Ingin Menemukan Lentera Jiwa? Ini Kiatnya!

Dulu, ketika masih menjadi pekerja kantoran, saya mengalami sesuatu yang bersifat sangat kontradiktif:

1. Di satu sisi, saya mendapatkan penghasilan utama dari sesuatu yang sangat tidak saya sukai (menjadi pekerja kantoran, tugas rutin setiap hari, plus sangat membosankan).

2. Di sisi lain, saya adalah MANIAK internet. Saya membuat dan mengelola website, milis dan beberapa komunitas di dunia maya. Saya rajin ngeblog atawa menulis di internet, rajin berdiskusi dengan teman-teman secara online, rajin ngobrol di YM, rajin mendesain dan mengutak-atik web. Semua ini adalah hal-hal yang sangat saya sukai. I LOVE THEM VERY MUCH!!! Masalahnya: Saya tidak mendapat sepeser uang pun dari hal-hal seperti ini.

Oke, memang pernah juga sih. “Gara-gara” rajin ngeblog, banyak orang yang mengenal saya dan beberapa di antaranya pernah meminta saya menjadi pembicara, atau minta tolong dibuatkan website. Situs PenulisLepas.com pun pernah mendapat iklan, walau nilainya hanya Rp 500 ribu.

* * *

Ya, saya memang pernah mendapat penghasilan dari nomor 2. Tapi itu hanya sesekali, dan tentu saja tidak cukup untuk menghidupi keluarga. Sumber penghasilan SATU-SATUNYA yang bisa menghidupi keluarga saya adalah yang nomor 1.

Nah, dapatkah Anda bayangkan bagaimana situasinya? Bila belum, berikut ringkasannya:

Saya mendapat penghasilan dari sesuatu yang tidak saya sukai, sementara hal-hal yang saya sukai dan cintai justru tidak dapat memberikan penghasilan bagi saya.

Terus terang, kondisi ini membuat saya tidak bahagia (walau gaji saya dari nomor 1 sangat besar, plus berbagai macam fasilitas yang amat menyenangkan). Saya stress, bingung, gelisah setiap hari. Kinerja saya di kantor menurun drastis. Pernah mendapat Surat Peringatan 1 dan 2 dan nyaris dipecat. Semua teman satu tim mulai “memusuhi” saya karena kinerja buruk saya sangat mengganggu kerja tim.

Dalam kondisi serba genting seperti itu, saya pernah bermimpi, “Alangkah indahnya bila saya bisa membalik kenyataan ini. Alangkah indahnya hidup ini jika saya mendapat penghasilan utama dari nomor 2, dan SEGERA meninggalkan nomor 1.”

* * *

Alhamdulillah, kini mimpi itu terwujud (silahkan baca: “Ini Dia Bisnis Resmi Saya”).

Karena itu, saya sangat antusias ketika menonton acara Kick Andy yang membahas Lentera Jiwa.

Anda ingin seperti saya? Syaratnya sangat gampang:

Anda pasti punya hobi dan minat, bukan? Nah, tekunilah minat dan hobi Anda tersebut secara sungguh-sungguh. Jangan pedulikan bila Anda tidak mendapat penghasilan apapun dari hobi dan minat tersebut (bahkan bila Anda justru mengeluarkan banyak uang untuk menekuninya). Jangan pedulikan bila ada orang yang mencibir, “Apakah kamu mendapat uang dari kegiatan bodoh seperti itu?” Terus terang, dulu saya beberapa kali mendapat cibiran seperti itu, tapi saya tak pernah peduli.

Bila menekuni hobi dan minat secara sungguh-sungguh, Anda akan makin mahir, makin ahli, dan masyarakat pun secara perlahan akan mengakui kredibilitas/kapabilitas Anda. Publik pun makin percaya bahwa Anda adalah orang yang berkompeten di bidang yang Anda minati tersebut.

Bila kepercayaan publik seperti ini sudah diraih, maka tunggulah saatnya, ketika kesungguhan Anda akhirnya bisa membuat Anda hidup bahagia selamanya; Ketika Anda bisa mengucapkan SAY GOODBYE pada hal-hal yang selama ini paling Anda benci tapi justru memberikan penghasilan utama bagi Anda. Ketika Anda benar-benar bisa mendapat penghasilan utama dari hal-hal yang paling Anda minati dan cintai.

Bila masih bingung, coba simak lagi apa yang pernah saya bahas di sini. Ajukan 3 pertanyaan berikut kepada diri Anda sendiri:

1. Apa hobi saya? (memancing? baca buku? mendengarkan musik? wisata kuliner? atau apa?)

2. Apa kesenangan saya? (membantu orang? diperhatikan oleh semua orang? berdebat? melayani dan membuat senang orang lain? atau apa?)

3. Pekerjaan apa yang bisa membuat saya rela mengerjakannya secara all out, padahal tak ada penghasilan atau bayarannya sam sekali, bahkan saya harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan pekerjaan itu?

Bila Anda sudah menemukan jawaban atas ketiganya, selamat! Saya yakin, Anda telah menemukan sesuatu yang Anda cari selama ini.

Selamat mencoba, salam sukses!

Cilangkap, 11 Oktober 2008

Jonru

Artikel Terkait:

Update 8 Juni 2009:
Tambahan artikel terkait:

Baca Artikel Terkait:

53 thoughts on “Ingin Menemukan Lentera Jiwa? Ini Kiatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>