Ikutilah! Lomba penulisan novel yang aneh!

November 16, 2006
Filed under: Dunia Penulisan, Umum, Waspada Penipuan 

Kata Bang Napi, waspadalah! Waspadalah!

Di dunia penulisan, banyak penerbit atau perusahaan tak jelas yang suka mengirim publikasi ke milis-milis, menginformasikan bahwa mereka butuh naskah, dan menerima naskah dari siapa saja.

Lucunya, mereka hanya mencantumkan alamat email, tanpa adanya identitas yang jelas (alamat, nama perusahaan, nomor telepon, dan sebagainya).

Kita bukannya curiga, tapi berhati-hati tentu penting, bukan?

Bagaimana jika naskah anda jatuh ke tangan orang yang tak jelas? Apakah dia orang baik? Apakah dia orang jahat yang hobi membajak karya orang lain? Tak ada yang bisa memastikan, bukan?

Beberapa minggu lalu, sebuah email seperti ini masuk ke milis PenulisLepas. Si pengirim mengaku dari perusahaan tertentu. Ketika ada anggota milis yang bertanya, “Ini dari perusahaan mana, adakah nomor telepon anda?” Dengan amat enteng dia menjawab, “Maaf, karena alasan tertentu kami tidak bisa memberitahukan identitas kami.”

Wah! Gile bener ini orang!

Dan kemarin, orang dengan jenis yang sama mengirimi saya email, meminta tolong untuk mempublikasikan lomba penulisan novel di situs PenulisLepas.com.

Karena dia juga tak mencantumkan identitas yang jelas, saya pun memintanya.

Tapi apa jawaban dia? Beginilah:

Maaf saya tidak bisa memberikan nomor telephone kantor kami jika untuk ditampilkan. Kami mempunyai alasan sendiri untuk tidak memberikan alamat serta nomor telephone kantor kami. Selain itu kami juga takut jika peserta mengirimkan surat ataupun menelephone kantor kami. Namun jika untuk urusan pendataan di penulislepas.com kami bisa memberikan nomor telephone kantor kami. Mohon di mengerti Pak.

Sekali lagi maaf…

Regards

Waduh, please deh! Kenapa harus takut ditelepon oleh peserta lomba? Alasan yang sangat aneh!

Dan jika dipikir-pikir, isi publikasi lomba mereka tak kalah aneh sebenarnya:

Lomba penulisan novel (jakarta)

==> ingat ya.. ada kata “jakarta” di situ

Z***** publishing mengadakan lomba penulisan novel. Perlombaan ini dapat di ikuti oleh semua kalangan. Adapun syarat2nya sbb :

1. Tema bebas

>> ya, oke kalau temanya bebas. Tapi apa tidak ditentukan novel ini untuk remaja atau anak-anak atau dewasa? jenis drama atau misteri atau komedi atau apa gitu? masa untuk lomba tak ada persyaratan seperti ini? Aneh banget!

2. Tidak mengandung SARA, pornografi, pornoaksi.

3. Panjang halaman minimal 150 halaman

===> ok deh, yang beginian sudah biasa! tak ada yang aneh.

4. Di ketik rapi 1,5 spasi, menggunakan font times new roman, 12 pt.

Kirimkan karya anda + Sinopsis + biodata lengkap via email z***** @ yahoo.com paling lambat 31 Januari 2007 (diperpanjang dari 31 November 2006).

===>> oh, kenapa harus dikirim via email? Apa mereka gak bakal mabok, jika harus membaca ratusan novel via layar komputer? Mikir dong ah! Ini adalah persyaratan lomba yang aneh bin ajaib!

Biasanya, untuk lomba novel, panitia hanya bersedia menerima naskah via pos, karena mereka sadar bahwa membaca novel via layar komputer tentu amat melelahkan. Satu novel aja bisa bikin teler. Apalagi jika mereka misalnya menerima kiriman 500 novel dari 500 peserta lomba.

busyet dah!

Pengumuman pemenang via telephone tanggal 20 Maret 2007.

===> o, berarti publik tak akan tahu tentang pengumuman ini kan? Soalkankan cuma via telepon.

Adapun hadiah2nya sebagai berikut :

===> eits… tunggu dulu..
sabar dong.

Gimana dengan nasib naskah para peserta? Akan diterbitkan di mana? bagaimana dengan royaltinya? Bagaimana dengan ini dan itunya? Kok tidak dijelaskan sama sekali?

Ini adalah informasi lomba yang aneh, sebab info yang ditampilkan sangat minim. Sangat tidak memadai. Makin mencurigakan saja!

1. Juara I mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 20.000.000, sertifikat dan mendapatkan voucher belanja 2.500.000

2. Juara II mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 15.000.000, sertifikat dan mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 1.500.000

3. Juara III mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 10.000.000, sertifikat dan mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 750.000

4. 3 juara harapan mendapatkan hadiah uang sebesar @ Rp 5.000.000, sertifikat. dan mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 500.000.

>>> wow! hadiahnya gede banget! Ini adalah lomba penulisan novel dengan hadiah terbesar yang perrnah saya dengar.

Seharusnya, hadiah sebesar ini hanya mampu diberikan oleh sebuah lembaga atau perusahaan besar, dengan sponsor yang besar pula.

Dan kalau mereka memang besar, seharusnya mereka dengan bangga menunjukkan jati diri mererka. Tapi ini? Mereka malah sengaja bersembunyi.

benar-benar aneh!

Keanehan berikutnya:
mereka menyebutkan bahwa pemenang akan mendapat voucher belanja. Belanja di toko mana nih? kok tidak disebutkan?

TUnggu apa lagi!!! Kirimkan karya anda sekarang juga.

===> saya menunggu kejelasan dari anda, tahu!

PS : Tidak diadakan surat-menyurat ataupun menanyakan telephone panitia lomba, sebab Panitia lah yang akan menghubungi anda.

===> hiks. sok misterius amat sih loe!

Regard,

D*** M

===> ya, saya tahu. Itu adalah namamu. Tapi apa jabatanmu? Kenapa tidak disebutkan?

Maka saya pun membalas emailnya tersebut dengan tegas:

Jika Pak D*** tidak bersedia mencantumkan alamat dan nomor telepon, mohon maaf kami juga tidak bisa memuat publikasi dari anda.

Dan tahukah anda, apa jawaban dia? Ini dia:

Owh saya bisa mengerti. Nomor telephone perusahaan saya 031-5936***. Alamat : Jalan Perum Menur Pumpungan No ** Surabaya Timur. Namun untuk mengirimkan karya-karya cukup via email saja ya, Pak.

===> oke, untuk sementara saya lega.

Tapi eits.. tunggu dulu!!!

Di atas dia menyebutkan

Lomba penulisan novel (jakarta)

tapi kenapa dia kok memberikan alamat Surabaya? Apa maksudnya? Bisakah anda memecahkan teka-teki ini? Hihihi….

Karena penasaran, saya pun menghubungi seorang teman di surabaya (maaf, demi alasan keamanan, saya tidak bisa memberitahu nama teman tersebut. Kalau pun anda tahu, mohon untuk tidak ditulis di sini ya. SImpan di hati saja) untuk menelepon ke nomor di atas. Dia sudah menyanggupi.

Tapi karena tidak sabaran, maka barusan saya menelepon sendiri ke sana. Interlokal gitu lho. Dari warnet, habis sekitar Rp 9.200. Tapi tak apalah, demi memuaskan rasa penasaran saya.

Dan tahukah anda, apa yang saya dapatkan?

1. rumah tersebut adalah kediaman om agus dan mbak lili

2. itu adalah rumah tinggal biasa, tak ada perusahaan apapun di sana.

3. Si penerima telepon sempat menyebutkan bahwa rumah tersebut berada di kompleks mana gitu (saya lupa). Tapi yang jelas, nama kompleksnya tidak sama dengan alamat yang diberikan oleh si D***M itu.

Barusan, saya juga sudah men-trace IP address yang tercatat di email orang tersebut. Dan hasilnya adalah:

descr: PT. Broadband Multimedia, Tbk
descr: Internet Service Provider
descr: Broadband and Multimedia Services
descr: Citra Graha Building 4th Floor
descr: Jl. Gatot Subroto Kav 35-36
descr: Jakarta – Indonesia

Oh, ternyata dia pake kabelvision Jakarta.

Artinya: dia ada di jakarta, bukan surabaya!!!

Nah, sekarang, silahkan anda menyimpulkan sendiri.

Saran saya cuma satu, mirip seperti saran Bang Napi:

Kejahatan bukan hanya terjadi karena ada pelakunya, tapi bisa juga karena kita terlalu mudah percaya dan terpedaya pada ucapan atau trik jahat para penjahat tersebut.

jadi, waspadalah! Waspadalah!

Jakarta, 16 November 2006
Jonru

Lanjutan tulisan ini bisa dibaca di sini :)

Baca Artikel Terkait:

  • Tak ada artikel terkait

Comments

63 Comments on Ikutilah! Lomba penulisan novel yang aneh!

    [...] Ini adalah lanjutan dari tulisan yang ini [...]

  1. Ammy on Thu, 23rd Nov 2006 4:18
  2. MAs jonru, saya jadi ingat lomba penulisan cerita yang hadiahnya juga sekitar puluhan juta gitu, tapi alamatnya di JAkarta, Dewan Kesenian Jakarta. Itu beneran nggak?
    Thanks

  3. jonru on Tue, 28th Nov 2006 9:56
  4. buat ammy:
    kalo yang itu, Insya Allah beneran :)

    [...] Tulisan saya tentang “lomba penulisan novel yang aneh” ternyata mendapat respons yang sangat meriah. Bahkan, di blog ini, tulisan tersebut tercatat sebagai tulisan yang paling banyak diklik oleh pengunjung. [...]

  5. ican modjo on Thu, 30th Nov 2006 6:23
  6. heran apa gunanya sih nipu kayak gitu. Naskah2 yang banyak itu lantas mau diapakan? Mau diam-diam diterbitkan?

  7. jonru on Thu, 30th Nov 2006 8:07
  8. buat ican modjo:
    ya mungkin antara lain seperti itu :)

  9. yudith on Tue, 5th Dec 2006 9:53
  10. wah, ternyata banyak banget penipuan mengenai naskah dan penulisan novel yah. . .
    ada saran ga mas, buat penulis-penlis lepas dan belum berpengalaman wadah yang tepat untuk menyalurkan sinopsis dan tulisan-tulisan saya.

    regards

    yudith P handini

  11. jonru on Tue, 5th Dec 2006 12:12
  12. Buat yudith:
    Saya sudah membuat tulisan tentang tips agar penulis tidak mudah ditipu. Coba klik di sini :)

  13. dian on Tue, 12th Dec 2006 14:10
  14. emmm…ni apa y??

    beneran ga ada lmba nulis novel?

    emang trkhir pndftaran kapan?

    mnCurigakan…

  15. santo on Mon, 18th Dec 2006 12:46
  16. wah…matur nuwun sanget mas jonru!
    hehehe…good job, mate!

  17. Wafie on Mon, 18th Dec 2006 18:53
  18. Hallo mas Jonru, lam kenal yach!
    Saya mau ngucapin terima kasih nih, karena mas Jonru sudah menginformasikan tentang banyaknya pembajakan penerbit di milist Penulis Lepas. Sebelumnya saya tidak sempat berpikir kesana lho! Untungnya setelah membaca info dari mas Jonru baru nyadar nih.:)
    Oh ya mas Jonru, aku punya naskah cerpen nih. Pinginnya mau dikirim ke media-media yang di dalamnya ada rubrik sastra, tapi saya gak tahu alamat e-mailnya.
    Jika tidak keberatan, boleh gak mas Jonru ngasik tahu saya apa saja media-media yang mas ketahui alamat e-mailnya itu.
    Mungkin itu saja dari saya mas, sebelum dan sesudahnya sekali lagi saya ucapkan terima kasih…

    “salam sejahtera selalu untuk anda”
    Cairo, 18 Desember 2006

  19. irwansyah on Tue, 19th Dec 2006 8:50
  20. assalmulaikum

    terima kasih atas Info…mas, tapi ngomong-ngomong. Saya ingin berpartisipasi Sebagai konributor dipenulis lepas. cara yang tepat bgm? saya coba ikuti prosedur..tapi ngak masuk.

  21. jonru on Thu, 21st Dec 2006 12:33
  22. santo: terima kasih, salam kenal juga ya…

    wafie: sudah saya jawab di tagboard. coba dicek ya

    irwansyah:
    wah.. mungkin masih dalam antrian
    nanti saya coba cek dulu ya.

  23. atid on Fri, 22nd Dec 2006 18:49
  24. Wah, Jonru,Anda sangat kritis dan teliti. Kalau tidak membaca blogger Anda ini, bisa-bisa lebih banyak korban berjatuhan.

  25. putri fatimah on Sat, 23rd Dec 2006 15:50
  26. Assalamualaikum,
    Wah, Jonru, Anda sangat teliti dan kritis. Kalau saja tidak membaca blog Anda ini pasti akan lebih banyak korban berjatuhan.

  27. kawe shamudra on Tue, 26th Dec 2006 11:10
  28. Trims atas info lomba novel aneh.
    Dulu pernah ada juga lomba slogan hemat energi yang diselenggarakan PLN berhadiah ratusan juta, tapi pengumuman pemenangnya tidak jelas di mana, hanya disebutkan di media cetak dan akan dikirim surat via pos tapi di hari yang dijanjikan tidak ada media yang memuat pengumuman dan sampai sekarang saya tak pernah menerima kabar tentang lomba tersebut. Tak lama kemudian kantor PLN Pusat terbakar dan rugi milyaran.

  29. ida on Sat, 6th Jan 2007 15:41
  30. trims bgt ya. knp n buat apa mereka buat penipuan itu?

    sy akan coba proses masalah ini ke pacar sy seorang interpol. txs bgt GBUs

  31. putra on Sat, 6th Jan 2007 20:55
  32. jgn mudah percaya … masa hadiah gede. gak punya website sendiri, kan gak masuk akal. kali aja plagiat tuh … lindungi karya anda …

  33. fufu on Wed, 24th Jan 2007 19:22
  34. terus itu dikirim dimana….alamat emaila aja ngak ada… itu kan paling lambat 31 januari api kok diperpanjangnya bulan november 2006…..salah ketik apa emang sengaja….sebenarnya beneran ngak sih…kok mencurugagakn….katanya disuruh ngirim pake email…email aja ngak diaksih tahu……trussssssssss………..

  35. yan.k. on Wed, 7th Feb 2007 19:42
  36. Wah makasih mas Jonru. Tapi sayang, mungkin hanya lewat penulislepas saja berita penipuan itu bisa digetok tularkan. Alangkah lebih baiknya kalo sampe tercium modusnya terus bikin kerja sama ama “tukang borgol” untuk di blow up di media cetak ato elektronik skalia. Lebih baik lagi kalo pelakunya tertangkap. Tapi apa bisa ya mas ? Wong dunia tulis menulis masih dipandang sebelah mata “di sudut terlancip” di negeri ini.

  37. Za_aza on Sat, 31st Mar 2007 16:48
  38. Ass…
    Makasih ya Mr. jujur aja dapat banyak masukan nich… saya pengen banget jd penulis, but msh bingung dengan segala caranya… trus, bila karya (novel) misalnya telah jadi, trus dibawa ke penerbit pak? bisa tolong saya?… trims alot.

  39. Jonru on the Web » Inilah di penipu itu! on Mon, 16th Apr 2007 14:51
  40. [...] sayembara novel yang saya ceritakan beberapa bulan lalu? Jika belum tahu, coba baca kisahnya di sini dan di [...]

  41. mursalin on Mon, 16th Apr 2007 21:01
  42. Peringatan ini sangat layak diperhatikan buat yang baru memasuki dunia tulis-menulis.. mas Jonru, jazakumullah atas tulisannya ini, bermanfaat sekali untuk kawan2 penulis kita lainnya. Posting mas Jonru di MP yg. me-link ke sini saya forward ya, boleh kan?

  43. dita on Thu, 19th Apr 2007 20:04
  44. Halo Mas..
    thx banget aku dapet inspirasi nih..
    sebenernya, aku lagi mau tes jurnalistik di kampus dan bingung mau ambil tema apa untuk karya tulis nanti..dan guess what? Tema ini kayanya bakal jadi ide bagus yang belom banyak orang sadari. Iya juga ya..hal-hal kaya gini ni yang jadi awal pembajakan karya-karya orang lain…

    [...] apalagi kalau berhubungan dengan urusan penipuan. Contohnya adalah ketika menghadapi kasus penipuan berkedok lomba penulisan novel . Saya sampai interlokal ke Surabaya untuk [...]

  45. Tia on Fri, 2nd Nov 2007 18:14
  46. Halo Mas Jonru..
    Salam kenal!

    Sepertinya saya pernah membaca lomba tersebut ketika search di internet dan hampir saja mengikutinya. Soalnya, saya lihat nominal hadiahnya lumayan gede.
    Untung aja saya nggak sempet kirim naskah waktu itu.

    Anyway, thanks ya Mas atas infonya..;-)

  47. Arti on Fri, 9th Nov 2007 15:59
  48. Hallo, mas Junru, salam kenal…
    Beberapa bulan lalu saya pernah jadi korban penipuan. Saya menerima pekerjaan dari seorang penulis, saking inginnya jadi penulis, saya pun bersedia melamar jadi assisten penulis, dan melepaskan pekerjaan saya sebagai karyawan pabrik. Tapi mungkin saya memang sedang sial, penulis tersebut tidak menggaji saya selama 2 bulan (dari awal bekerja sudah tak di gaji, saya hanya bertahan 2 bulan), ada saja alasan yang diberikan pada saya.Dan saya pun tak tahu apakah dia sudah menerbitkan 2 judul buku yang telah saya tulis.
    Dan masih banyak lagi perjanjian yang dia ingkari salah satunya, dia tidak menuliskan nama saya sebagai assisten atau pun editor di buku yang saya tulis seperti yang dia janjikan ketika pertama kali melamar bekerja. Dia mengganti nama saya di buku itu dengan nama bendaharanya, yang jelas-jelas tak ada pengetahuan sama sekali dalam hal tulis-menulis.
    Singkatnya, penipuan itu bisa terjadi dimana saja. Oya, saya melamar pekerjaan sebagai penulis dari radio. Jadi, kepada kawan semua, harap benar-benar waspada, ya!

  49. sarah r on Sun, 18th Nov 2007 22:39
  50. halluuu, mas junru..
    salam kenal..
    saya ingin sekali menjadi penulis novel baik itu kisah nyata atau fiktif…
    tapi,saya tidak tau bagai mana caranya menjadi seorang penulis… mau di kirim kemana dan ti terbitkan ke mana..??
    mas junru bisa membantu saya kan…??
    yang jelas dalam hal tulis menulis saya sangat suka sekali mas…
    bantu saya mas ya, bisa kan…
    (^-^)
    salam kenal dari saya..

  51. Anggraeni on Mon, 17th Dec 2007 9:10
  52. Wahh makasi banyak loh atas informasinya. Ini berguna banget bwt kita. Terutama para penulis pemula yang lge semangat2nya. Waspada ^_^

    sama2, Anggraeni
    semoga bermanfaat ya… :)

  53. Agung Sugaiarto (Sinyo) on Wed, 9th Jan 2008 13:28
  54. heheh emang banyak penepu-penepu sekarang ini, ambil jalan pintas. Gak mau tahu kalau kita-kita yang nulis smapai keringetan dan batuk-batuk kena angin malem;)
    Buat bang Jonru salam kenal, saya juga penulis bang cuma masih amatiran ;)
    Salam
    Sinyo

    Mas Sinyo, salam kenal juga
    Saya yakin anda penulis yang hebat
    makanya jangan menyebut diri amatiran yach…
    Pamali
    hehehehe…

    Sukses buat anda!

  55. FERDINAN on Wed, 6th Feb 2008 17:42
  56. haloo…,bang Jonru
    salam kenal,…
    thanks buat masukan ya bang, moga bermanfaat buat kita-kita sebagai penulis,…..
    mas ada komentar ga buat puisi saya ni…….?

    Perantau Jalanan
    Ketika kuarungi hidup keluar dari kelahiran,,Jauh dari orang tua bahkan sanak-saudara,,Mencoba untuk hidup susah ,,DiNegri orang yang penuh cobaan,,Yang mungkin menggerogoti ,,Disetiap titik pundasi kehidupan

    Berbaur dengan orang-orang,,Yang tak pernah dipandang,,Yang sering jadi musuh dalam persaingan,,Untuk mencari nasi disetiap pekerjaan

    Tidur di jalanan,,Bahkan di kolong-kolong jembatan,,Berharap lusa ada perubahan ,,Atau bulan depan,,Mungkin juga tahun depan,,Hanya kesabaran yang dibutuhkan,,Menuju keberhasilan yang akan datang

    ferdinan d j saragih

    Bang Ferdinan… salam kenal juga
    Tapi mohon maaf banget nih.
    “Puisi is not my department” :)
    Saya termasuk orang yang tak bisa menilai puisi. Bingung. Cuma bisa bikin, tapi tak bisa menilai dan tak tahu teorinya.
    Maaf banget ya….

  57. fatkur on Wed, 13th Feb 2008 16:15
  58. thanks mas jonru, saya lagi mulai menulis, minta dukungan agar mampu mewujudkan mimpi saya menjadi penulis yang bermanfaat bagi bangsa. Tentunya saya juga berharap sekali dapat mengangkat harkat dan martabat pribadi dan keluarga. Disamping itu juga saya sangat membutuhkan penghasilan dari karya menulis saya nanti. sekali lagi terimakasih mas jonru

    Ok deh Pak Fatkur…
    semoga sukses dengan cita2nya ya
    Saya doakan dari sini.

  59. ana on Mon, 25th Feb 2008 11:29
  60. thanks…..artikel ini sangat bermanfaat. tapi, terkadang, bahkan untuk penerbit atau perlombaan yang dapat terpercaya, saya jadi tetap berperasangka buruk. pembajakan secara halus kayaknya juga juga jadi trend….
    benarkah itu terjadi? semoga tidak…..^_^

    Ana…
    Saya kira lebih baik berpikir positif saja deh
    Hati-hati itu perlu, tapi kita juga harus percaya bahwa masih banyak penerbit yang jujur dan amanah.

    Oke, semoga sukses buat anda, ya :)

  61. Mas Don on Mon, 3rd Mar 2008 21:13
  62. Mas Jonru, saya mo minta pendapat neh, menurut mas Jonru kenapa kalangan penerbit di Indonesia lebih menyukai novel sastra daripada novel misteri/detektif?.. Coz jarang saya jumpai J.K Rowling ato Dan Brown Indonesia.. Salam n suwun.

    Mas Don..
    Menurut saya, ini bukan kecenderungan penerbit
    Tapi mungkin penulis Indonesia saja yang belum bisa sepertti JK Rowling atau Dan Brown.
    Saya yakin, penerbit akan mau menerima jenis tulisan apa saja, asalkan bagus dan laku di pasaran.

  63. Cheptie on Mon, 24th Mar 2008 17:40
  64. OOooooooooooooooooooooooooooooooooooHHhhhhhhhh,,, Baru TAu gue Pantesan,, Dulu waktu SMA gue juga pernah Ketipu.. Sakit Bgd!! TApi, Untung.. Belum bener2x nyempLung dalem (hehehe, maksudnya gak Rugi2x Amat.) Yah, harus bersyukurlah..

    Tapi, Ya.. PerLu diwaspadai juga YAch (Yaup, Gue juga Harus kudu Ati2x)

    ThanKs, Bgd YacH Sir!!

    Oh, Yah Gimana ikut SekolaH menUlis??

    By : Cheptie@gmail.com

    Hai Cheptie..
    ALhamdulillah deh kalau tidak besar kerugiannya.
    Tentang pendaftaran sekolah menulis online, coba klik di sini :)

    Semoga sukses!

  65. Icha on Thu, 3rd Apr 2008 12:30
  66. wihh… ternyata bisa juga ya hal ini terjadi. Untung saya baca duluan postingan ini. terimakasih banyak atas infonya. sukses terus.

    regards,

    Icha

    Terima kasih juga Icha….
    Semoga bermanfaat ya :)

  67. wa ode rahzia yani on Thu, 17th Apr 2008 7:36
  68. baru tau ada sekolah untuk menulis,pingin ikutan but nda tau caranya.lagi pula saya ada di sulawesi.so……………. what can I do now?
    tolong dong infonya,please.
    trims sebelumnya,

    Halo Wa Ode…
    Sekolah menulis ini bersifat online kok
    Berlaku internasional. Jadi tidak masalah bila Anda tinggal di sulawesi atau di manapun.

    Info selengkapnya, coba klik di sini :)

    salam sukses!

    Jonru

  69. Izna on Thu, 4th Sep 2008 17:14
  70. Wah.. yang kayak begini ini yang saya takutin..
    kalau karya kita dibajak orang-orang yang nggak bertanggung jawab…
    saya sebenernya ingin sekali menerbitkan novel, tapi keburu takut duluan.
    Trus gimana donk mas Jonru caranya menerbitkan novel dengan aman,
    kalo bisa dibalas diemail saya ya!
    makasih!

  71. ferdinan de je saragih on Mon, 27th Oct 2008 1:37
  72. mas, mau tanya ni.,.,
    saya seotang penulis muda. tapi karya saya satupun belum ada di muat di media, padahal saya telah benyak mengirim karya saya keberbagai media..,.,
    saya mau tanya apa karna saya belum memiliki nama.,. seperti penulis-penulis terkenal lainnya, kalau benar begitu bagaimana nasip penulis muda kita sekarang ini??
    terimakasih.,.,
    kalau bisa dibalas ke email saya ya mas.,.,
    terimakasih

  73. el on Wed, 3rd Dec 2008 10:07
  74. mas,saya pgn ngirim novel saya,bisa terima?bls

  75. fani on Thu, 12th Feb 2009 8:10
  76. permisi..
    bingung ni ma infonya..

  77. kartini nainggolan on Mon, 4th May 2009 8:07
  78. wah ternyata, seru ya. penulis tantanganya gede bangeet hihi

  79. eddy afrianto on Wed, 27th May 2009 6:13
  80. mohon maaf mas jonru dan teman-teman, email saya ‘terpaksa’ berubah dari edd_afrianto@yahoo.com menjadi eafrianto@ymail.com. Bagi yang sudah mengirim ke email lama mohon kesediaannya untuk mengirimnya sekali lagi ke eafrianto@ymail.com. Terima kasih.

  81. nia on Wed, 1st Jul 2009 9:05
  82. Assalamualaikum…
    terima kasih atas info nya mas. kemarin saya ikutan lomba karya tulis di lingkar pena, tp saya kalah. terus saya juga mengirim naskah novel saya ke gagas media. namun beberapa hari kemarin saya dapat kiriman dari gagas media bahwa saya gagal dan novel saya dikembalikan. skrg sy jd lebih berhati2 untuk mengirimkan novel kepenerbit lain. coz saya sudah percaya dg gagas media. dan saya sangt berterima kasih sekali atas infonya ini, dan kalau boleh tahu, apakah mas ini bisa membantu saya dlm pempublikasian novel saya? soalnya saya males kalo mesti melihat novel saya dibiarkan berserakan di komputer. hehehe… dan anda bisa mengrimkan jawabannya ke email saya di : khusnia_latifah@ymail.com
    terima kasih sebelumnya.
    Wassalamualaikum.

  83. nia on Wed, 1st Jul 2009 9:06
  84. Assalamualaikum…
    kemarin saya ikutan lomba karya tulis di lingkar pena, tp saya kalah. terus saya juga mengirim naskah novel saya ke gagas media. namun beberapa hari kemarin saya dapat kiriman dari gagas media bahwa saya gagal dan novel saya dikembalikan. skrg sy jd lebih berhati2 untuk mengirimkan novel kepenerbit lain. coz saya sudah percaya dg gagas media. saya sangt berterima kasih sekali atas infonya ini, kalau boleh tahu, apakah mas ini bisa membantu saya dlm pempublikasian novel saya? soalnya saya males kalo mesti melihat novel saya dibiarkan berserakan di komputer. hehehe… dan anda bisa mengrimkan jawabannya ke email saya di : khusnia_latifah@ymail.com
    terima kasih sebelumnya.
    Wassalamualaikum.

  85. nia on Wed, 1st Jul 2009 9:19
  86. Assalamualaikum…

    terima kasih sekali atas infonya.

    Wassalamualaikum.

  87. aleev07 on Tue, 7th Jul 2009 18:28
  88. semoga si pelaku segera mendapatkan sanksinya. karena dia berniat melakukan kejahatan intelektual, maka semoga dia jadi ehm…idiot atau apa gitu. eh dosa ya do’a kayak gini?

  89. NINA on Thu, 16th Jul 2009 19:25
  90. jadi takut…
    makaci ya, jd bsa lbh hati2 lagi

  91. Rian on Thu, 13th Aug 2009 8:57
  92. Nice info nie.. saya tidak terlalu perhatikan se-detail mas.
    Ternyata ada yg begini yach. Kalo disuruh menilai, jelas ini bukan lomba yg biasa.. tapi luar biasa ! hehehe…

  93. jaid brennan on Sat, 26th Dec 2009 22:38
  94. saya pernah mengirimkan naskah pada penerbit, yang memasang iklan dimilis penulisan ,alhasil ga ada kabar, alamatnyapun saya juga ga tahu. nomor telepon juga nggak bisa dihubungi….

  95. Cah Sholihah on Thu, 18th Feb 2010 11:17
  96. ooo gitu yach.. tipsnya..

  97. yuni nurpratiwi on Mon, 22nd Mar 2010 23:21
  98. saya hobby sekalii penulis . pokoknya saya ingin sekali bisa menjadi seorang penulis-penulis yang bisa nerbitin sebuah karyanya .
    jika ada yg membantu . saya ingin sekali bisa seperti mereka . yang menyalurkan bakat saya ini .
    terima kasih

  99. lily on Sat, 1st May 2010 13:12
  100. gmn c cra ikut lomba penulis novel tolong krimin cranya ya?????????

  101. retno on Tue, 15th Jun 2010 21:02
  102. mas saya mau nanya, untuk membuat resensi,itu harus memperhatikan apa saja ? tolong bales ke email saya saja. terimakasih

  103. ine on Tue, 22nd Jun 2010 10:07
  104. terimakasih atas informasinya
    ternyata banyak penipuan dengan berbagai macam kedok
    saya sedang giat2 nya mengirimkan tulisan saya ke berbagai penerbit

  105. Choirul on Fri, 10th Sep 2010 10:22
  106. Mas Jonru makasih banyak, tadinya aku pengen banget ngirim karya tulis ku lewat email kan lebih praktis, tpi stelah baca blog mas jonru aQ jd mikir2 lagi, tapi da solusi gk mas buat ngecek pa tu lomba beneran atw palsu. trus juga klo bleh minta bantuan sama mas jonru bwat menilai tulisanku di bloq atw mungkin aku kirim ke mas jonru. dan terima kasih banyak dah boleh gabung di belajar menulis online, bukunya bermanfaay banget.

  107. yannna on Wed, 13th Oct 2010 12:23
  108. LOmba menulis novelnya terakhir tanggal berapa
    truuuz ngrin alamt nya dmn ????????????

  109. Ramadyangga on Wed, 13th Oct 2010 14:02
  110. Permisi Pak Jonru
    kalau ada info lomba novel / cerpen / artikel bisa sharing infonya?
    saya sangat menghargai bantuan Pak Jonru untuk sharing ttg info novelnya

    syukron, jazakallah

  111. agni on Sat, 13th Aug 2011 21:17
  112. pak jonru……nulis naskah fiksi d blog itu berbahaya gak sih?saya tulis cerita full hanya saja saya pisah pisah stiap bagiannya.mohon sharingnya.thks

  113. tryayanto on Sun, 4th Dec 2011 21:09
  114. bang apakah saya mampu mewujudkan keinginan saya tapi dalam saya yakin mampu

  115. ninis on Thu, 15th Dec 2011 20:18
  116. sedih pak mendengar berita seperti ini, keorisinalitasan suatu karya benar-benar bisa di permainkan :(

  117. Jonru on Thu, 15th Dec 2011 23:06
  118. @ninis: Tak perlu sedih. Yang penting selalu waspada, hati2 dan tetap semangat ya :)

  119. Ide Blogging on Sun, 5th May 2013 15:46
  120. Saya akui jika Anda memang cerdas dan bertanggung jawab terhadap keselamatan banyak orang dari aksi penipuan yang merugikan di atas. Salut mas. :)

Komentar Anda adalah kehormatan bagi saya. Silahkan isi formulirnya di bawah ini.
Kalau ingin menampilkan foto di samping komentar Anda, silahkan atur melalui Gravatar.

Untuk berkomunikasi secara lebih intens dengan saya, silahkan bergabung di:
- Jonru's Fan Page
- Twitter
- Belajar Menulis GRATIS di Facebook


WARNING: Komentar yang tujuannya hanya untuk mencari backlink akan dihapus. Kecuali jika isi komentar Anda memang bagus. Be friendly please :)