Ingin Menemukan Lentera Jiwa? Ini Kiatnya!

October 11, 2008
Filed under: Kiat Sukses, Motivasi, Renungan 

Dulu, ketika masih menjadi pekerja kantoran, saya mengalami sesuatu yang bersifat sangat kontradiktif:

1. Di satu sisi, saya mendapatkan penghasilan utama dari sesuatu yang sangat tidak saya sukai (menjadi pekerja kantoran, tugas rutin setiap hari, plus sangat membosankan).

2. Di sisi lain, saya adalah MANIAK internet. Saya membuat dan mengelola website, milis dan beberapa komunitas di dunia maya. Saya rajin ngeblog atawa menulis di internet, rajin berdiskusi dengan teman-teman secara online, rajin ngobrol di YM, rajin mendesain dan mengutak-atik web. Semua ini adalah hal-hal yang sangat saya sukai. I LOVE THEM VERY MUCH!!! Masalahnya: Saya tidak mendapat sepeser uang pun dari hal-hal seperti ini.

Oke, memang pernah juga sih. “Gara-gara” rajin ngeblog, banyak orang yang mengenal saya dan beberapa di antaranya pernah meminta saya menjadi pembicara, atau minta tolong dibuatkan website. Situs PenulisLepas.com pun pernah mendapat iklan, walau nilainya hanya Rp 500 ribu.

* * *

Ya, saya memang pernah mendapat penghasilan dari nomor 2. Tapi itu hanya sesekali, dan tentu saja tidak cukup untuk menghidupi keluarga. Sumber penghasilan SATU-SATUNYA yang bisa menghidupi keluarga saya adalah yang nomor 1.

Nah, dapatkah Anda bayangkan bagaimana situasinya? Bila belum, berikut ringkasannya:

Saya mendapat penghasilan dari sesuatu yang tidak saya sukai, sementara hal-hal yang saya sukai dan cintai justru tidak dapat memberikan penghasilan bagi saya.

Terus terang, kondisi ini membuat saya tidak bahagia (walau gaji saya dari nomor 1 sangat besar, plus berbagai macam fasilitas yang amat menyenangkan). Saya stress, bingung, gelisah setiap hari. Kinerja saya di kantor menurun drastis. Pernah mendapat Surat Peringatan 1 dan 2 dan nyaris dipecat. Semua teman satu tim mulai “memusuhi” saya karena kinerja buruk saya sangat mengganggu kerja tim.

Dalam kondisi serba genting seperti itu, saya pernah bermimpi, “Alangkah indahnya bila saya bisa membalik kenyataan ini. Alangkah indahnya hidup ini jika saya mendapat penghasilan utama dari nomor 2, dan SEGERA meninggalkan nomor 1.”

* * *

Alhamdulillah, kini mimpi itu terwujud (silahkan baca: “Ini Dia Bisnis Resmi Saya”).

Karena itu, saya sangat antusias ketika menonton acara Kick Andy yang membahas Lentera Jiwa.

Anda ingin seperti saya? Syaratnya sangat gampang:

Anda pasti punya hobi dan minat, bukan? Nah, tekunilah minat dan hobi Anda tersebut secara sungguh-sungguh. Jangan pedulikan bila Anda tidak mendapat penghasilan apapun dari hobi dan minat tersebut (bahkan bila Anda justru mengeluarkan banyak uang untuk menekuninya). Jangan pedulikan bila ada orang yang mencibir, “Apakah kamu mendapat uang dari kegiatan bodoh seperti itu?” Terus terang, dulu saya beberapa kali mendapat cibiran seperti itu, tapi saya tak pernah peduli.

Bila menekuni hobi dan minat secara sungguh-sungguh, Anda akan makin mahir, makin ahli, dan masyarakat pun secara perlahan akan mengakui kredibilitas/kapabilitas Anda. Publik pun makin percaya bahwa Anda adalah orang yang berkompeten di bidang yang Anda minati tersebut.

Bila kepercayaan publik seperti ini sudah diraih, maka tunggulah saatnya, ketika kesungguhan Anda akhirnya bisa membuat Anda hidup bahagia selamanya; Ketika Anda bisa mengucapkan SAY GOODBYE pada hal-hal yang selama ini paling Anda benci tapi justru memberikan penghasilan utama bagi Anda. Ketika Anda benar-benar bisa mendapat penghasilan utama dari hal-hal yang paling Anda minati dan cintai.

Bila masih bingung, coba simak lagi apa yang pernah saya bahas di sini. Ajukan 3 pertanyaan berikut kepada diri Anda sendiri:

1. Apa hobi saya? (memancing? baca buku? mendengarkan musik? wisata kuliner? atau apa?)

2. Apa kesenangan saya? (membantu orang? diperhatikan oleh semua orang? berdebat? melayani dan membuat senang orang lain? atau apa?)

3. Pekerjaan apa yang bisa membuat saya rela mengerjakannya secara all out, padahal tak ada penghasilan atau bayarannya sam sekali, bahkan saya harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan pekerjaan itu?

Bila Anda sudah menemukan jawaban atas ketiganya, selamat! Saya yakin, Anda telah menemukan sesuatu yang Anda cari selama ini.

Selamat mencoba, salam sukses!

Cilangkap, 11 Oktober 2008

Jonru

Artikel Terkait:

Update 8 Juni 2009:
Tambahan artikel terkait:

Baca Artikel Terkait:

Comments

53 Comments on Ingin Menemukan Lentera Jiwa? Ini Kiatnya!

  1. Mirna on Sat, 11th Oct 2008 22:49
  2. Thanks untuk kiatnya Mas…. Cita-cita saya adalah melakukan pekerjaan yang saya senangi, tulus dari hati yang paling dalam, tanpa paksaan dan tekanan, everything is under my control. Pastinya ya berwirausaha sesuai dengan kesenangan.

  3. ulan on Mon, 13th Oct 2008 15:34
  4. mohon bimbingan nya ya om..

  5. andiana on Mon, 13th Oct 2008 15:52
  6. aku dah tau lentera jiwaku tapi belum berani meninggalkan ‘comfort zone’ yang sesungguhnya sangat menyebalkan ini… :(

    TFS ya bang…

  7. Dominikus Juju on Mon, 13th Oct 2008 21:14
  8. Wah tidak sengaja menemukan link ini, situsnya penulis hebat. Mengenai Lentera Jiwa itu saya banget pak, dulu saya seorang akuntan dan ahirnya saya melepaskan semua itu karena memang saya minat di bidang IT. Kini saya menjadi penulis buku komputer, sekitar 20 buku lebih sudah saya buat, dan itu menjadikan sumber penghasilan utama saya. Karena saya yakin saya bisa hidup dari menulis buku.
    Succes selalu buat Anda dan bisnis2 Anda.

    salam,
    Dominikus Juju
    Penulis dan pendiri MataMaya Studio

  9. Wiwin on Wed, 15th Oct 2008 16:43
  10. Sikon sy saat ini spt yg Bpk alami dulu. Msh karyawan gaji lumayan. Tapi hobi saya berhubungan dgn online. Kinerja di kantor juga menurun, itu saya rasakan sendiri. Semoga saatnya segera tiba untuk menikmati hidup :-)
    Thanks for sharing, Pak.

  11. ran on Thu, 16th Oct 2008 17:52
  12. Numpang lewat mas, mampir mo liat2 dulu :)

  13. Wiwind on Mon, 20th Oct 2008 19:17
  14. Dear Pak Jonru,
    Terima kasih sekali karena telah mengingatkan dan sekaligus mendukung saya untuk mengejar mimpi saya.
    Semoga Anda selalu diberkati oleh-Nya.
    Salam,
    Wiwind

  15. andri on Tue, 21st Oct 2008 10:59
  16. Ya, pengalaman mas jonru ini, benar-benar menyadarkan saya, bahwa saya juga harus menemukan Lentera Jiwa yang hilang.

  17. Agung M on Thu, 23rd Oct 2008 11:28
  18. Betul pak.
    Kuncinya adalah menemukan pasar dari pekerjaan yang kita sukai.

  19. Chintya on Thu, 23rd Oct 2008 13:50
  20. Mas Jonru apakabar,mas aku kemaren kebetulan aku bikin review kecil2an tentang web/blog-nya TDA community kalo ga keberatan mohon kasih kumen ya tq

    Salam Sahabat Selalu

  21. Masenchipz on Sat, 25th Oct 2008 18:32
  22. hoahhh…. ada2 aja nih cara nemuinnya… ini versi om nih? he..he..

  23. Nina Rialita on Sun, 26th Oct 2008 21:29
  24. Ada sebuah gejolak jiwa yang bangkit dari tidur, setelah sekian lama memilih diam karena kelelahan. Doing something ‘terserah’. Pergi siang pulang pagi, sometimes it’s really sucks. Apalagi banyak jiwa-jiwa kecil yang memanggil agar segera bangkit. Thanks, buat bang Jonru yang mengingatkan.
    Tangan-tangan ini ingin segera menulis lagi…

  25. Treen on Tue, 4th Nov 2008 7:28
  26. terima kasih tipsnya Pak Jonru. Masih mencari yang pas.

  27. susi on Fri, 14th Nov 2008 18:22
  28. sangatlah menyenangkan ketika kita sudah menemukan lentera jiwa kita. Segala suka, duka, tantangan, apapun itu pastinya akan dilakukan dengan sepenuh jiwa :)

  29. Agus MK on Fri, 12th Dec 2008 14:55
  30. Mas Jonru ( namanya kayak jepang ya :-) )salam kenal…
    Saya saat ini juga mengalami hal apa yang anda tulis di atas.

    Persis… bahkan apa yang saya kerjakan spt no 1 mas Jonru adalah skill saya karena memang tamatan ilmu tersebut.

    Tapi dunia internet ini / Internet marketing ini sudah membuat saya jatuh cinta lagi ama komputer saya, telah membangkitkan lagi impian lama saya semenjak kuliah dulu.

    Dan saat ini saya sedang berjuang mengalahkan diri saya sendiri untuk bisa lebih yakin dan bijaksana memanage diri dan segala keinginan agar bisa menemukan apa yang sebenarnya kita inginkan di dalam hidup ini , seperti mas Jonru misalnya.

    Trimakasi mas atas postingan ini
    Membuat saya merasa semangat terus

    Salam hangat
    Tdd

    Agus MK
    Denpasar – Bali

  31. rahman on Tue, 16th Dec 2008 1:42
  32. Saya juga seorang yang sangat menyukai dunia maya. Tapi mungkin belum mencapai tingakatan “Maniak” seperti mas jonru karena sampai saat ini saya belum menghasilkan seperti mas jonru. Salut buat mas jonru.

  33. Raly on Sat, 7th Feb 2009 22:42
  34. bagus..

    sampai sekarang saya masih bingung apa kesenangan saya ??
    heheh

  35. Jonru on Mon, 8th Jun 2009 17:34
  36. @rahman: Untuk menjadi “maniak” tidak harus menghasilkan dulu. Pada tulisan di atas pun sudah sangat jelas saya ceritakan kok. Coba dibaca lagi :)

  37. syaifudin zuhri on Tue, 9th Jun 2009 9:35
  38. sip sip banget ini yang sangat inspiratif, … salut atas kejujuranya ditautan itu

  39. busana muslim on Sat, 25th Jul 2009 8:44
  40. betu seklai mas, makasih kita kitanya ya, sedikit banyak hampir mirip dengan saya :D

  41. busana muslim on Thu, 27th Aug 2009 12:15
  42. hmm.. tulisannya bagus sekali pak , sesuai lah dengan predikat yg disanang heheh, mohon bimbingan belajar nulis ya :D

    [...] – The Power of Konsisten – Ingin Menemukan Lentera Jiwa? Ini Kiatnya! [...]

  43. ghe on Wed, 13th Jan 2010 9:52
  44. hnnnn,,,,tapi saya masih merasa terbagi 3 untuk hobi….dan itu semua saya sukai mas…… saya makin bingung setelah membac artikel mas, karena kita harus fokus….. saya jadi bingung mau fokus kemana……karena ketika membaca 3 pertanyaan itu yang terjawab 3 jawaban yang berbeda…..

  45. jonru on Wed, 13th Jan 2010 11:05
  46. @ghe: Di antara 3 hobi tersebut, pasti ada 1 yang paling pas di hati
    Ikuti hati nurani. Tinggalkan pertimbangan2 selain hati nurani.

    Salam sukses ya!

  47. ulin on Tue, 9th Feb 2010 23:17
  48. semakin saya membaca tulisan bangjonru semakin saya dibuat bingung :-(

  49. jonru on Wed, 10th Feb 2010 5:46
  50. @Ulin: Bingung kenapa nih?
    Cerita2 dong :)

  51. Term Paper on Wed, 17th Feb 2010 23:24
  52. Thanks a lot for the interesting facts just about this good post! People know that the essays writing organization can do the essay writing. Moreover, it’s a very good opportunity to purchase essay and custom essay just about this good post.

  53. howi on Thu, 11th Mar 2010 12:01
  54. anda luar biasa mas,……saya baca tulisan ini selalu,….

  55. Ari on Mon, 7th Jun 2010 22:04
  56. Saya sendiri msh bingung dengan hobi saya, hobi maen internet hehe.. kira2 gmn pak?

  57. jonru on Tue, 8th Jun 2010 7:38
  58. @Ari: Masa hobi sendiri bisa bingung sih?
    Coba ikuti saja kata hatimu
    Tekuni hal2 yang paling kamu sukai dan minati, APAPUN ITU
    termasuk internet
    Tapi kalau hobi internet, jangan hanya digunakan untuk bersenang2. Sebab tak akan ada manfaatnya nanti. Coba gunakan untuk hal2 yang produktif.
    Coba baca info detilnya di http://www.jonru.net/mengubah-kecanduan-internet-menjadi-hal-yang-positif-dan-produktif

    [...] This post was mentioned on Twitter by Farid W. Nirudito, jonru. jonru said: Lentera jiwa: http://bit.ly/ba6sgY @faridwn Setiap orang menikmati jenis pekerjaan yang paling cocok untuknya (N.Hill). [...]

    [...] Tidak berbeda jauh, sobat netter juga bisa membaca pengalaman mas Jonru dalam me-merdekakan dirinya. [...]

    [...] selengkapnya telah saya rangkum di sini. Anda bisa membacanya bila [...]

  59. torik on Sun, 29th Aug 2010 9:16
  60. wah luar biasa kiatnya mas, persaan di atas sama seperti saya saat ini, mau melangkah untuk penghasilan nonor 2 menjadi penghasilan utama, masih ragu :)

  61. Busana Muslim on Sat, 15th Jan 2011 19:03
  62. wah, ulasannya sangat menarik mas. Ini akan membuat sy lebih semangat lagi untuk berbisnis online. izin untuk selalu berkunjung kesini mas.

  63. diskon gila on Sat, 15th Jan 2011 19:10
  64. konten yang sangat bermanfaat bagi saya mas untuk mulai membangun bisnis.mohon arahannya untuk meraih sukses

  65. obat kuat herbal on Thu, 10th Feb 2011 9:25
  66. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

  67. disfungsi ereksi on Thu, 10th Feb 2011 11:46
  68. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

  69. Erdjon on Mon, 11th Jul 2011 14:23
  70. Sore pak Jonru, betul sekali bahwa bidang yang kita sukai dan kita kerjakan dengan sungguh2 bisa menghasilkan sesuatu yang besar, apalagi sudah di kuatkan dengan tujuan dan keikhlasan dalam menjalaninya.

    Terima kasih untuk sharingnya!

  71. Dian Kurnia on Mon, 11th Jul 2011 18:52
  72. Salam,
    Masih tetap inspiratif & motivatif apa yang pak Jonru posting. Memang cukup memotivasi (saya khususnya) untuk terus berkarya dengan apa yang kita sukai –terlebih ketika bisa menghasilkan materi untuk kita pribadi–. Namun, kendala seringkali muncul menyeruak ke permukaan ketika jalan sudah kita susuri. Hanya keseriusan dan sikap istiqomah [mungkin] yang mampu menjelaskan kepada kita tentang apa itu kesuksesan sejati.
    Trims untuk posting-postingnya. Sangat bermanfaat sekali guna pembelajaran perihal membangun kekayaan internal.

    Salam hangat,
    Dian Kurnia

  73. konveksi on Sun, 14th Aug 2011 9:09
  74. mantapppp neh share ilmunya, semoga ilmunya semakin berkah buat semuanya

  75. poppy on Wed, 17th Aug 2011 10:42
  76. Makasih mas tuk pencerahannya,tp gmn jika hal itu terjadi kpd seseorang yg bersifat moody dan gampang putus asa,skrg semangat banget mungkin nanti bbrp hr berlanjut semangatnya mengendor bakan putus asa,jd sdh meninggalkan point 1 dan tdk berlanjut di point 2,jdkan mentok,gmn tuh mas?mohon tifs’nyaa,mksh mas

  77. Jonru on Wed, 17th Aug 2011 11:15
  78. @poppy: Coba rajin baca buku2 motivasi, atau nonton Mario Teguh Golden Way. Dekatkan diri juga pada Tuhan, sebab Tuhan pasti sangat benci pada orang yang mudah putus asa. Salam sukses ya!

  79. Baju Muslim on Wed, 16th Nov 2011 16:59
  80. Makasih share ilmunya, pernah saya coba untuk jd penulis tp sayang memang gak ada bakat kali ya.
    Salam sukses ya

  81. Jonru on Wed, 16th Nov 2011 21:19
  82. @Baju Muslim: BAKAT ITU SANGAT TIDAK PENTING!!!!
    Coba baca tiga artikel ini yang berhubungan dengan tidak pentingnya bakat:

    - Benarkah Anda Tak Punya Bakat Menulis?

    - [Kiat Sukses] Kapan Saat yang Tepat untuk Menyerah?

    - Menulis, Antara Bakat dan Pilihan Hidup

    [...] akan kejenuhan or kurang menyenangi kerjaan kantorannya, untuk lebih jelasnya silakan baca artikel ini. Berhubung waktu sholat isya maka ibnu hanya menulis artikel ini sampai disini aja. Biasanya kalau [...]

  83. Gamis murah on Thu, 15th Dec 2011 23:15
  84. trims bang john share ilmunya tentang lentera jiwa, pas banget buat aq :)

    [...] baca juga artikel terkait: – Apa yang Menyelamatkan Anda dari Ancaman Krisis Global? – Ingin Menemukan Lentera Jiwa? Ini Kiatnya! – [Kiat Sukses] The Power of [...]

    [...] tidak konsisten; meninggalkan sebuah bisnis yang sangat saya sukai, yang sangat sesuai passion dan lentera jiwa saya, hanya gara-gara [...]

  85. ace maxs on Tue, 29th May 2012 13:36
  86. yang terpenting mencintai apa yang kita kerjakan,,
    nice share…

  87. irfan on Tue, 15th Jan 2013 17:15
  88. Allah swt merahmati orang yang tau kadar kemampuan dirinya

    [...] telah menceritakan bahwa penerbitan buku ternyata bisnis yang paling sesuai dengan passion atau lentera jiwa [...]

  89. Ety Abdoel on Wed, 26th Jun 2013 19:31
  90. Bang Jonru mending, 500 rb, blog saya belum menghasilkan uang tapi saya tetep ngeblog..hehehe..

Komentar Anda adalah kehormatan bagi saya. Silahkan isi formulirnya di bawah ini.
Kalau ingin menampilkan foto di samping komentar Anda, silahkan atur melalui Gravatar.

Untuk berkomunikasi secara lebih intens dengan saya, silahkan bergabung di:
- Jonru's Fan Page
- Twitter
- Belajar Menulis GRATIS di Facebook


WARNING: Komentar yang tujuannya hanya untuk mencari backlink akan dihapus. Kecuali jika isi komentar Anda memang bagus. Be friendly please :)