Internet Marketing dan Omong Kosong Itu

October 4, 2007
Filed under: Bisnis, Internet, Internet Marketing 

“Apa sih, internet marketing itu?”

Banyak orang yang bertanya demikian pada saya. Hal terlucu, sebagian di antara mereka ternyata salah sangka. Mereka mengira internet marketing adalah:

  1. Program khayalan yang lebih cocok bagi seorang pemimpi yang ingin kaya mendadak, dengan cara yang tidak wajar.
  2. Kiat mencari uang lewat kegiatan spam, penipuan, dan hal-hal tak etis lainnya.
  3. Bisnis yang tidak jelas juntrungannya, omong kosong belaka dan tak perlu dihiraukan.

Benarkah demikian?

Saya sudah beberapa bulan ini menggeluti internet marketing, dan inilah yang saya rasakan:

TERNYATA internet marketing itu sangat sederhana. Untuk mengetahui pengertiannya, kita cukup menguraikan dua suku kata yang membentuknya:

INTERNET = Saya yakin Anda pasti tahu apa maksudnya.

MARKETING = Saya tak perlu menjelaskannya, kan? Anda pasti sudah tahu.

Intinya, internet marketing adalah aktivitas marketing (pemasaran) yang dilakukan melalui internet.

Apa yang dipasarkan dalam internet marketing?

Ya terserah Anda. Anda punya jamu atau buku atau rumah atau handphone atau software yang hendak dijual lewat internet? Jika ya, kegiatan Anda dalam menjual produk-produk tersebut dinamakan internet marketing.

Lantas, apa bedanya dengan marketing di dunia nyata atawa offline?

Perbedaannya hanya dalam hal MEDIA-nya.

Di dunia offline, Anda mungkin harus menjadi seorang salesman door to door, membuka toko, memasang iklan di Kompas, mengikuti pameran, atau mengadakan seminar untuk memperkenalkan produk Anda pada masyarakat.

Internet marketing pun sebenarnya sama seperti itu. Namun karena medianya internet, Anda tak mungkin menggunakan strategi yang sama seperti di atas. Internet punya sifat dan kondisi tersendiri. Ini menyebabkan Anda harus menerapkan kiat dan strategi yang benar-benar berbeda. Kiat dan strategi inilah yang banyak dibahas pada modul atau pelatihan atau artikel mengenai internet marketing.

Intinya:
“Bagaimana cara efektif dan efisien dalam menjual sesuatu lewat internet?”

Jadi, ketika masih ada orang yang mengidentikkan internet marketing dengan penipuan, spam, program khayalan dan omong kosong belaka, ketahuilah bahwa itu semua hanya salah paham. Pandangan miring seperti ini terjadi karena masih banyak orang yang belum paham apa itu internet marketing. Ditambah lagi, di internet memang banyak penipuan, spam dan berbagai macam omong kosong, yang mencemarkan nama baik internet marketing.

Tapi memang benar kan, banyak orang yang memasarkan produk di internet dengan cara spamming, atau menipu?!

Ya, Anda benar. Banyak yang seperti itu. Tapi apakah hal seperti ini tidak pernah terjadi di dunia offline? Penipu ada di mana-mana, bahkan di lingkungan kelurahan Anda pun mungkin ada oknumnya.

Anda mungkin pernah berjalan di depan sebuah mal, lalu dicegat oleh seorang pria yang sok akrab. Dia berkata bahwa ini adalah hari keberuntungan anda, karena Anda berkesempatan mendapatkan pisau cukur seharga 5 persen saja dari harga aslinya. Harga aslinya – katanya – Rp 1 juta. Tapi karena anda sedang beruntung, anda hanya perlu membayar Rp 50 ribu saja.

Anda sebenarnya tidak sedang butuh pisau cukur. Tapi si salesman terus merayu anda dengan gaya yang paling menjengkelkan, membuat anda hendak memelototkan mata dan menyumbat mulutnya dengan plester yang amat kuat.

Anda jengkel dan merasa tak nyaman? Ya, tentu saja. Itulah contoh SPAM di dunia offline!

Jadi, ketika Anda mengatakan bahwa penipuan dan spam banyak bertebaran di dunia online, ketika Anda terlalu mendramatisir kehadiran para penipu dan spammer di dunia internet marketing, saya kira itu adalah sikap yang kurang proporsional. Para penipu dan orang-orang yang menjengkelkan itu ada di mana-mana, baik di dunia offline maupun online.

Memang banyak orang yang mempraktekkan internet marketing dengan cara menipu atau spamming. Tapi banyak pula orang yang melakukan hal yang sama di dunia marketing offline. Jadi apa bedanya? Tak ada, kan?

Marketing (baik di dunia offline maupun online) adalah sebuah aktivitas yang netral. Bila ada orang yang mempraktekkannya dengan cara menjengkelkan bahkan merugikan orang lain, yang salah bukan marketingnya, tapi para pelakunya itu.

Karena itu, tentu semakin jelas bahwa anggapan masyarakat yang masih suka menghubung-hubungkan internet marketing dengan spam, penipuan dan sebagainya itu, adalah benar-benar keliru.

Kita bisa mempraktekkan internet marketing dengan cara dan strategi yang bersih, elegan, dan jujur. Dan inilah antara lain yang saya pelajari selama lebih kurang dua bulan belajar internet marketing.

Selain strategi dan kiat, saya juga belajar tentang media apa saja yang dapat digunakan sebagai alat internet marketing. Yang tak kalah menarik, saya juga belajar tentang peluang-peluang apa saja yang dapat kita manfaatkan untuk menjemput rezeki dari dunia maya.

Semua ini bukan omong kosong belaka, bukan tipu-tipuan, bukan money game, bukan program kaya mendadak yang membuat mimpi Anda melambung tinggi. Internet marketing adalah sebuah bisnis nyata yang logis, legal, dan Insya Allah halal.

Sama seperti marketing di dunia offline, keberhasilan Anda dalam internet marketing bukan ditentukan oleh orang lain atau janji-janji muluk yang memuakkan itu, melainkan ditentukan oleh kerja keras Anda sendiri. Saya yakin Anda percaya, bahwa rumus seperti ini berlaku di mana-mana. Sebab itu merupakan salah satu bagian dari hukum alam.

Ada begitu banyak peluang internet marketing di dunia maya. Peluang yang legal, logis, dan Insya Allah halal.

Internet marketing ternyata bukan omong kosong belaka!

Silahkan klik:

http://www.PeluangInternetMarketing.com :)

 

Cilangkap, 4 Oktober 2007

Jonru
Kini bangga menyebut diri sebagai internet marketer :)

 

Baca Artikel Terkait:

  • Tak ada artikel terkait

Comments

13 Comments on Internet Marketing dan Omong Kosong Itu

  1. David Mustakim on Tue, 16th Oct 2007 21:58
  2. Kebetulan saya sudah daftar AB langsung, walaupun belum sempat bayar.. maklum liburan, lebaran … (alasan !: sebenarnya masih ragu aja…hehehe) tapi saya sangat tertarik dengan KEDUA bonus yang ditawarkan namun saya tidak entitled.. gimana dong ?…

  3. jonru on Sat, 27th Oct 2007 7:28
  4. tidak entitled itu maksudnya gimana mas david?

    [...] inti dari uraian Pak Nukman tidak jauh beda dengan yang pernah saya tulis di sini. Namun Pak Nukman menjelaskannya secara lebih detil, TAHAP DEMI [...]

  5. jatim on Mon, 29th Oct 2007 14:33
  6. Cuma nambahin saja.
    Ada bahasan mbak jennie s bev tentang internet marketer.
    ada di http://www.jennieforindonesia.com/?p=514

    Thanks

  7. galih kartiwa on Sun, 4th May 2008 14:49
  8. assalam..wah…tulisan yang menginspirasi…emang sekarang lagi ngatren bisnis online ya mas..saya juga lagi nyoba2….mau bikin komunitas…eh mas, ada info menarik neh, mungkin uda tau..tp gpp kan kl kasi info lagi :
    http://www.situsgratis.co.nr
    webhosting gratis dg spek sbb :
    250MB web space.
    100GB bandwith
    NO ads banner (gak ada embel2 iklan)
    unlimited subdomain
    situsnya :
    http://www.situsgratis.co.nr
    cobain dah…
    syukran..wass

  9. semelekethe on Wed, 28th May 2008 23:13
  10. Dunia Nyata dan Dunia Internet hampir sama yang beda medianya.

  11. araya99... on Thu, 6th Nov 2008 4:34
  12. mas kalo boleh tanya dan sharing pendpat mas tentang AWsurvey
    itu bagaimana sih,tolong disupprt yah.

  13. jonru on Thu, 6th Nov 2008 5:30
  14. araya99: anda bertanya sambil mencantumkan ID referal anda. Maksudnya apa?

    [...] Internet Marketing dan Omong Kosong Itu [...]

  15. Term Paper on Mon, 8th Feb 2010 11:27
  16. Yeah, definitely custom written essay
    Thank you.

    [...] Internet Marketing dan Omong Kosong Itu [...]

  17. Djulkifli on Tue, 4th Sep 2012 12:57
  18. mohon pencerahan tentang bisnis S.L.I.M Silve ight Internet Marketing

  19. GULIK SUSILA ANDRIYONO on Wed, 24th Oct 2012 20:30
  20. mas aku itu pingin ngrubah nasib yang dah 15 tahun tidak menanjak ,ada s.l.i.m tapi aku ragu soale dikaskus kok adayang ngerasa dtipu dah transferduitgak difollow juga bisa kasih pencerahan,thanks

Komentar Anda adalah kehormatan bagi saya. Silahkan isi formulirnya di bawah ini.
Kalau ingin menampilkan foto di samping komentar Anda, silahkan atur melalui Gravatar.

Untuk berkomunikasi secara lebih intens dengan saya, silahkan bergabung di:
- Jonru's Fan Page
- Twitter
- Belajar Menulis GRATIS di Facebook


WARNING: Komentar yang tujuannya hanya untuk mencari backlink akan dihapus. Kecuali jika isi komentar Anda memang bagus. Be friendly please :)