“Bagaimana Cara Menjadi Penulis?”

April 24, 2009
Filed under: Dunia Penulisan, Kiat Sukses, Motivasi 

Boleh dibilang, ini termasuk salah satu “pertanyaan sejuta umat” di dunia penulisan.

Sejak beberapa bulan lalu, banyak sekali teman yang bertanya pada saya, “Bagaimana caranya agar saya menjadi penulis?” Banyak pula yang meminta tips atau kiatnya.

Karena banyaknya pertanyaan itulah, dan karena saya orangnya malas mengulang-ulang jawaban yang sama, maka saya akan coba tulis di sini jawabannya.

* * *

belajar menulisLangkah-Langkah Menjadi Penulis

Untuk menjadi penulis, yang harus Anda lakukan hanyalah satu hal: MENULIS!

Ya, sangat gampang, bukan? Menulislah!

.
“Lho, saya kan bukan penulis?”

Siapa bilang? Coba baca dulu DEFINISI PENULIS di sini dan di sini.

.
“Apa yang harus saya tulis?”

Mulailah menulis dengan tema/topik yang paling Anda sukai dan minati. Tulislah hal-hal yang paling dekat dengan keseharian Anda. Ini akan membuat Anda lebih lancar dalam menulis, sebab Anda SANGAT menguasai hal-hal yang sedang Anda bahas.

.
“Lalu saya harus menulis di mana?”

Ya, di mana saja. Di buku harian, di atas kertas, di handphone, di blog, di mana saja yang Anda inginkan.

.
“Bagaimana caranya?”

Mulailah menulis secara spontan. Secara bebas. Kiat Menulis Bebas, itu intinya.
Saya menyebutnya sebagai teknik menulis “Otak Kanan Dulu Baru Otak Kiri”.

Selengkapnya, coba baca di sini.

Baca pula konsultasi “Bagaimana Cara Memulai Menulis” di sini.

Atau, ikutilah Newsletter GRATIS “Pintar Menulis dalam 9 Minggu”.
Klik di sini (atau isi saja formulirnya yang terdapat di bagian kanan – agak ke bawah – di halaman ini).

.
“Lho, bukankan untuk menulis itu ada teorinya? Ada kiatnya? Ada pedomannya? Ada panduannya? Ada rumusnya?”

Ya, benar. Tapi semua itu bisa dipelajari sambil jalan. Yang penting, mulailah menulis secara spontan, secara bebas. Lupakan semua teori! Baca yang ini dulu deh (Dan jangan cuma dibaca. Harus dipraktekkan juga. Agar Anda makin paham maksudnya).

.
“Oke. Lantas bagaimana cara membuat tulisan yang bagus, yang berkualitas, yang menggugah, yang hebat, yang luar biasa?”

Jawabannya ada di sini.

.
“Lantas, bagaimana caranya agar saya menjadi penulis yang produktif? Saya sering kehabisan ide, lho….”

Temukan jawabannya di sini.

“Baiklah. Setelah menulis, saya tentu ingin agar karya saya dipublikasikan. Dimuat di media, atau diterbitkan menjadi buku. BAGAIMANA CARANYA?”

Tentang kiat jitu pengiriman naskah ke media massa, coba baca ebook gratis dari sahabat saya Hady Nur. Klik di sini atau di sini :)

Untuk kiat & langkah-langkah penulisan serta penerbitan buku, coba baca buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang!” karya saya sendiri.

Info lengkap dan tatacara pemesanan, klik di sini.

* * *

Jadi, gampang sekali, bukan?

Akhir kata, saya ingin mengutip beberapa kata bijak, yang semoga bermanfaat bagi Anda.

  1. Take Action Miracle Happens. No Action No Happens.
    Jadi SEGERALAH BERAKSI.
    MENULISLAH SEKARANG JUGA!
    .
  2. Teori, kiat, dst bisa membuat Anda pintar, BUKAN AHLI. Keahlian datang dari PRAKTEK.
    Jadi SEGERALAH PRAKTEK.
    MENULISLAH SEKARANG JUGA!
    .
  3. Anda tidak harus menjadi hebat untuk memulai, tapi Anda harus memulai untuk menjadi hebat.
    Kalau Anda tidak mulai juga, lalu kapan akan jadi AHLI?
    Jadi SEGERALAH PRAKTEK.
    MENULISLAH SEKARANG JUGA!
    .
  4. Semua penulis sukses pasti berawal dari BELAJAR MENULIS. Awalnya mereka bukan siapa-siapa. Mereka sukses karena mereka ACTION, berjuang tak kenal lelah, tidak mudah menyerah, fokus pada tujuan, dan penuh percaya diri.
    .
  5. Untuk menjadi dokter, Anda harus menjadi sarjana kedokteran dulu. Tapi untuk menjadi penulis, Anda tidak harus melakukan atau menunggu atau mendapatkan apapun. Yang perlu Anda lakukan hanyalah MULAI MENULIS!

sekolah menulis onlineSelamat Mencoba. Salam Sukses untuk Anda!

* * *

NB: Bila ingin belajar menulis secara lebih mendalam, tak ada salahnya mencoba bergabung di Sekolah-Menulis Online :)

Thanks,

Jonru
Founder & Mentor Sekolah-Menulis Online
http://www.SekolahMenulisOnline.com
Cara Modern Menjadi Penulis Hebat!

Baca Artikel Terkait:

Comments

119 Comments on “Bagaimana Cara Menjadi Penulis?”

  1. devi e safira on Fri, 24th Apr 2009 8:26
  2. I did it.. saya menulis bukan hanya di PC, tapi juga di hp, buku, kertas.. untung tembok belum jadi sasaran saya.. hehehehehe.. :)

  3. Agus on Fri, 24th Apr 2009 9:12
  4. Barati saya sudah jadi penulis dunk…. hehehe meskipun masih jelek tulisannya… hohohoho

  5. sari on Sat, 25th Apr 2009 3:18
  6. dengan mengisi kolom ini,berarti kita juga sudah memulai untuk membiasakan diri menulis,iya kan mas jonru?bermutu atw tidak bisa di fix sambil jalan.

  7. tasman on Thu, 30th Apr 2009 10:32
  8. Saya masih menulis di kertas atau laptop(laporan untuk bos) dan hp (sms). Apa katagori ini belum termasuk termasuk penulis ya:D

  9. dardiri on Wed, 6th May 2009 12:43
  10. saya sudah sering menulis meskipun untuk kalangan terbatas, bagaimana mengembangkan gagasan agar tulisan kita bisa mengalir?

  11. jonru on Wed, 6th May 2009 15:58
  12. @tasman: Anda sudah jadi penulis. Selamat ya :)

    @dardiri: yang penting terus saja berlatih. Practice makes perfect :)

  13. aan on Wed, 13th May 2009 21:48
  14. klo hanya sekedar nulis sih semua orang bisa asalkan bisa membaca dan menulis hehe…

    ngomong2 tentang nulis, lebih baik menulis tapi menghasilkan uang.
    belum tahu??
    hari gini??
    ya wajar sih karena saya juga baru temukan uangsuper.com

    anda semua pasti SUKA website ini http://uangsuper.com

    GRATIS , dah gitu join dapat bonus

  15. Nita on Fri, 15th May 2009 23:29
  16. Salam pena, bang! Saya, sebenarnya, tidak punya pemikiran atau cita-cita menjadi penulis. Namun, setelah saya bekerja sebagai peneliti di Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat yang merupakan upt daerah dari Pusat Bahasa jakarta, saya terpaksa harus berkutat dengan tulisan. Pekerjaan sebagai peneliti tentu saja harus akrab dengan tulisan karena hasil kerja peneliti harus terdokumentasi dalam bentuk tulisan. Pada akhirnya, saya tercebur dalam dunia komunikasi tulisan. Berjalannya waktu membawa saya masuk lebih dalam lagi dalam dunia penulisan. Saya baru saja mengikuti pelatihan Ayo Menulis Kisah Perjalanan yang diadakan oleh STAIN Pontianak. Selama pelatihan, peserta diharuskan mengumpulkan tulisan mengenai apapun yang berupa cerita pengalaman pribadi peserta. Didorong oleh tanggung jawab melaksanakan tugas, lama kelamaan saya semakin tertarik untuk selalu curhat pada buku dan pena. Apalagi setelah selesai pelatihan tersebut, kami peserta diberi kesempatan untuk menulis artikel yang diterbitkan di harian lokal di Pontianak, yakni Borneo Tribune. Sekarang pun, saya sedang mengerjakan makalah ilmiah untuk diikutkan dalam pembuatan buku bersama makalah dari peserta lain. Buku tersebut akan diterbitkan oleh STAIN Pontianak Press. Pelajaran dari pengalaman yang dapat kuambil ini adalah selain bangga bahwa karya curhatan saya dipublikasikan, saya jadi tercambuk untuk terus menulis dan semakin meningkatkan kemampuan saya.
    Dari satu di antara sekelumit kisah saya tersebut, berhubungan dengan artikel di atas, menulislah dari kata menjadi kalimat, dari kalimat menjadi dua kalimat, dari kalimat-kalimat menjadi satu paragraf.
    Lalu apa yang ditulis? Mudah saja. Mulailah dengan hal yang sangat dekat dengan diri kita, yakni diri kita sendiri. Tulislah pengalaman kecil yang mungkin saja menakjubkan atau biasa-biasa saja kapanpun kita mengalaminya. Tulislah walaupun hanya dua atau tiga kalimat. Catatlah setiap ide yang datang karena ide merupakan sesuatu yang berharga yang mungkin tidak akan datang bertandang kembali. Setelah itu, peduli dan kritislah pada lingkungan. Jika kita peduli, maka akan ada banyak ide untuk menulis. Untuk menambah kosakata dan informasi, tentu saja otak kita harus disuntik dengan sumber-sumber informasi berupa buku, majalah, layanan internet, televisi, radio, dll. Kemudian, KONSISTENLAH. Konsistenlah untuk terus menulis apa yang kita suka, benci, bingung, tidak sependapat, dll. Akhirnya, selamat menulis!

  17. SARI on Thu, 21st May 2009 17:18
  18. Menulis???Pengen banget rasanya. meski sementara hanya bisa dinikmati sendiri saja. Tapi????tulisanku ga pernah rampung. Selalu meloncat – loncat. mau liat??kapan – kapan tak kasih liat tulisan – tulisan yang ga pernah punya ending. moga kelak bisa jadi contoh – contoh bagi siapa saja yang bercita – cita menciptakan produk gagal kaya saya. hi..hi..hi..

  19. SARI on Thu, 21st May 2009 17:28
  20. Sebenernya neh, aq pengen banget buka praktek nulis di rumah (aza…). Tapi ya ampyuuuuun…..Susye amat….belum lagi pas lagi hot – hotnya nih otak, tiba – tiba inget harus masak, nyuci, bersih – bersih, ngelesi, kuliah, ngurus suami yang sering rewel (belon diimunisasi seh…). Trus, tadinya mo nulis cerpen ato artikel, berubah jadi nulis bawang ma terasi deh! Gimana neh…kadang iri buanget loh…liat enyak – enyak yang jago nulis.Apalagi, dikotaQ nyang metropolitan ini (Jogja), jarang bgt denger ada platihan nulis dr jonru. moga – moga kelak, pas ada pletihan ato pas lagi mood nulis, ga inget bawang ma tersi lagi ye…

  21. joe on Mon, 25th May 2009 12:21
  22. hallo…

    saya berpikir menulis untuk menghasilkan uang via internet caranya bagaimana ?

    [...] lebih jelasnya, coba klik di sini. Buyunk akan bisa membaca sebuah uraian lengkap tentang langkah-langkah awal untuk menjadi seorang [...]

  23. fx photography on Wed, 1st Jul 2009 10:42
  24. thanks atas infonya,salah satu kendala dlm menulis yg plg berat ialah MALAS…. he…he…

  25. agis on Sat, 1st Aug 2009 10:57
  26. saya ingin sekali menjdi penulis?niat saya sudah kuat.Tapi ngga tau dari mana memulainya?padahal otak saya seperti TV yang selalu bercerita,lama2 berat juga.tolong beri informasi.terima kasih

  27. arsyak16 on Sat, 5th Sep 2009 11:20
  28. salam kenal:
    namaku arsyak16 di tegal
    yang saya tanyakan sebagai obyek apa bila kita akan menulis, apakah kisah nyata atau rekaan..
    pernah saya menulis tentang cerita nyata tapi bergenre horor cerita tentang misteri judulnya waktu itu MISTERI GEDUNG 1913, sekali tulis apa adanya, kirim n dimuat sebulan kemudian, sampai2 aku dapat honor malah bingung sendiri sebab waktu itu pake wesel pengirimannya….

    yang saya tanyakan bagaimana saya bisa bisa mengembangkan lagi sebagai penulis, sedangkan saya sekarang bekerja di pengolahan data…
    trims.

  29. dedi on Sat, 5th Sep 2009 12:16
  30. trim’s atas beberapa pencerahannya, menambah wawasan dan semangat mas.
    & ini info http://www.galesus.com/index.php?id=tallium barangkali bermanfaat

    [...] Bagaimana Cara Menjadi Penulis?. [...]

  31. Roza on Sat, 12th Sep 2009 21:58
  32. menjadi penulis memang mengasyikan, tapi harus memiliki wawasan yang luas, mungkin perlu belajar lebih banyak

  33. tentang on Sun, 13th Sep 2009 18:26
  34. aku juga pengen jadi penulis

  35. deden on Thu, 17th Sep 2009 23:08
  36. Terima kasih Mas atas pencerahannya. boleh ga kata2 mutiaranya saya kopas di notes FB saya?
    Sejak dari kecil saya senang membaca. apapun saya baca. Dari koran baru sampai bungkus bawang dan saya tidak mengerti kenapa melakukannya.
    Sekarang karena telah bekerja, berkeluwarga, mempunyai anak. Rasa senang membaca sepertinya sudah mulai berkurang. Sebenarnya bukan tidak senang membacanya tapi karena rasa kecewa dengan berita yang ada, misalnya berita tentang pemerkosaan, perampokan, kemunafikan dan hal2 negatif lainnya.
    Saya lebih senang berita dan tulisan yang inspiring seperti blog ini.
    Menulis bukanlah sekedar mencurahkan isi fikiran kita tetapi juga sarana untuk berbagi (bersedekah, menjadi api yang dapat menerangi kegelapan.
    Baagimana caranya menulis tentang hal2 teknis seperti perpajakan yang bisa membuat orang senang membacanya karena biasanya orang akan cepat menguap jika membaca hal2 teknis.
    Terima kasih.

  37. Alson on Thu, 1st Oct 2009 11:26
  38. Menulis itu sulit kalau tidak tahu apa yg mau ditulis.solusiny reading!

    [...] Yang Anda butuhkan untuk “naik status” menjadi seorang penulis yang luar biasa adalah seperti yang pernah saya jelaskan di sini. [...]

  39. MArk on Wed, 28th Oct 2009 9:04
  40. salam kenal….
    saya banyak belajar dari petunujuk yang anda tulis dan anda arahkan, tentang bagaimana menjadi penulis…setelah saya baca isi dari beberapa petunjuk yang anda arahkan saya sedikit paham dan mengerti..hanya saja untuk lebih lanjutnya dalam merealisaikan tindakan dan niat saya sebagai penulis saya masih harus banyak belajar dari anda….
    saya pengen tanya…bagaimana cara yang simple dalam merumuskan sebuah tulisan dan mengarahkan Lead tulisan untuk dijadikan sebagai bentuk aktualisasi dalam karya tulis….mohon arahannya….atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih…
    salam dan bahagia

  41. Lilia on Wed, 28th Oct 2009 10:50
  42. Hi… Bang Jonru…
    menurut saya masuk akal juga ‘Tulisan Fals’ mungkin lebih diartikan sebagai tulisan yang kurang beraturan makna dan segalanya, seperti tulisan saya! {^_^} yang masih berantakan dan gak tahu harus gimana memperbaikinya!!… apalagi klo di baca2 ‘ancur’ banget…. mungkin itu yang dimaksud ‘fals’ dalam penulisan… hehehe….

  43. jonru on Wed, 28th Oct 2009 10:54
  44. @Lilia: Soal definisinya, saya setuju dengan Anda. Tapi tulisan saya yang mengenai “tulisan fals” tersebut bukan membahas definisinya, melainkan keberadaannya.

  45. fajryalni on Sun, 1st Nov 2009 9:43
  46. Salam kenal mas. Sebelumnya terima kasih mas atas kiat – kiatnya seputar kepenulisan itu menambah wawasan saya, Saya coba praktekkan apa yang mas sarankan yaitu menulis secara bebas memakai otak kanan baru otak kiri, ternyata tidaklah mudah seperti yang mas bilang. Saya justru menemui kesulitan dalam mempraktekan kiat itu karena setiap kali saya menulis, otak kiri saya selalu ikut – ikutan belum lagi yang bad moodnya. Gimana ya mas cara mengsinkronkan otak kanan dan kiri dan cara menghidupkan mood itu supaya gak kendur apalagi hilang karena saya tipe orang yg terbawa mood? Dan bolehkah saya mengirimkan tulisan saya (ya walaupun masih coretan ) agar mas bisa merevisi / membetulkan letak salah n betulnya dan agar tulisan saya apakah layak dimuat atau tidak ke media? Atas sarannya terima kasih

  47. Jonru on Sun, 1st Nov 2009 20:04
  48. @fajryalni: Sebenarnya bukan sulit. Tapi segala sesuatu yang masih baru, belum terbiasa, dst, memang terasa berat dan tidak mudah. Karena itu, yang Anda butuhkan hanya latihan yang banyak.

    Btw, mood sebenarnya bisa dilawan. Kita jangan mau diperdaya oleh mood. Penulis yang mau sukses, harus bisa dan berani melawan mood. Pengalaman saya: Ketika kita memaksakan diri saat tak ada mood, justru mood akan datang sendiri ketika proses penulisan sudah berlangsung.

    Oke deh, salam sukses ya!

  49. qisti on Mon, 9th Nov 2009 11:08
  50. magsud saya adalah, saya ingin sekali tulisan saya bis di baca oleh teman teman yang ad di seluruh dunia. salah satu jalannya adalah tulisan kita harus di muat di web, nah, gimana caranya?
    mohon jawabannya……..

  51. jonru on Tue, 10th Nov 2009 16:42
  52. @Qisti: kalau itu sih, solusinya kan gampang. Rajin2lah menulis di milis, blog, dst. Dan agar banyak pembacanya, maka rahasianya hanya dua:

    1. tulisan kita harus menarik dan bermanfaat bagi pengunjung

    2. kita harus rajin promosi

    Salam sukses ya :)

  53. m_kani on Thu, 12th Nov 2009 16:14
  54. Semua penulis sukses pasti berawal dari BELAJAR MENULIS. Awalnya mereka bukan siapa-siapa. Mereka sukses karena mereka ACTION, berjuang tak kenal lelah, tidak mudah menyerah, fokus pada tujuan, dan penuh percaya diri.
    .

  55. Nazhifah Amir on Mon, 7th Dec 2009 11:36
  56. Makasih Bang Jonru atas kerelaan anda mengikutkan saya sebagai penerima ebook Cara Belajar gratis… Insyaallah kalo saya sudah menguasai… Saya berniat untuk ikut SMO yang berbayar… Next ya…. Sukses buat anda dan kita semua Amin…

  57. ninik purnawati on Mon, 7th Dec 2009 20:19
  58. saya ingin mengajak bekerjasama dalam 1 proyek. Saya banyak menulis tentang telaahan al-quran atau mengartikan maksud dari tiap-tiap ayat dan suratnya.
    jadi saya mohon apakah anda bersedia untuk bekerjasama dalam menerbitkan sabuah buku. jika anda tertarik bisa di liat sebagian kecil yang saya jadikan contoh di http://ninik45.blogspot.com di dalam itu hanya sebagian kecil contohnya. atau hub 083829752758 Terimakasih.

  59. Modal Fikiran on Tue, 22nd Dec 2009 22:31
  60. saya sangat ingin belajar menulis ,tetapi biasanya di tengah2 tulisan kayak buntu tidak ada ide menulis.kimana cara mengatasi nya?

  61. jonru on Wed, 23rd Dec 2009 13:37
  62. @Modal pikiran
    Coba terapkan kiat menulis bebas
    Pada tulisan di atas sudah terdapat link-nya
    Silahkan dicari ya :)

  63. Ovi on Fri, 25th Dec 2009 19:23
  64. aku Ovi. pengen banget buat novel misteri yang menakutkan dan menjijikkan. Dengan bahasa yang bukan bahasa gaul. karena menurutku bahasa gaul itu menjijikkan!! pengen nanya: gimana sih caranya nulis yang bisa bikin orang itu merinding dengan bahasan kita dan pengungkapan kita. APAKAH kita harus memunculkan mitos mitos yang sedang beredar dimasyrakat? tolong dijawab di e-mail saya!! saya mohon..

  65. Ovi on Fri, 25th Dec 2009 19:24
  66. buka aja blogku.. di fatamorganamimpi.blogspot.com

  67. adi on Sat, 26th Dec 2009 0:20
  68. aQ mencari tentang langkah-langkah menulis untuk publikasi….
    bisa di kirim lewat email aq gak ??? TQ B4 yach

  69. Hendar on Sat, 2nd Jan 2010 0:15
  70. Langkah awal untuk jd penulis yg bagus buat saya di situs ini. Karena kalau lg gk sibuk kerja, pikiran & tangan saya ingin menoreh tulisan sekitar saya/ negeri ini.

  71. santi on Wed, 13th Jan 2010 19:15
  72. saya,,, punya beberapa puisi dan saya juga hoby menulis dibuku harian apa saya bisa dikatakan sebagai penuliss..saya ingin menjadi penulis hebat..gimana caranya yahhh..
    dan tulisan saya bisa diterbikan tapi saya gak tau bagaimana caranya..heehehe..

  73. jonru on Wed, 13th Jan 2010 19:53
  74. @Santi: Coba klik http://www.jonru.net/saya-punya-naskah-buku-atau-novel-ke-penerbit-mana-harus-saya-kirim

    Atau Santi bisa bergabung dengan Kelas Puisi di Sekolah-Menulis Online
    Info selengkapnya, klik http://www.sekolahmenulisonline.com/kelas_puisi.php

  75. ary on Thu, 14th Jan 2010 12:41
  76. hy…aku dari kecil da suka tulis puisi dan sekarang berkembang nulis cerpen tapi dari pada nulis cerpen kesannya masih kurang rapi dan flat..perpindahan akur dan tata letak dan karakter kurang dapat..ada tips untuk men-”smooth ” kan tulisan dan menurud anda tulisan saya gimana?
    mohon bantuan dan pendapatnya saya ingin jadi penulis dan fokus…
    thx ary

  77. jonru on Thu, 14th Jan 2010 21:33
  78. @Ary:
    Sebenarnya jawabannya sudah dibahas di atas, bahkan ada link-nya
    Coba klik http://www.jonru.net/kiat-menulis-bagaimana-cara-membuat-tulisan-yang-bagus-menarik-dan-menggugah

    Intinya: Keahlian itu datang dari latihan yang terus menerus. Karena itu teruslah menulis, banyak berlatih, banyak membaca, dan banyak belajar ilmunya dari buku2 kiat2 penulisan.

    Btw, kita bukan juri yang objektif bagi karya2 kita sendiri. Karena itu, kurang tepat bila kita mengatakan karya kita kurang bagus dst. Pasti penilaian kita tsb sangat subjektif. Karena itu terus sajalah berkarya dan biarkan orang lain yang menilai.

    Salam sukses ya!

  79. Veronica on Wed, 10th Mar 2010 19:17
  80. lha, kalo nulis di fanfiction.net, bisa disebut penulis gak? soalnya kan pake karakter yang udah ada a.k.a karakter buatan orang laen

  81. Jonru on Wed, 10th Mar 2010 21:17
  82. @Veronika: Yup anda juga seorang penulis, tidak peduli anda menulis di manapun!

  83. nahrany on Sun, 18th Apr 2010 20:04
  84. apakah kita bisa menerbitkan novel tanpa melaui penerbit? apakah ada perijinan tertentu untuk itu? terimakasih

  85. jonru on Mon, 19th Apr 2010 11:56
  86. @Nahrany: Tentu saja sangat bisa
    “Supernova” (Dewi Lestari),
    “Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian” (Valentino Dinsi)
    adalah dua contoh buku yang diterbitkan sendiri, alias self publishing

    Untuk Indonesia, tak ada perizinan apapun yang harus diurus kalau mau menerbitkan buku. Jadi silahkan langsung terbitkan saja.

    Info selengkapnya bisa dibaca di:
    http://jonru.multiply.com/journal/item/265
    dan
    http://jonru.multiply.com/journal/item/433

  87. Fachrie on Mon, 3rd May 2010 3:20
  88. terima kasih banyak Bang Jonru atas pengarahannya,,,saya yakin pahala anda pasti banyak karena telah memberikan ilmu pengetahuan yg sangat berharga ini….terima kasih bang,,,,,

    salam….. :)

  89. firanti on Fri, 18th Jun 2010 15:55
  90. pak masalahnya, saya masih baru 11 thun. bisa gak nerbitin novel. saya udh punya byk cerpen. tpi untuk novel tulisan saya masih agak berantakan. jadi kurang pede. misalkakan pembentukan kata yang, ada dua kali.

  91. Jonru on Fri, 18th Jun 2010 16:19
  92. @Firanti: Kenal Izzati kan? Dia menerbitkan novel ketika baru berusia 8 tahun.
    Atau simak para penulis cilik lainnya yang rata2 usianya di bawah 11 tahun.

    Jadi tak ada asalah “masih terlalu muda”. Umur berapa saja tak masalah kok

    Soal tata bahasa masih berantakan dst. Itu tak masalah. Menulis adalah keahlian. Yang namanya keahlian, akan semakin bagus bila semakin sering dilatih.

    Jadi bila Firanti ingin tulisannya semakin berkualitas, tata bahasanya makin bagus dst, caranya adalah dengan rajin menulis.

    Pada tulisan di atas pun, sudah ada link ke tulisan yang menjelaskan hal ini lho.

    Coba klik http://www.jonru.net/kiat-menulis-bagaimana-cara-membuat-tulisan-yang-bagus-menarik-dan-menggugah

    [...] Saya pun pernah membahas hal ini pada sebuah tulisan di blog saya. Silahkan dibaca di sini. [...]

  93. endang on Fri, 26th Nov 2010 9:33
  94. Saya ingin menjadi seorang penulis. Saya tahu itu bakat saya. Kemanapun di saat apapun saya tidak bisa menghilangkan kebiasaan menghayal saya..
    banyak sekali lembar-lembar kertas berisi tulisan, di hp memori penuh dg tulsan. Terutama cerpen dan novel, saya plng suka.
    ada yg mengusulkan saya untuk jadio penulis lepas.
    taspi bagaimana caranya? …
    Tolong beritahu ya Mr.Jonru….

  95. write-soft on Tue, 11th Jan 2011 13:34
  96. dari awal kali saya baca bnyk kosa kata klik disini?

    [...] dan seterusnya. Semua itu bisa dipelajari sambil jalan. Penjelasan selengkapnya coba dibaca di sini [...]

  97. fauziah sait on Mon, 4th Apr 2011 16:03
  98. berarti yg saya lakukan slma ini ga sia-sia dnk..
    selalu menulis apa saja yg dlkkan…

  99. Graudy on Sat, 23rd Apr 2011 18:14
  100. Cara untuk memulai menulis adalah menulis..
    Dan cara untuk memulai menerbitkan adalah menerbit kan..
    Karana cara terbaik untuk memulai sesuatu adalah memulainya

  101. yusuf on Fri, 29th Apr 2011 8:01
  102. menjadi penulis adalah bagian dari cita-citaku mas, terima kasih atas motivasinya. semoga mucnul penulis-penulis yang mampu menampilkan ide dan gagasan berkualitas untuk bangsa kita ini. ini blogku: http://menjadihebat.blogspot.com

  103. zuke meidika on Mon, 9th May 2011 21:51
  104. assalamu’alaikum pak…pak saya ingin sekali menjadi seorang penulis.Hobi saya yaitu menulis yang sangat tidak bisa saya tinggalkan.Bahkan menjadi seorang penulis itu menjadi cita-cita saya.Saya ingin mencetak hasil tulisan saya tapi saya ragu,karna saya belum pernah mencetaknya karna saya masih takut jika bahasanya masih amburadul.Saya harus bagaimana ya…

  105. Jonru on Tue, 10th May 2011 4:30
  106. @zuke: Waalaikumsalam
    Coba baca lagi tulisan di atas ya, terutama bagian yang ini:
    “Oke. Lantas bagaimana cara membuat tulisan yang bagus, yang berkualitas, yang menggugah, yang hebat, yang luar biasa?”

    Di situ ada jawaban atas pertanyaan Anda ini :)

  107. Raaj on Fri, 10th Jun 2011 16:20
  108. Salam..
    Bang, ane pengen jadi penulis…!! Semangat!!!!!

  109. Faradilla shahnaz on Sat, 18th Jun 2011 14:44
  110. Bagaimana siih ,, caranya mengirimkan naskah karya saya??
    Saya pengen jadi penulis

  111. Faradilla shahnaz on Sat, 18th Jun 2011 14:46
  112. Tolong bantuanya ea??
    Alamat blog saya:farapunyakarya.blogspot.com
    E-mail:tgn.fara23@yahoo.com
    Facebook: Faradilla shahnaz

  113. ley on Thu, 23rd Jun 2011 9:45
  114. assalamu’alaikum bang jonru..

    salam kenal bang, ikutan yaaa….
    karena mimpiku juga pengen jadi penulis :)

  115. Jonru on Thu, 23rd Jun 2011 12:57
  116. @ley: Waalaikumsalam. Salam kenal juga ya :)

  117. imam on Mon, 4th Jul 2011 21:39
  118. Ass… Salam sejahtera, saya ingin sekali menjadi seorang penulis. Dengan menulis artinya dia mempunyai kegiatan yang rutinitas dan dapat meluangkan waktu demi mencoretkan tinta di selembar kertas. Saya ingin menulis dengan yang ada dipikran saya, tanpa rasa terbebani, jujur saya ingin menjadi penulis karena ingin mendapatkan penghasilan sampingan karena saya adalah seorang mahasiswa yang ingin mendapatkan uang jajan lah… yah maklum ingin berkarya sendiri dan mendapatkan uang sendiri, untuk membuktikan kepada orang tua saya kalau saya juga mampu mendapatkan uang dari kerja saya dan inisiatif saya sendir.

  119. Jonru on Tue, 5th Jul 2011 5:30
  120. @Imam: Agar bisa lancar dan mudah menulis, coba baca kiatnya di http://www.jonru.net/kiat-menulis-bebas-kiat-paling-jitu-agar-kita-selalu-lancar-menulis

  121. momoy dandelion on Sun, 17th Jul 2011 7:50
  122. Hmmmmm…. saya sangat suka menulis cerpen dan novel. Saya suka dunia fiksi. Tapi… beberapa kali mengirimkan karya-karya saya ke majalah, belum pernah ada yang dimuat.

  123. adewi on Fri, 29th Jul 2011 22:16
  124. saya pernah menulis 2 buah cerpen yang saya pasang dimading smu rupanya banyak yang menyukainya, saya pengen tahu gimana caranya menulis cerpen yang baik dan benar, saya hanya menggunakan fasilitas modem yang kadang aksesnya agak lambat. Terus bagaimana caranya punya blog sendiri.

  125. Jonru on Sat, 30th Jul 2011 5:08
  126. @adewi: bikin blog gampang saja kok. Banyak layanan blog gratisan. Kamu tinggal daftar aja. Contoh: blogdetik.com, kompasiana.com, blogger.com, wordpress.com, multiply.com

  127. intelektual muda on Sun, 14th Aug 2011 0:07
  128. waduh… thanks banget ya… membantu banget ne buat ane yang baru belajar…. :)

  129. raga mifara on Wed, 21st Sep 2011 15:31
  130. saya ingin melihat orang lain bangga atas karya ku……bukan bangga karena ak melakukan sesuatu yg meyenangkan orang lain…hanya itu…mungkin mereka akan sangant bangga bila suatu hari ak menjadi penulis terkenal…

  131. corry on Thu, 10th Nov 2011 14:35
  132. saya mau tanya, apakah seseorang yang telah menulis sebuah cerpen pertama kali di majalah atau koran sudah disebut sebagai penulis?
    dan apakah seseorang yang telah mengirim karyanya ke redaksi namun ditolak bisa disebut penulis?
    trims,,,,,

  133. Jonru on Thu, 10th Nov 2011 16:50
  134. @corry: Semua orang bisa mengaku sebagai penulis. Tak ada yang melarang :)

  135. cholidya on Fri, 9th Dec 2011 15:56
  136. saya mulai menulis sejak kelas 5 SD hingga saat ini ( 1 SMA ) , kata temen teman dekat saya , puisi saya lumayan bagus , sebelumnya saya tidak pernah berfikir ingin menjadi seorang penulis , karena target saya sejak kecil adalah menjadi seorang dokter , ketika saya melangkah dan semakin dewasa , saya merasa keinginan menjadi dokter itu sudah semakin sempit , dikarenakan nilai-nilai IPA MTK & Bahasa inggris saya kacau balau , sehingga ada niat untuk mengumpulkan puisi saya dari dulu hingga sekarang yang ingin saya ubah menjadi sebuah buku , namun melihat riwayat penulis zaman dulu , saya menjadi tidak berani lagi untuk terlalu menonjolkan keinginan saya , sehingga semua karya yang saya kumpulakan hanya tersimpan siasia di rak bku . menurut anda apa saya bisa menjadi seorang pengarang puisi yang bisa di terima di masyarakat apa bila buku tsb saya buat & saya keluarkan ???

    terimakasih

  137. Claudia Charissa on Thu, 29th Dec 2011 21:57
  138. sebenarnya sya tidak gemar menukis cerita yang panjang karna cita-cita saya adalah untuk menjadi seoang guru. mungkin saya masih terlalu muda tetapi saya ada sedikit keinginan untuk menulis nove. siapa tau kalau saya tak dapat jadi guru. saya dapat jadi penulis novel.

  139. leonardus hambur(LEO) on Thu, 12th Jan 2012 14:38
  140. SAYA, LEO, ingin menulis semua pengalaman masa lalu dan dibagikan kepada orang lain. Bagaimana dan dimana mulainya dan apa tindak lanjutnya. Mohon bimbingan dan petunjuk Bapak Jonru CS. Tks, Leo

  141. Jonru on Thu, 12th Jan 2012 19:52
  142. @LEO: Coba gabung dengan Kelas Penerbitan Buku di Writers Academy, Pak.
    Info lengkap bisa dibaca di http://www.writersacademyindonesia.com/kelas-tatap-muka/dari-pengalaman-pribadi-menjadi-buku

  143. rizki robbani on Tue, 17th Jan 2012 13:51
  144. saya pernah ke ee hahahahahahahaha

  145. Aris Agung Wibono on Mon, 23rd Jan 2012 2:05
  146. Aku udah coba buat nulis di blog, di buku, di hape dan di PC :) dan jujur aku belum pikir kesananya untuk menulis sebuah buku untuk di publish ke orang-orang :), mungkin mulai dari sekarang aku akan bisa :).

  147. tana on Tue, 24th Jan 2012 0:33
  148. realita’a gak da penulis yg pertama kali nulis langsung bagus, perlu wawasan.
    informasi’a sangat bermanfaat buat pemula…

  149. RIYANI TAHIR on Mon, 30th Jan 2012 12:12
  150. menulis adalah ibadah

  151. asep on Tue, 14th Feb 2012 10:23
  152. bung jonru. pingin nanya dong. kalo qt mau ngawalin berkarir jadi seorang penulis, tapi qt bingung mau nulis buku jenis apa, tu solusinya gimana ya..

  153. Jonru on Tue, 14th Feb 2012 15:16
  154. @Asep: Jawaban untuk pertanyaan mas Asep ini sudah saya tulis di ats kok. Coba baca lagi yang ini:

    Mulailah menulis dengan tema/topik yang paling Anda sukai dan minati. Tulislah hal-hal yang paling dekat dengan keseharian Anda. Ini akan membuat Anda lebih lancar dalam menulis, sebab Anda SANGAT menguasai hal-hal yang sedang Anda bahas.

  155. edis insan solihan on Wed, 15th Feb 2012 0:56
  156. sayah bercita cita menjadi seorang penulis ….apa yang harus say lakukan selain saya belajat teori berfikir dan menulis ,,.dengan siapakah saya harus dekat

  157. Jonru on Wed, 15th Feb 2012 15:20
  158. @edis insan solihan: Coba bergabung dengan Writers Academy ya. Info: http://www.sekolahmenulis.com

  159. Asep on Thu, 16th Feb 2012 16:23
  160. makasih mas, kalo saya bercerita tentang pengalaman saya, kira – kira trick apa yang harus saya lakukan agar tulisan tersevut bisa dijadikan sebuah buku untuk diterbitkan.?

    “Bagaimana Cara Menjadi Penulis?” | Jonru on the Web…

    [...]Sejak beberapa bulan lalu, banyak sekali teman yang bertanya pada saya, Bagaimana caranya agar saya menjadi penulis? Banyak pula yang meminta tips atau kiatnya.[...]…

  161. Asep on Sat, 18th Feb 2012 20:08
  162. mas jonru. mau tanya, gimana caranya supaya blog saya bisa di buka sama blogger yang lain, atau sama orang yang lagi search internet gitu.?

  163. Anjani on Mon, 20th Feb 2012 10:06
  164. Assalamualaikum pak….
    saya ingin sekali menjadi sekali menjadi seorang penulis yang bisa bermanfaat bagi orang banyak,,,,
    yang saya bingung kemana harus saya salurkan tulisan2 saya agar banyak orang yang membaca?
    jika di blog kan tidak semua orang tahu :)….
    sebaiknya bagaimana pak?
    ditunggu sarannya
    terimakasih
    wassalamualaikum wr wb

  165. Jonru on Mon, 20th Feb 2012 11:38
  166. @Anjani
    Waalaikusamalam. Sebenarnya di manapun kamu menulis tidak masalah. Soal banyak sedikitnya yang membaca, itu bukan tergantung medianya, tapi tergantung bagaimana usaha kamu dalam “menjual potensi diri” dan mempromosikan tulisan2 kamu.

    Salam sukses ya :)

  167. Megha on Fri, 2nd Mar 2012 13:18
  168. Kalo udah ngebuat cerpen bisa dikirim kemana ya ?

  169. viera on Mon, 19th Mar 2012 16:56
  170. saya suka menulis, dan saya sangat ingin menjadi penulis. usia saya sekarang 16 tahun, saya adalah pelajar sma. saya suka menulis novel atau cerpen, tapi terkadang saya sangat sulit untuk menentukan alur ceritanya. saya ingin membuat buku tapi saya bingung ingin membuat buku apa, dan bagaimana cara kita agar bisa menerbitkan buku itu.

  171. Jonru on Mon, 19th Mar 2012 17:09
  172. [...] “Bagaimana Cara Menjadi Penulis?” [...]

  173. Linda on Sun, 15th Apr 2012 22:36
  174. I got important smething here.
    Oke,jd sekrg aku jd tahu gmana caranya jd pnlis,ternyata g’ susah cuma btuh praktek dan praktek.
    Trimksih atas trik2nya
    :-)

  175. Ella Madienah on Mon, 7th May 2012 10:22
  176. i like it..

  177. irna sugiarti on Thu, 10th May 2012 15:58
  178. saya sangat suka menulis , karna dengan tulisan saya bisa mencurahkan semua yang saya rasakan mulai dari kekesalan,kesedihan,ataupun kesenangan karna itu jauh lebih bermanfaat , dan saya bercita-cita ingin membuat semua orang termotivasi untuk hidup lebih baik oleh tulisan saya , pada suatu saat nanti

  179. irna sugiarti on Thu, 10th May 2012 16:09
  180. hasil karya menulis ciptaan kita sendiri , akan menjadi hadiah yang paling luar biasa untuk kedua orang tua kita , dan percayalah mereka akan berkata ” aku sungguh bangga memiliki anak seperti mu”

  181. FENI YUANITA PURNAMA SARI on Sun, 27th May 2012 21:11
  182. mas/mbak tolong menerbitkan puisi dnk lewat online

  183. Jonru on Mon, 28th May 2012 13:50
  184. @FENI YUANITA PURNAMA SARI: Dipersilahkan. Coba kirim naskahnya ke DapurBuku.com ya. Info tatacaranya bisa dibaca di http://www.dapurbuku.com/tatacara

  185. mualif on Sun, 10th Jun 2012 11:42
  186. aq udah mngwali untuk mjdi sang pnlis,tp trkadang pkran pkok yg aq kmbng kn mlai hbis,,,,,,, gimna cra memulai kta yg gak ada hbis2 ea.trus kta yg tdak di ulang2 trus…biar pmbaca gak jnuh

  187. Michelle on Tue, 10th Jul 2012 22:59
  188. Saya ingin bertanya? Apakah jika kita yang awalnya hanya sering menulis dibuku, hp, kertas, ataupun blog maksudnya sebagai pnulis biasa saja bukan penulis asli yang karangannya diterbitkan melalui buku atau novel, kita bisakah juga menjadi seperti penulis asli yang terbittannya terkenal dan disukai banyak orang? Apakah suatu saat kita yang penulis biasa, karangannya bisa dimuat atau diterbitkan melalui sebuah buku atau novel? saya sangat memiliki impian “suatu saat tulisan saya bisa terbit,disukai banyak orang bahkan seorang sutradara tertarik utk menjadikannya sebuah film”. Namun saya mungkin masih perlu banyak belajar ya, saya masih duduk dibangku SMA dan sangat ingin hasil karya saya yg blm begitu bagus banyak dikomentari orang. Tolong komentarilah , twitter @michellefabiany check favorit krn ada link blognya, makasih sebelumnya :)

  189. Jonru on Wed, 11th Jul 2012 10:48
  190. @Michelle Bisa atau tidaknya itu tergantung dari usaha kamu sendiri. Jadi kalau mau bisa, ya berusahalah!

  191. rahmi al maqfirah on Sun, 23rd Sep 2012 8:32
  192. assalamu alaikum pak? cita-cita saya ingin menjadi seorang penulis yang bisa menerbitkan sebuah buku. tapi, saya bingung langkah pertama yang harus saya lakukan itu apa? dan bagaimana awal menulis sebuah karangan? terima kasih pak! mohon sarannya :)

  193. Jonru on Sun, 23rd Sep 2012 17:13
  194. @rahmi al maqfirah: Waalaikumsalam. Coba baca artikel ini ya: https://www.facebook.com/groups/belajarmenulisgratis.BMG/doc/441457849208866/

    Di situ sudah ada jawaban utk pertanyaan kamu :)

  195. putri amalia on Thu, 29th Nov 2012 6:09
  196. masih…dan selalu masih ada kesempatan bagi saya dan kalian untuk menjadi menulis, barangkali disinilah akhirnya nanti jodoh hidup saya.. be an author….i’ll try!!

  197. udin on Sat, 15th Dec 2012 15:33
  198. bagus sekali motivasinya bang jonru, aku menjadi nambah semangat menulis

  199. niar ayu sartika on Sun, 6th Jan 2013 11:25
  200. hai…

    saya ini berada di luar negeri, merantau mencari segudanng modal untuk usaha di negeri tercinta, saya mempunyai cita2b sejak kecil menjadi seorang penulis, berbekal opengalaman saya, akankah saya mewujudkannya????
    akan tetapi saya belum tau caranya menjadi seorang penulis.
    sudah bnyak tulisan yg saya buat, saya terfikir bagaimana cara menjual novel saya via internet. bmohon bantuannya. trm ksh

  201. dinar on Wed, 13th Feb 2013 22:45
  202. hay.
    saya dinar pelajar SMA. saya sudah menulis banyak sekali puisi. tapi saya bingung bagaimana menerbitkaannya. bisa kasih saran ?

  203. Jonru on Thu, 14th Feb 2013 5:21
  204. @dinar: Halo Dinar, coba kirim naskah2 puisinya ke Dapur Buku. Tatacaranya bisa dibaca di http://www.dapurbuku.com/tatacara

  205. dinar on Thu, 14th Feb 2013 9:45
  206. ya terimakasih atas sarannya.. saya udah buka dapurbuku.com tapi tetep bingung mau gimana.?

  207. iman on Sat, 23rd Feb 2013 12:27
  208. saya sudah menulis beberapa cerpen dan juga puisi,ingin di publikan tapi gmana cranya yah?agar bs bermanfaat bagi pembaca nya.

  209. Jonru on Sat, 23rd Feb 2013 15:24
  210. @Iman: Coba naskahnya dikirim ke Dapur Buku. Info lengkap di http://www.dapurbuku.com/tatacara

  211. zalfa amalia on Tue, 26th Feb 2013 19:12
  212. Sy sdh mencoba utk menulis cerita semacam fanfiction. Tp karena terbatasnya waktu utk menulis krna sy skrg sdh kls 9, sy jd kurang smgat utk menulis. Tulisan sypun melenceng dari cerita yg sdh ada di kpla sya, jd sya mnta saran spya bisa smgat dlm mnulis, membagi waktu utk mnulis klo bisa waktu yg pas utk menulis , dan tips agar dpt menulis yg tdk melenceng dr alur crta yg kta pikirkan. Trma ksh.

  213. maya on Tue, 16th Apr 2013 19:08
  214. saya sangat, sangat ingin jadi penulis,
    tapi saya rasa saya tak punya bakat,
    sya suda punya beberapa cerpen n puisi,
    apa sudah termasuk bisa menulis yahh?

  215. Pandu Pinuji on Thu, 2nd May 2013 22:50
  216. Pak, saya sudah mencoba nenpraktekan teknik menulis bebas, seperti di tulisan bapak yang sebelumnya, emang terasa gampang dan menyenangkan, tapi pas masuk tahap kedua yaitu giliran menggunakan otak kiri kalo bapak bilang, saya mnemukan kesulitan untuk merevisi tulisan saya tersebut, apa mungkin karena pengetahuan saya tentang cara menulis yang masih sangat minim, trima kasih banyak ya pak.

  217. Jonru on Fri, 3rd May 2013 11:36
  218. @Pandu Pinuji: Iya, memang harus terus belajar, sebab ilmu dan pengetahuan kita soal penulisan tentu sangat diperlukan pada proses revisi naskah.

  219. deddy on Mon, 24th Jun 2013 4:31
  220. Seringkali apa yg kita rasakan selalu berdampak pada sebuah pemikikiran, kadang sebuah tulisan atau handphone bisa menjadi sasaran untuk menumpahkan semua yg kita rasakan, tapi yg sering tertulis biasanya adalah rasa sedih. Karena kita bisa menghayati apa yg di rasakan oleh hati.

  221. Widi on Tue, 25th Jun 2013 9:39
  222. gimana sih cara daftar di SMO itu pak? kok udah saya coba tapi gagal :/

  223. Jonru on Tue, 25th Jun 2013 22:31
  224. @Widi: Sekarang semua info dan pendaftaran SMO dipusatkan di http://www.facebook.com/smo.page

Komentar Anda adalah kehormatan bagi saya. Silahkan isi formulirnya di bawah ini.
Kalau ingin menampilkan foto di samping komentar Anda, silahkan atur melalui Gravatar.

Untuk berkomunikasi secara lebih intens dengan saya, silahkan bergabung di:
- Jonru's Fan Page
- Twitter
- Belajar Menulis GRATIS di Facebook


WARNING: Komentar yang tujuannya hanya untuk mencari backlink akan dihapus. Kecuali jika isi komentar Anda memang bagus. Be friendly please :)





Buffer