9 Peluang Utama di Dunia Penulisan

April 18, 2012
Filed under: Dunia Penulisan 
cara menjadi penulis

Muhammad Sholich Mubarok dengan bangga mengenakan kaos "I'm Proud to be Penulis"

Banyak orang yang suka menyamaratakan penulis. Mereka kira semua penulis itu sama saja. “Semua penulis pasti bisa membuat cerpen, pasti semuanya bisa menulis skenario sinetron. Pasti semuanya bisa menulis skripsi dengan mudah.”

Duhai! Penulis juga manusia. Setiap manusia pasti berbeda. Jadi tiap penulis pun pasti berbeda, bukan?

Agar lebih jelas, berikut adalah hasil pengamatan saya selama ini terhadap kecenderungan teman-teman penulis. Memang semuanya beda, tak ada yang sama. Tapi secara umum, saya melihat ada 9 (sembilan) jenis penulis yang paling menonjol dari segi orientasi seksual eh… orientasi hidupnya :-D

Sekaligus, tulisan ini juga menjelaskan beragam peluang yang sangat menjanjikan di dunia penulisan.

1. Penulis Buku

Penulis yang orientasi hidupnya adalah menerbitkan buku sebanyak mungkin. Entah itu cuma buku antologi, entah bukunya laku atau tidak. Tak masalah. Yang penting menerbitkan buku. Biasanya, penulis jenis ini mau menulis buku dengan tema apa saja. Yang penting menerbitkan buku!

2. Penulis Media Cetak

Ini adalah penulis yang orientasi hidupnya adalah mengirim tulisan sebanyak mungkin ke media cetak (majalah/koran/tabloid). Tulisan mereka tersebar dan dimuat di berbagai media. Salah seorang penulis yang menempuh jalur seperti ini dengan sangat serius (bahkan dia bisa kaya raya hanya dari honor pemuatan tulisan) adalah Donatus A. Nugroho.

3. Penulis Trainer

Setelah menerbitkan buku, dia rajin mengadakan trainer dengan tema yang sama dengan bukunya. Biasanya, bukunya justru banyak terjual di acara-acara seminar, pelatihan atau workshop. Honornya sebagai pembicara seringkali jauh lebih besar ketimbang royalti penjualan bukunya. Biasanya lagi, penulis seperti ini tidak merasa perlu menerbitkan banyak buku. Satu atau dua buku saja cukup. Yang penting personal branding mereka kuat, dan banyak undangan untuk menjadi pembicara .

4. Penulis Layar Kata

Ini adalah jenis penulis yang mengawali karirnya sebagai cerpenis atau novelis. Lalu tiba-tiba dia beralih jadi penulis skenario, merasa betah di sana, lalu hampir tak pernah lagi menulis cerpen/novel. Banyak penulis angkatan saya dulu yang seperti ini. Mereka kini sibuk menulis skenario film atau sinetron. Salah seorang contohnya adalah Hilman Hariwijaya, penulis serial Lupus yang terkenal banget di tahun 1990-an.

5. Penulis Online

Alias blogger. Dia lebih produktif menulis di internet ketimbang media cetak/buku. Ada di antara mereka yang menulis untuk berbagi atau hobi. Namun ada pula yang menemukan bahwa ternyata di internet pun banyak peluang menulis yang bisa menghasilkan uang. Alhamdulillah, saya pun sudah membuktikannya :)

6. Penulis Karir

Ini adalah jenis penulis yang tidak hanya menulis karya sendiri. Mereka tidak hanya menulis cerpen, artikel, atau menerbitkan buku sendiri. Mereka juga menerima order pembuatan tulisan dari pejabat, artis, tokoh masyarakat. Mereka menulis company profile untuk perusahaan besar, biografi orang terkenal, dan sebagainya. Modal utama mereka adalah relationship atau networking yang kuat. Mereka dekat dengan pejabat, artis, tokoh masyarakat, sehingga mendapatkan order-order seperti itu pun relatif sangat mudah.

7. Penulis Pebisnis

Ini adalah penulis yang pekerjaannya bukan hanya menulis. Mereka juga mengelola bisnis yang target marketnya adalah para penulis. Mereka mendirikan kursus menulis, penerbitan buku, agen naskah, jasa editing naskah, layanan self publishing, dan sebagainya.

8. Penulis Pekerja

Mereka adalah karyawan atau pekerja yang job desk-nya memang menulis. Misalnya, mereka menjadi content editor di website tertentu. Wartawan atau redaktur di media cetak juga termasuk kategori ini. Atau Anda bertugas menulis untuk buletin Masjid? Ya, Anda pun termasuk.

9. Penulis Hobi

Mereka ini adalah orang-orang yang menulis hanya sebatas hobi. Mereka mungkin punya profesi lain. Tapi mereka senang berpuisi. Mereka senang menulis cerpen atau artikel. Mereka tak peduli apakah tulisan-tulisan mereka bisa menghasilkan uang atau tidak. Mereka tak peduli pada fakta bahwa menulis bisa menjadi sarana jitu untuk meraih sukses.

* * *

Memang, yang saya tulis di atas bukan bersifat mutlak atau “harga mati”. Seperti yang dibahas di bagian awal tulisan ini, tiap orang itu berbeda. Jadi, jenis-jenis penulis di atas tentu bisa sangat fleksibel, bukan?

Lagipula, yang saya tulis di atas kan berdasarkan “orientasi hidup”. Artinya, penulis yang orientasi hidupnya sebagai penulis online misalnya, bisa saja menerbitkan buku atau menjadi trainer, atau memuat tulisannya di media cetak. Mungkin dia juga pernah menulis skenario sinetron. Tapi kecenderungan utama dia adalah sebagai blogger.

Mungkin juga, ada jenis penulis yang belum saya sebutkan di atas, karena lupa atau kurangnya pengetahuan saya. Mohon maaf dan koreksinya untuk hal ini.

NB: Saya termasuk penulis jenis 3 (Penulis Trainer), 5 (Penulis Online) dan 7 (Penulis Pebisnis). Saya merasa bukan bagian dari nomor-nomor lainnya. Walau tentu saja, saya pernah memuat tulisan di media cetak, pernah menulis biografi tokoh (walau akhirnya tidak jadi terbit, hehehe…), dan seterusnya.

Anda termasuk jenis penulis yang mana?

Yang manapun itu tidak masalah. Yang penting, semoga tulisan ini bisa membuka wawasan kita, bahwa ternyata BANYAK SEKALI peluang di dunia penulisan. Jangan berpikiran sempit bahwa lahan para penulis itu hanya buku atau media cetak.

Dan tak kalah penting:
Yang manapun pilihan Anda, tetaplah konsisten menulis yang baik-baik saja, yang mencerahkan, yang bermanfaat bagi masyarakat umum. Setuju?

Dan bagi Anda yang masih penulis pemula, tak perlu terlalu memusingkan ke-9 poin di atas. Langsung dan terus saja menulis sesuai passion dan kata hati Anda. Nanti juga bakal ketemu, Anda cocoknya di mana.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu!

Jonru
Follow me: @jonru

Baca Artikel Terkait:

  • Tak ada artikel terkait

Comments

32 Comments on 9 Peluang Utama di Dunia Penulisan

  1. lailatulqadr on Wed, 18th Apr 2012 8:41
  2. Yang pasti siy, menulis itu asik.. (“⌒∇⌒”)

  3. anazkia on Wed, 18th Apr 2012 9:14
  4. Kok penulis blog gak ditulis? Heehehehh

  5. Jonru on Wed, 18th Apr 2012 9:20
  6. @anazkia: Yang nomor lima apa? Hehehe.. :-D

  7. supadilah on Wed, 18th Apr 2012 10:06
  8. bener mas..kuncinya istiqamah

  9. anax kolonx on Wed, 18th Apr 2012 10:37
  10. saat ini saya adalah penulis online, pengen merambah ke dunia penulisan buku, mohon doanya ya… semangat siang :)

  11. nova on Wed, 18th Apr 2012 11:02
  12. hmm.. kategori hobi dan blogger…. ;)
    salam sukses pak jonru..

  13. TONGKONANKU on Wed, 18th Apr 2012 11:04
  14. Saya mau jadi penulis online aja, alias blogger. :)

  15. Apep Herya on Wed, 18th Apr 2012 12:20
  16. hallo mas, maknyus juga tulisannya…karier kepenulisan saya adalah dari media cetak (lumayan banyak tulisan saya yg sudah dimuat koran dan majalah), namun sekarang beralih ke dunia blogging alias nyari rizki secara online yg mudah2an lebih berkah dan bisa KAYA RAYA juga, hehe…teruslah berbagi!

  17. ifliandry on Wed, 18th Apr 2012 14:44
  18. saya mau jadi penulis yang tulisannya bisa enak dibaca oleh orang lain .. : ) .. yg susunan kalimatnya mengalir, seperti buku-buku yang saya baca …. tapi ternyata sulit ya ….. :(

  19. Jonru on Wed, 18th Apr 2012 15:37
  20. @ifliandry: Kualitas itu datangnya dari latihan. Maka berlatihlah!
    Sulit atau mudah itu hanya soal persepsi. Jadi kalau merasa sulit, coba ubah persepsi Anda :)

  21. Roni on Wed, 18th Apr 2012 16:52
  22. saya pengen semuanya, hehe
    #hammer

  23. adinda on Wed, 18th Apr 2012 22:26
  24. maunya jadi penulis buku, penulis trainer dan penulis blog tapi pengalaman saya di dunia penulisan masih sangat-sangat sedikit, baru pernah magang doank di majalah um** 1 bulan setelah ngikut kelas jurnalistik di sebuah media cetak, tapi sampai detik ini baru produktifnya bikin puisi aja :)
    makanya satu tahun ini saya mentargetkan diri saya untuk membuat satu buku ttg dunia pendidikan, tolong doain ya pak Jonru en teman-teman..
    thanksfull banget bisa kenal dengan pak Jonru en temen semua yang suka dunia kepenulisan :D

  25. RAM.system on Thu, 19th Apr 2012 11:34
  26. saya sangat apresiasi pada tulis menulis, sayang ngga dari dulu, menulis itu menciptakan keabadian. scribo ergo sum.

  27. Syamsul Rijal on Fri, 20th Apr 2012 16:48
  28. kayaknya saya belum ada dalam kategori yang disebutkan.
    harus banyak belajar dan berlatih nih….
    yang penting tetap semangat dan optimis kan pak…?

  29. Avet Batangparana on Fri, 20th Apr 2012 20:53
  30. Kalau saya sendiri adalah tipe penulis no. 9; menulis karena hobi. Yaaaah, di tengah kesibukan saya sehari-hari, saya selalu meluangkan waktu untuk menulis. Bisa dibilang kalau menulis adalah cara jitu bagi saya untuk menghapus debu-debu kehidupan. Dimana saya bisa curhat bebas, lepas, dan menguras semua kepenatan yang sempat singgah di otak.

  31. Revista on Sat, 21st Apr 2012 7:00
  32. Kalau saya sepertinya penulis pebisnis nih, hehe….

    Tulisan yg bagus dan bermanfaat, Pak Jonru. Sukses terus!

  33. Jefry on Sat, 21st Apr 2012 13:15
  34. Ternyata untuk mereka yang suka pada dunia kepenulisan mempunyai kesempatan yang cukup luas dalam menyalurkan ide menulisnya begitu pula dnegan peluang usaha yang didapatkan

  35. Roni Yusron on Sun, 22nd Apr 2012 22:35
  36. Masih berkutat di no 1, 2, 5 menuju ke no 7.
    Syukron Mas Jonru
    :P

  37. Toni Santoni on Thu, 26th Apr 2012 11:54
  38. Kalau saya barangkali termasuk jenis penulis nomer ujung. Sampai saat ini saya hanya berkutat disitu –menulis hanya sebatas hobi– tak lebih tak kurang. Padahal sejujurnya saya ingin sekali menjadi seorang penulis jenis-jenis yang lain (di atas). Saya pernah nyoba membuat cerpen dengan tujuan untuk di kirim ke media masa, namun tetap saja nasibnya hanya sampai di dokumen pribadi. Kenapa? Karena ceritanya tak pernah sampai ending. Selalu mandeg di tengah jalan. Alasannya? Tentu saja beragam dan klasik.

    Kalau sudah begitu, cerita satu belum selesai, saya sering berganti cerita yang lain lagi. Buat lagi yang baru. Terus saja begitu. Akhirnya, sampai saat ini tak ada satupun cerpen yang saya buat benar-benar tuntas. Saya rasa Mas Jonru punya banyak tips untuk hal semacam ini. Bagi-bagi dong! Hehe..

    Dan saya juga sangat berharap, seperti apa yang dikatakan Mas Jonru, bahwa “menulis bisa menjadi sarana jitu untuk meraih sukses.” Semoga saja, hobi menulis saya ini takkan berhenti untuk tetap saya tekuni secara serius dan sungguh-sungguh.

    Terima kasih Mas Jonru. Salam SUKSES!

  39. amir on Fri, 27th Apr 2012 15:38
  40. Kalo saya no 5 saja lah…itu aja sudah cukup.

  41. Ruang Fana on Tue, 15th May 2012 7:35
  42. Sya udah menulis dengan mulai dengan menulis belog sejak dulu,,,tapi baru sekarang ada prasaan pingin lebih serius menulis,,,walaupun sementara ini hanya ingin sekedar berbagi saja….

  43. vitha on Tue, 22nd May 2012 2:27
  44. saya suka menulis, tp menulis tdk sy jadikn sbg hoby, karna menulis sdh menjadi bagian dr hdp sy.
    Setiap saat sy pasti menulis. Entah itu dari keseharian sy, pengalaman sy, motivasi atau inspirasi, suatu pandangan atau peristiwa yg terjadi disekitar sy yang isinya tak jauh tentang hal-hal dalam kehidupan.
    Sungguh, sy berkeinginan besar untuk bisa jadi penulis.
    Meskipun menjadi penulis ingin sy cantumkan dlm kegiatan sy untuk dapat menghasilkan uang sebagai kerja sampingan, namun bukan hanya sekedar menghasilkan uang dengan menjual karya tulisan, agar bisa di kenal banyak orang, mendapatkan gelar, dan atau semacamnya, tapi sy ingin mengembangkan bakat sy, mencapai ingin sy untuk menjadi penulis dengan memberikan banyak cerita yg bukan sekedar cerita belaka.
    Jujur, terkadang sy tertekan sendiri lantaran banyak ide-ide cerita di benak sy yg ingin sy sampaikan dlm tulisan2 sy. sy bahkan sudah memiliki lebih dari 100 artikel yg sy tuliskan dan sy ingin sekali manfaatkan itu dg mempublikasikannya,,

    mohon bantuannya Bang Jonru :)

  45. Jonru on Tue, 22nd May 2012 6:18
  46. @vitha: Coba kamu kirim naskah tersebut ke http://www.dapurbuku.com :)

  47. siswo on Mon, 4th Jun 2012 12:45
  48. Saya belajar menulis di blog, saya mulai menulis di blog LIfe Forever karena hobi akhir-akhir ini saya mencoba menjadi kontibutor yahoo maksud saya mau menulis yang menghasilkan uang, tapi tulisan saya semua di rejected/ditolak karena tidak menarik, dan persoalan bahasa inggris yang kurang dsb. mungkin anda punya saran buat saya . Trimakasih .

  49. ismail on Sat, 16th Jun 2012 6:23
  50. Sepertinya penulis akademis perlu ditambahkan pak. Orientasinya menulis buku2 yang bersifat ilmiah. hehehehe

  51. Mardiana Kappara on Wed, 20th Jun 2012 15:08
  52. Saya menulis karena merasa gelisah. Mungkin sama kayak Raditya Dika. Kalau dulu saya manfaatkan buku diary. Sekarang saya coba manfaatkan blog untuk menuangkan kegelisahan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sesama. :-)

    Senang membaca artikel-artikel mas jonru,…

  53. serum wajah on Wed, 27th Jun 2012 8:15
  54. iya mas seiring berkembangnya bisnis online, job sebagai penulis artikel web atau blog sekarang banyak ditawarkan oleh publisher ke mahasiswa, terutama sastra inggris. nah mahasiswa yang melihat peluang ini malahan terjun langsung ke bidang itu.. dan kabarnya satu web yang menjual konten bisa mempekerjakan 15 mahasiswa, berarti kan sangat luar biasa segmen ini bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain..

  55. rudy reymond on Tue, 3rd Jul 2012 12:03
  56. saya mau mnjadi penulis tetapi sayang saya blum ada yng mengajak.

  57. Jonru on Tue, 3rd Jul 2012 13:39
  58. @rudy reymond: Buat apa menunggu ada yang mengajak? Sukses Anda ditentukan oleh Anda sendiri. Jangan manja!

  59. rudolf on Sat, 10th Nov 2012 0:35
  60. tulisannya bermanfaat kk..
    update terus tulisannya.
    i am proud to be “penulis” too

  61. wonogiren hijau on Tue, 14th May 2013 14:18
  62. saya juga baru dalam dunia kepenulisan,sudah bikin cerpen,tapi tak tahu bagus apa tidak

  63. Ninda on Tue, 5th Nov 2013 15:23
  64. kalo aku termasuk penulis buku, penulis online, dan penulis hobi :D insyaallah bakal jadi penulis trainer juga deh om, amin… :D

Komentar Anda adalah kehormatan bagi saya. Silahkan isi formulirnya di bawah ini.
Kalau ingin menampilkan foto di samping komentar Anda, silahkan atur melalui Gravatar.

Untuk berkomunikasi secara lebih intens dengan saya, silahkan bergabung di:
- Jonru's Fan Page
- Twitter
- Belajar Menulis GRATIS di Facebook


WARNING: Komentar yang tujuannya hanya untuk mencari backlink akan dihapus. Kecuali jika isi komentar Anda memang bagus. Be friendly please :)