sesuatu yang besar dari kegiatan menulis..
    thank ya mas atas ‘obat-obatnya’..

  93. raja kelana on Thu, 11th Jun 2009 20:18
  94. salam hormat,..
    saya sangat salut dengan Anda, apa sebabnya….
    Anda lebih tahu,..tentu jawabanya….

    semoga ilmunya menjadikan amal yang akan terus abadi di sisi-Nya,..selama yang menggunakan untuk menularkan informasi yang positif tentunya…. sukses selalu ya,,,

    dan saya akan mencoba berlatih,atau melatih menuliskan ide-ide yang ada di dalam benak ini…

    harap kiranya kunjungi website saya, dan tak lupa berikan saran atau masukannya… demi perbaikan tentunya…

    http://kenshikempo.blogspot.com
    http://jz19ou.blogspot.com

    see again….

  95. Tongkonan on Thu, 11th Jun 2009 20:22
  96. Memiliki tujuan memang penting. karena tanpa tujuan kita akan bingung sendiri. :) Jadi semangat lagi nih buat menulis.

  97. Farhan F on Thu, 11th Jun 2009 21:06
  98. asw,,

    salam super untuk semangat menulis.
    bicara mengenai tulisan, mungkin kita bisa menambah atau mendapatkan inspirasi dengan mengunjungi website super di uangsuper.com/gratis

    salam super.
    artikel anda menarik dibaca.
    untuk mas jonru tetaplah semangat.

    dari Farhan
    owner website bisnis dan corp
    diantaranya uangsuper.com
    http://www.farhanfh.cc.cc

  99. Wir on Thu, 11th Jun 2009 21:10
  100. sebelumnya makasih banyak ats masukan2 dari Mas Jonru.
    ju2r tambah semangat saya buat menulis, meski belum ada tulisan2 yang saya kirim dimuat di media massa.
    tp saya menikmati proses perjuangan itu.

  101. haerulsohib on Fri, 12th Jun 2009 0:01
  102. sangat informatif, memberikan aku pengertian yang mendalam,oke, terimakasih, dan salam…

  103. hartono on Fri, 12th Jun 2009 5:05
  104. Mengaktualisasikan diri itu apa artinya ? aku tidak tau ha..ha.. pastinya aku menulis karena berekptrsi karena membaca keseharianku kerja kenapa ada yg lain yang dan bagaimana nantinya ha..ha..sepertinya aku bisa berpredeksi kepada kawan selevelku karena itu aku berekpresi melalui tulisanku,di samping itu kenapa setiap saya membaca tulisanku kok memuakkan tulisanku sepertinya gaya bahasanya kok kelihatan bodoh sekali aku ini ha..ha.. tata bahasanya tidak nyambung .
    Oh mas jonru saya terima kasih sekali saran dan nasehat dari mas jonru semoga mas jonru selalu mendapat taufik dan hidayah dari alloh swt.

  105. Hari Wuryanto on Fri, 12th Jun 2009 5:52
  106. Wow , ini sangat bermanfaat dan merupakan media terpenting di dunia penulisan. Karena secanggih apapun ide yang ada di kepala tanpa dapat menulis yang bagus maka orang lain tidak dapat memahami dengan sebaik-baiknya.
    Pak Jonru , apakah menyediakan fasilitas tukar link?
    Gimana caranya?

    Trimakasih infonya.

  107. subekti on Fri, 12th Jun 2009 6:03
  108. terima kasih atas semua ilmunya
    saya masih punya kendala belum berhasil meningkatkan diri dari penulis wajib karena hanya untuk keperluan dinas; bahan ajar internal dinas dan kepangkatan menjadi penulis bebas,
    mudah-mudahan dengan ilmu ilmu yang saya terima ini bisa membantu saya
    terima kasih

  109. Achmad Sunjayadi on Fri, 12th Jun 2009 6:55
  110. Terima kasih untuk saran berharganya.

  111. Putri Amalia Siregar on Fri, 12th Jun 2009 7:47
  112. Memang butuh motivasi tinggi, terus berguru dan banyak membaca..Terima kasih atas sarannya..,

  113. Jenner Manullang on Fri, 12th Jun 2009 8:05
  114. Cukup sederhana, tapi mujarab deh sepertinya..
    Good advices
    Thnanks anyway

  115. ipunk on Fri, 12th Jun 2009 8:55
  116. Sepertinya menulis untuk kepentingan diri sendiri motivasinya tidak kuat, menurutku untuk tujuan ibadah bisa jadi membakar semangat.bagaimana bang ?

  117. yudi hidayat on Fri, 12th Jun 2009 10:31
  118. arahan yang sungguh informatif, thakns ya Mr.Jonru

  119. arasy rezki alda on Fri, 12th Jun 2009 10:57
  120. yupz bnr bgt bang… kyna penyakit tsb skrg yg hinggap di diri Saya…

    thanks y bang atas masukkannya…

    he..he.. jd semangat nih buat nulis lagi..

    semoga bisa tetap semangat terus..

    amien..

  121. janur pakpahan on Fri, 12th Jun 2009 11:33
  122. saranya itu sangat baik. dan dapat menjadi inspirasi bagi orang2 yang suka menulis. thanks.

  123. Fa on Fri, 12th Jun 2009 12:00
  124. mkcEe………
    jadi 45 nEe !!!!!!!
    tP ……
    kDng adaz kndL uat nuLis 2 ..
    da yg mo bnTu ?
    emaiL or Fs
    ZhIsY_015@yahoo.co.id

  125. siswanto on Fri, 12th Jun 2009 12:43
  126. Begitu besarnya pengaruh suatu tulisan. Kadang kala aku terhibur, termotivasi, tercerahakan, menemukan nilai-nilai, mendapatkan tambahan pemahaman tentang Allah, siapa aku dan apa arti hidup manusia dari membaca suatu tulisan. Dari situ serbesit dalam diriku keinginan untuk menjadi jalan dari sampainya informasi dan nilai-nilai kebaikan dan kebenaran kepada sebanyak mungkin manusia, yakni dengan jalan menulis. itulah tujuanku.

    bagi umat muslim amat menyakini bahwa amalan/ ibadah itu tergantung niatnya apakah diterima oleh Allah atau tidak, dan maksud/ tujuan termasuk dalam pergertian niat. sehingga meluruskan tujuan dari tujuan yang sepele tidak hanya mengatasi penyakit malas menulis, tapi juga menjadikan kegiatan menulis kita bermakna/ bernilai ibadah.

    salam,

  127. wansset71 on Fri, 12th Jun 2009 16:56
  128. ok Mas Jonru…nasehatnya oke punya….trimakasih

  129. Gie on Fri, 12th Jun 2009 16:56
  130. Salam Mas Jonru Damang…?

    tak salah kalau saya menganggap rasa “MALAS” produk setan yang selalu menginginkan manusia kalah dan celaka, maka itu terdaftar sebagai hal yang harus dimusuhi.

    Alhamdulilah mas telah menunjukan senjata asupan perbekalan untuk mempermudah perlawanan.

    sukses terus deh.! buat mas Jonru

    salam,

  131. Deezna Valeria on Fri, 12th Jun 2009 17:33
  132. Pak…..hiks terimakasih banget…! cocok deh sekarang lagi “mendung” dan kurang semangat….maleeeeees bener mau ngelanjutin nulis lagi. di tunggu kunjungan baliknya di blog saya ya pak.

  133. Maharani on Fri, 12th Jun 2009 19:47
  134. 3makasih ya Pak atas tipsnya, mudah-mudahan kita-kita enggak malas lagi,.

  135. zilla on Fri, 12th Jun 2009 19:47
  136. terima kasih mas Jonru atas inspirasinya…

  137. Laily on Fri, 12th Jun 2009 20:50
  138. pak, kerja saya sehari-hari udah nulis terus buat analisa.kalo disuruh nulis inspirasi lain kok udah mentok aja. bosen kalo nulis terus…gimana tuh?

  139. Agung on Fri, 12th Jun 2009 22:32
  140. thanks pak … emang yang paling berat ada pada “memulai”

  141. mas'ud on Sat, 13th Jun 2009 0:23
  142. Assalamualaikum mas guru Jonru
    Terus terang saya sangat kepingin bisa menulis, tapi memulainya dari mana sampai kepala ini pusing rasanya.beberapa bulan yang lalu memang pernah aku mencoba menulis pengalaman pribadiku dari perjalananku ke tanah suci, alhamdulillah tidak terasa sampai 40 halaman, rasanya bangga aku bisa menulis sebanyak itu tapi tidak tahu bahasa apa yang saya tuangkan, ya asal nulis saja.
    Pak Jonru yang saya hormati, kini akau ingin nulis lagi dengan topik yang berbeda tapi sulit memulainya, apalagi saya agak malas dan malas,dan bosanan, naudzubillahi nim dzalik, Astaghfirullah.

  143. Gita Dewi on Sat, 13th Jun 2009 8:25
  144. Terima kasih Bang Jon,
    Terus terang saja, saya sendiri juga sering bingung kalau ditanya tujuan menulis, selama ini ya hanya sekedar menjalankan tugas sebagai redaksi majalah kantor, dari situ semangat saya terpompa. Oh ya apa ada latihan menulis yang sekaligus teknik mengelola majalah kantor,kayaknya perlu juga lho.

    Jazakallah.

  145. kakboedi on Sat, 13th Jun 2009 11:00
  146. Trimakasih Bang Jonru:-0
    Banyak sekali saya menimba:-) ilmu di web ini, saya termasuk salah 1 orang yang saat ini belajar menulis. sesekali tulisan saya coba kirim ke koran lokal.
    terimkasih

  147. Arifin on Sat, 13th Jun 2009 14:24
  148. matur nuwun sanget mas

  149. AGUNG NAGARA on Sun, 14th Jun 2009 3:18
  150. Terimakasih, jadi semangat untuk segera menyelesaikan novel nih, meski masih tercampur dengan gaya bahasa penulisan jurnalistik, saya mengutip kata pak ogah ‘hajar bleh’

  151. Ikhwan Sopa on Sun, 14th Jun 2009 12:17
  152. Sama-sama Bang Jonru, semoga bermanfaat untuk kita semua. Sukses selalu buat ente.

    Ikhwan Sopa.

  153. efica on Sun, 14th Jun 2009 18:50
  154. Makasih,, jad tahu klo dapet duit dari menyulis tu cuma efek samping aja he he he mesti ganti mindset nih. oiya Bang jonru kasih Tips agar nggak blank alias kehabisan ide duonk juga cara meningkatkan kemampuan mengolah ide tersebut.
    Terus di tegal ada pelatihan penulisan dari Jonru tapi muahaaaal, jadi ga bisa ikut iks…

  155. win on Sun, 14th Jun 2009 21:46
  156. terimakasih mas jon. tulisan ini mengingatkan saya akan tujuan saya menulis. mas Jon, kasih tahu donk… komunitas penulis yang ada di kota yogyakarta…
    thx…

  157. Situs Wanita on Mon, 15th Jun 2009 2:51
  158. Tulisan Bang Jonru mengingatkan saya akan tujuan menulis. Memang penyakit males itu sering datang dengan berbagai alasan, tak ada waktu lah, gak ada ide lah, dll. Bagaimana kalau kita membuat target menulis 15 menit setiap hari Bang, apa itu tidak malah berefek buruk terhadap semangat menulis? thanks

  159. wathye on Mon, 15th Jun 2009 11:11
  160. Mas Jon, thanks masukkannya. Pada dasarnya keinginan menulis harus tumbuh dari dari sendiri, karena seperti pengalamanku yang sudah pernah kursus menulis, sampai sekarang belum mulai mencoba tuk menulis apapun entah cerpen, cerbung dsb. Nah yang menjadi persoalan disini adalah bagaimana agar kita tidak putus asa memotivasi diri agar segera mulai merealisasikannya ………

  161. dardiri on Mon, 15th Jun 2009 11:17
  162. thanks mas Jonru tipsnya bagus banget

  163. yani on Mon, 15th Jun 2009 15:39
  164. terimakasih masukannya…
    akan saya coba praktekan segera…

  165. sandra on Mon, 15th Jun 2009 16:44
  166. terimakasih tipsnya….ngebantu banget!!

  167. suci on Mon, 15th Jun 2009 19:49
  168. makasih sudah di ingatkan untuk jangan malas menulis…..

    jazakallah….

    semagat kawan-kawan……ingatkan saya juga ya…

  169. wahib on Tue, 16th Jun 2009 10:58
  170. makasih dorongan semangatnya, aku jadi lebih terdorong lagi tuk nulis, memanfaatkan usia agar lebih bermakna.

  171. fatma on Thu, 18th Jun 2009 11:00
  172. aku ucapkan makasih sama pak Jonru yang selalu membimbing saya untuk belajar menulis. Dan tips ini pasti akan sangat bermanfaat bagi aku

  173. murniati on Thu, 18th Jun 2009 15:35
  174. assalamu alaikum
    Trimakasih banyak Bang
    Tipsnya sangat menggugah dan memberikan saya inspirasi,saya dah coba bikin beberapa tulisan,dan dah coba kirim ke media,tapi blum ada tanggapan.daoakan yang bang smoga tulisan saya bisa di muat…semoga sukses selalu bang

    Wassalam…Murni

  175. yus safrudin on Fri, 19th Jun 2009 16:16
  176. Semua sangat berguna semua sangat bermanfaat tapi memang saya udah lemot krn sudah tua tapi semangat sih masih ada insya Allah dicoba-dicoba dan dicoba

  177. Gede Bagus on Mon, 22nd Jun 2009 13:29
  178. Hmmm….cukup membakar semangat neh..

    Salam,
    http://inovasibelajar.com

  179. putri on Sat, 11th Jul 2009 19:33
  180. yah…bener banget apa yg mas bilang..!
    pokoknya Qta harus tetap menulis, walau apapun yg tjd. karena dg menulis kedewasaan Qta dlm berpikir pun jg terasah.. syukron jzk. SEMANGAT…!!!

  181. mira on Fri, 17th Jul 2009 9:56
  182. Thanks kiatnya. Saya jadi seakin bersemangat untuk terus belajar menulis dan akan selalu ingat akan tujuan saya menulis. Wassalam.

  183. agung dh on Fri, 24th Jul 2009 11:59
  184. terima kasih. :)

  185. sis on Sun, 26th Jul 2009 8:12
  186. tons of thanks..
    wajazakumulloh khoirol jaza

  187. andri on Mon, 3rd Aug 2009 6:54
  188. Bang Jonru saya dulu belajar dari seorang wartwan senior katanya ia bisa menulis karena tidak punya uang. Apa uang bisa menjadi motivasi untuk rajin menulis?

  189. jonru on Mon, 3rd Aug 2009 9:31
  190. @Andri: Bisa saja, tapi menurut saya uang bisa dijadikan tujuan jangka pendek saja.

  191. angga on Tue, 12th Jan 2010 20:37
  192. Sy sering punya semangat nulis yg tinggi klo sy sedang merasa terhina/ habis dihina orang lain. tp klo dlm keadaan biasa2 saja, sy kok ga ada semangat nulis. gmn ya?

  193. jonru on Wed, 13th Jan 2010 7:21
  194. @Angga: Nah itu dia
    Menjadikan “kemarahan” sebagai tujuan menulis adalah sesuatu yang keliru
    Coba cari tujuan yang lebih baik, lebih mulia, lebih abadi.
    Maka insya Allah Anda akan tetap rajin menulis walau dalam kondisi emosi apapun.

  195. ghe on Tue, 26th Jan 2010 21:42
  196. wah kalo tujuan hanya sekedar meyaluirkan hobi saya saja, nah karena menyalurkan hobi jadinya agak angot”an ne pak…hehehehehe….
    uia btw update tulisan bapak berapa kali sih pak dalam sebulan?…..

  197. Kiki Hendarsyah on Tue, 9th Mar 2010 6:31
  198. Wah sangat menginspirasi … setelah beberapa bulan ini vakum dari menulis …

  199. dian kurniawati on Fri, 4th Jun 2010 17:27
  200. aku punya sebuah mimpi…aku ingin menyalurkan dan berbagi semangat dakwah ini kepada teman2ku di seluruh penjuru bumi dengan tulisanku…mungkin keterbatasanku untuk silaturahim kepada mereka satu persatu, tetapi dengan tulisanku aku bisa lebih luas silaturahim kepada mereka. insyaALLAH…ini janjiku…saksikanlah…!

  201. Berusaha Tidak Malas Menulis « ridd on Thu, 10th Jun 2010 9:37
  202. [...] Berusaha Tidak Malas Menulis Posted: Juni 10, 2010 by ridd in Ngoceh Setelah blog ini ditelantarkan sekian lama oleh sang pemilik (siapa sih pemiliknya ? dasar… ) dan setelah membaca tulisan yang Bersumber dari blog seorang penerima penghargaan SUPER BLOG, Jonru [...]

  203. novi on Tue, 6th Jul 2010 13:10
  204. makasih buat sarannya ,,,,,,memeang agak panjang dan sedikit membelit,,,,gak langsung keintinya,,,tapi sangat bagus

  205. ari yusuf on Wed, 14th Jul 2010 4:40
  206. Thanks Pa…sangat membantu sekali… :D

    [...] Penjelasan lebih jelas dan gamblang silahkan kunjungi tautan berikut ini. [...]

    [...] 4. Tetapkan tujuan yang jelas Banyak orang yang malas atau “kumat-kumatan” dalam menulis, karena tujuan mereka kurang jelas. Karena itu, menetapkan tujuan yang jelas sangatlah penting. Penjelasan selengkapnya bisa dibaca di sini. [...]

    [...] Nah, agar Nayla bisa kembali membangun kebiasaan menulis dan kebiasaan ini tak pernah hilang lagi, maka yang harus Nayla lakukan adalah menciptakan tujuan jangka panjang yang jelas dan kuat. Untuk penjelasan selanjutnya coba Nayla baca  di sini. [...]

  207. Aa Pratama on Sat, 2nd Apr 2011 10:04
  208. inspiratif banget pak,,,,,ngomong2 kasih tau donk cara supaya kita dapat pemikiran-pemikiran yang tak terfikirkan oleh orang lain dan menuliskannya!!!!!!!!!!!!!!!!
    dan mohon kritik serta sarannya untuk tulisan saya di
    aa1993pratama.blogdetik.com atau
    mbaheariel.wordpress.com

    TRIM’S!!!!!!!!!!!!!!!

    [...] Penjelasan Lebihh & gamblang silahkan kunjungi tautan berikut ini. [...]

  209. Erik on Tue, 26th Jul 2011 9:31
  210. Makasih infonya…
    tapi saya tetep aja susah nulis, karena belum menemukan motivasi yang ‘oke’ buat aku sendiri…
    Pak Jonru, gimana ya caranya agar punya motivasi yang selalu melekat dalam pikiran bahkan sampe kebawa alam sadar?

    mohon penjelasannya,
    terima kasih

  211. Jonru on Tue, 26th Jul 2011 11:14
  212. @Erik: Lho, justru tulisan di atas adalah untuk menjawab pertanyaan seperti yang Anda ajukan. Coba dibaca lagi dengan cermat, lalu dipraktekkan ya. Salam sukses!

  213. blogdokter on Sat, 3rd Sep 2011 20:50
  214. wah keren banget tulisannya bisa menginspirasi klo lagi malas posting..terima kasih Pak :)

  215. Desain Rumah Minimalis on Sun, 17th Feb 2013 23:20
  216. Terima kasih Pak Jonru atas tips yang telah diberikan. Berguna banget! Kebetulan akhir-akhir ini lagi nggak minat nulis gegara topik yang ditulis muter-muter itu saja.

  217. Faizin on Tue, 5th Mar 2013 7:18
  218. Masalah memang terletak pada motivasi menulis, jika kehilangan itu maka sulit rasanya untuk menggerakkan seluruh kemampuan untuk menulis. Tks, mudah-mudahan kiat mengatasi penyakit malas menulis dapat menjadi obat bagi saya.

  219. kaito on Mon, 30th Dec 2013 10:38
  220. dahsyat mas…,
    siippzz…,

Komentar Anda adalah kehormatan bagi saya. Silahkan isi formulirnya di bawah ini.
Kalau ingin menampilkan foto di samping komentar Anda, silahkan atur melalui Gravatar.

Untuk berkomunikasi secara lebih intens dengan saya, silahkan bergabung di:
- Jonru's Fan Page
- Twitter
- Belajar Menulis GRATIS di Facebook


WARNING: Komentar yang tujuannya hanya untuk mencari backlink akan dihapus. Kecuali jika isi komentar Anda memang bagus. Be friendly please :)